Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Posted on
Manfaat Ubi Jalar – Ubi jalar, apakah Kamu menyukai bahan makanan yang satu ini? Jika Kamu tak menyukainya, kami sarankan untuk menyukai ubi jalar mulai saat ini. Ubi jalar ini memiliki berbagai zat dan kandungan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Kandungan-kandungan zat tersebut yaitu seperti viamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, adapula zat lai seperti betakaroten, magnesium, kalium dan oksidan. Ubi jalar ini memiliki beberapa varian warna, diantaranya yaitu kuning kunyit, putih, kuning, merah dan juga ungu.
manfaat ubi jalar

Fakta Menarik Mengenai Kandungan Gizi pada Ubi Jalar

Dalam sebuah artikel yang ditulis dan diterbitkan oleh Komisi Sweet Potato North Carolina, dari sebanyak 58 jenis sayuran yang telah diteliti, ditemukan ubi jalar merupakan salah satu makanan yang termasuk kedalam makanan terbaik. Ubi jalar merupakan makanan yang emiliki rasa manis dan bebas lemak. Namun, selain itu ia mengandung 769% kebutuhan vitamin A harian dan juga sebanyak 65% vitamin C untuk satu porsi.

Ubi jalar ini aman untuk dikonsumsi oleh semua orang dengan beragam usia. Lebih-lebih untuk bayi, ubi jalar ini bisa dikonsumsi oleh bayi diatas 6 bulan. Ia memilki kandungan serat tinggi. Tentu ini baik bagi pencernaan kita semua. Apalagi untuk bayi, ini akan melatih pencernaan awal sebagai transisi peralihan ke makanan bentuk padat. UBi jalar juga mengandung kandungan betakaroten yang tinggi, ia merupakan salah satu antioksidan yang baik bagi tubuh.

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan dikaitkan dengan penurunan risiko terhadap penyakit. Di berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti ubi jalar misalnya, ini dapat mengurangi risiko terjadinya obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kematian. Berikut manfaat ubi jalar lebih lengkapnya.

Ubi jalar dapat membantu mencegah diabetes


Semua bahan makanan yang mengandung glikemikrendah dapat memntu tubuh dalam mengurangi gula darah dan juga resistensi insuilin pada pasien diabetes. Begitu pula dengan ubi jalar ini. Ia juga memiiki kandungan glikemik yang rendah. Jadi ia juga bik bagi penderita diabetes.

Mampu membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Kenapa ubi jalar ini baik untuk atasi tekanan darah? Ini karena pada ubi jalar mengandung sebuah senyawa yang bernama kalium. Dan menurut dalam sebuah survey, ubi jalar menyediakan 542 miligram kalium. Kalium ini juga sering dikaitkan dengan kemampuan menurunkan resiko sebanyak 20 persen terkena kematian yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Ubi jalar membantu dalam kesuburan

Mengkonsumsi ubi jalar dapat membuat keseburan wanita menjadi bertambah? Ini karena di dalam ubi jalar mengandung zat besi. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A atau beta-karoten, ia memiliki fungsi yang penting untuk kehamilan dan menyusui pada seorang wanita.

Membantu meningkatkan imunitas

Vitamin C sudah banyak dikenal sebagai antibodi dan antioksidan. Ia mampu melawan penyebab penyakit flu. Selain itu ia baik juga untuk mengatasi permasalahan pada kulit.

Ubi jalar untuk mengatasi peradangan

Kolin adalah sebuah nutrisi yang penting dan berguna untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar serta memori. Kolin dapat membantu dalam mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak serta dapat mengurangi inflammation. Dalam sebuah penelitian, ekstrak ubi jalar warna ungu, di dalamnya ditemukan efek anti-inflamasi serta antilipogenic positif.

Ubi jalar mampu menjaga kesehatan mata

Fotoreseptor atau penerimaan cahaya yang buruk bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi berupa vitamin A. Kekurangan vitamin A ini juga bisa berakibat pada rusknya penglihatan. Memperbaiki kekurangan vitamin A ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan beta karoten.

Mampu menyehatkan pencernaan

Kandungan serat yang ada pada ubi jalar tergolong tinggi. Ubi jalar mampu membantu dan mencegah sembelit serta meningkatkan keteraturan dalam saluran pencernaan yang lebih sehat.

Ubi jalar sebagai sumber energi

Ubi jalar bisa digunakan sebagai makanan pengganti nasi. Ini tentu saja karena ia mengandung kandungan karbohidrat di dalamnya.

Leave a Reply