Manfaat Vaksinasi Untuk Meningkatkan Kekebalan

Posted on
Manfaat Vaksinasi – Vaksinasi bisa juga disamakan dengan kata imunisasi. Vaksinasi ini yaitu pemberian vaksin ke dalam tubuh untuk membuat kekebalan terhadap suatu penyakit. Kata vaksinasi sendiri berasal dari bahasa Latin vacca yang memiliki arti sapi. Penggunaan kata vaksin ini awalnya digunakan untk virus yang menginfeksi sapi.

Vaksin merupakan suatu produk yang digunakan menghasilkan suatu sistem kekebalan. Vaksin ini digunakan untuk mengatasi jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh. Vaksin ini diberikan bisa melalui suntikan, oral, dan aerosol.

Manfaat Vaksinasi

Vaksinasi diberikan dengan tujuan menghasilkan sistem kekebalan tubuh. Cara kerja dari vaksin ini yaitu dengan melemahkan atau membunuh organisme penyebab penyakit. Vaksin adalah cara  perlindungan terbaik dari berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang kita tanpa mengenal kondisi apapun.

Pada zaman dahulu, sebelum adanya penemuan vaksin, cara meningkatkan kekebalan tubuh dilakukan oleh tubuh secara alami. Namun karena ilmu selalu berkembang, maka ditekanlah vaksin ini. Dengan hadirnya vaksin, manusia dapat mencegah terjadinya penyakit yang komplikasi yang bisa mematikan.

Vaksin dapat berasal dari galur virus maupun bakteri yang sudah dilemahkan sebelumnya, hal ini membuat tidak menimbulkan penyakit. Vaksin bisa jugamerupakan organisme mati atau hasil-hasil pemurniannya. Vaksin ini akan mempersiapkan sistem kekebalan tubuh untuk bertahan dari serangan patogen, misalnya seperti bakteri, virus, dan toksin. Vaksin dapat membantu sistem kekebalan untuk melawan sel-sel degeneratif seperti kanker).

Menurut sejarah, vaksin adalah cara yang paling efektif dalam melawan serta memusnahkan penyakit infeksi. Namun pasti tetap ada keterbatasan dalam efektifitasnya. Terkadang perlindungan juga bisa gagal, hal ini dikarenakan sistem kekebalan yang diberi vaksin tidak memberikan respon  yang diinginkan atau bahkan juga tidak ada sama sekali. Kurangnya respon yang terjadi, hal ini dapat disebabkan beberapa faktor seperti faktor klinis, misalnya diabetes, penggunaan steroid, infeksi HIV maupun usia. BIar bagaimanapun, ini juga dapat terjadi karena faktor genetik, jika sistem kekebalannya tidak memiliki sel B strain yang dapat menghasilkan antibodi yang bereaksi efektif dan mengikat antigen dari patogen.


Berikut adalah beberapa manfaat vaksin atau vaksinasi :

Dapat menyelamatkan anak-anak dari serangan penyakit

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh vaksin yaitu menyelamatkan hidup anak-anak dari serangan patogen sebagai sumber penyakit. Masa kanak-kanak merupakan masa dimana nak akan rentan terhadap penyakit. Anak-anak memiliki sistem kekebalan yang lemah dan belum sekuat kekebalan pada orang dewasa. Oleh karena itu, dengan divaksinasi, anak-anak akan lebih kuat dari serangan penyakit. Maka dari itu, pada masa anak-anak kita sering diberi vaksin. Pada masa dahulu, wabah polio merebah. Namun berkat diberikan vaksin, kini wabah polio sudah jarang diderita oleh orang indonesia. Biasanya vaksin polio diberikan pada masa kanak-kanak.

Vaksin bekerja aman dan efektif

Dengan memberikan vaksin, anak-anak sehat dan orang tua juga tidak was-was. Hal ini karena vaksin bekerja dengan aman dan efektif. Vaksin akan menimbulkan ketidaknyaman bagi mereka, misalnya seperti timbulnya rasa nyeri di bagian yang terkena suntikan vaksin maupun anggota tubuh lain. Vaksin juga dapat membuat ruam pada kulit yang terkena suntikan. INi akan terjadi untuk beberapa waktu setelah mendapat vaksin. Alergi terhadap vaksin sangat jarang ditemukan. Sakit sementara yang ditimbulkan oleh pemberian vaksin bukanlah sebuah masalah yang besar. Namun efek dari adanya vaksin ini sangat bermanfaat besar.

Vaksin membantu dalam pencegahan terhadap penyakit menular

Untuk beberapa tahun silam, sering sekali mendengar kasus kematian pada bayi dan anak-anak yang disebabkan karena serangan penyakit campak ataupun penyakit pertusis. Ini dikarenakan pada kanak-kanak sistem kekebalannya belum mampu melawan patogen yang menyebabkan kedua penyakit tersebut. Sehingga anak-anak membutuhkan vaksin untuk perlindungannya. Penyebab lain yang bisa membuat tubuh terkena penyakit tersebut yaitu terjadinya alergi yang cukup parah, kondisi kesehatan seperti leukemia, maupun karena tedapatnya alasan lainnya. Dengan vaksinasi, maa tidak hanya diri sendiri yang akan aman dari penyakit tersebut, namun penyebaran penyakit ke orang lain juga bisa ditekan.

Menghemat waktu dan biaya

Penyakti cacat yang berkepanjangan tetntu akan sangat mengganggu. Selain itu, penyakit juga akan membuat waktu dan biaya banyak yang tersita. Maka dari itu, vaksin sangatlah penting. Dia akan melindungi waktu dan uang. Karena vaksin merupakan salah satu cara pencegahan terkena bermacam-macam penyakti. Namun perlu dicatat, biasanya tiap vaksin akan memiliki kegunaan yang masing-masing.

Membantu melindungi generasi selanjutnya dari penyakti yang sama

Dengan adanya vaksin, resiko penyakit akan menurun dengan adanya vaksinisasi. Misalnya vaksinasi cacar untuk anak maka ini akan menyelamatkan generasi kita yang selanjutnya daru serangan cacar di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *