Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Jus Wortel – Sekarang kita tak asing lagi dengan wortel. wortel ialah salah satu sayuran yang biasa digunakan dalam berbagai makanan. Dari berbagai sup, hingga dibuat jus dan banyak sekali kuliner. wortel juga merupakan salah satu tumbuhan yang didalamnya di dalamnya terkandung karbohidrat dalam jumlah banyak. Wortel sendiri memiliki rasa yang manis dan agak langu serta biasanya tak jarang juga dimanfaatkan dan dikonsumsi. Selain manfaat-manfaat wortel tersebut, ia juga merupakan sayuran yang baik bagi kesehatan mata serta kulit dan rambut kita.

Wortel kebanyakan diolah jadi jus wortel yang sehat dan kaya akan manfaat. Ini dikarenakan, dalam sayuran wortel terdapat beragam kandungan vitamin dan nutrisi.Sehingga dengan olahan jus ini, membuat mudah dalam mengkonsumsi wortel. Selain itu, dengan membuatnya menjadi jus wortel, ini tentu akan dapat menjaga berbagai nutrisi dan vitaminnya tetap ada dan dan tidak rusak.

manfaat wortel

 

Wortel memiliki manfaat yang tak kalah banyak dibanding sayuran dan buah-buahan lainnya. Berikut adalah ulasannya.

1. Wortel bermanfaat baik untuk mata
Kandungan vitamin A lutein, dan senyawa betakaroten dalam wortel memiliki manfaat yang baik dalam meningkatkan penglihatan mata. Ketiga senyawa tersebut juga bisa mencegah dari sakit glukoma, rabun senja sampai melindungi mata.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Nutrisi yang ada di dalam wortel ini yaitu seperti anti-oksidan dan juga vitamin C berkhasiat baik dalam  sistem imun. Dengan meningkatnya sistem imun, sehingga mampu melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit yang dapat menyerang.

3.Wortel membantu menyehatkan pencernaan
Manfaat wortel lainnya yaitu dapat menyehatkan sistem pencernaan. Produksi cairan oleh pencernaan bisa dirangsang dengan wortel ini, caranya yaitu dnegan memakan jus wortel dengan jeda 20 menit sebelum kita makan. Serat yang larut dalam wortel memiliki manfaat dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.


4.Makan wortel dapat membuat kulit lebih bercahaya
Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel ini mampu membuat kulit tetap bercahaya. Ini karena dengan memakan wortel atau dalam bentuk jus wortel bisa membuang racun yang berada di dalam tubuh sehingga kesehatan dapat terjaga.

5. Wortel mampu mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidannya juga berfungsi dalam mencegah terjadinya penuaan kulit. Dan dengan mengkonsumsi wortel yang secara teratur ini dapatmembuat garis-garis halus dan juga kerutan pada kulit dapat tersamarkan. Wortel juga bisa meningkatkan prodksi kolagen yang ada pada kulit sehingga membuat kulit anda tetap kencang.

6. Dapat menjaga kesehatan jantung
Kandungan dalam wortel seperti vitamin A, kalsium, fosfor, dan beta karoten beserta nutrisi lain dipercaya mampu membentuk perlindungan terhadap beberapa penyakit seperti sakit jantung, sakit kanker, dan tekanan darah.

7. Wortel bermanfaaat menurunkan kolesterol
Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh kampus harvard university, dalam peneliatian ini menunjukan bahwa seseorang yang memakan wortel dapat menurunkan resiko munculnya kolesterol tinggi. Serat dengan kadar tinggi dan kalori yang rendah dan lemak rendah ini dapat membantu menurunkan kolesterol yang memiliki sifat dapat mengadang lemak dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

8 Manfaat wortel untuk mencegah jerawat
Vitamin A pada wortel juga bermanfaat dan berguna dalam mempertahankan pH kulit. Wortel mencegah timbulnya jerawat, ini karena ada anti-oksidan di dalam wortel. Wortel ini juga dapat membantu mengobati jerawat yang kambuhan.

9. Dapat mengatasi rambut rontok
Kandungan batekroten dan vitamin A dapat membantu pertumbuhan rambut sehingga lebih sehat. Vitamin esensial pada wortel juga bisa meningkatkan peredaran darah pada kulit kepala sehingga ini dapat mengurangi terjadinya masalah yang ada pada rambut.

Wortel bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan atau masakan sop. Selain itu kita juga bisa membuat jus wortel yang sehat. Dengan membuatnya menjadi jug ini tentu akan membuat nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak berkurang.

Leave a Reply