Manfaat Tidur Siang Hari Untuk Kesehatan

Posted on

Kali ni, kita akan membahas mengenai manfaat dari tidur siang. Tidur siang hari kini adalah sebuah hal yang lumrah dan biasa. Karena tidur sian tidak selalu membuat bahaya kepada tubuh. Namun jagna juga tidur siang karena ingin bermalas-malasan. Soalnya, jika kita overdosis ketika tidur, maka pusing lah yang kan didapat. Yah, kira-kira maksimal 2 jam saja sudah cukup.

Dalam keadaan, capek atau lelah, tidur sian dapat berguna untuk relaksasi tubuh. Sehingga kita dapat menghilangkan lelah dan juga menenangkan sara yang berkontraksi secara terus menerus. Ini karena, setiap orang rata-rata menggunakan itaknya secara terus menerus setiap hari, dengan tidur siang, kita dapat memetik manfaat ini.

Dengan tidur siang, kita akan memiliki mood yang lebih baik. Neurotransmitter serotonin adalah berfungsi untuk mengatur suasana hati, tidur, dan selera. Namun, selain itu, ia juga berfungsi untuk perasaan kepuasan serta kesejahteraan. Namun apabila ia tidak dapat bekerja, kita bisa mudah cemas, marah, depresi, kewalahan, dan mudah tersingggung.

Stress adalah satu sumber penyakit yang berbahaya. Penyakit-penyakit tersebut antaranya yaitu gangguan syaraf dan jantung. Otak memiliki lebih tegang jika kita intensif berfikir terus menerus. Ini tentu akan menjadi beban otak. Lebih-lebih lagi membuat stress. Untuk mengatasinya, sebaiknya kita ambil istirahat siang dengan cara tidur. Selain itu, organ-organ tubuh juga akan merasa relaks kembali.

Apabila, memiliki penyakit insomnia, dengan mengambil program tidur siang ini, kita juga terhindar dari insomnia. Jika kita tidak bisa tidur, kita akan mengalami penurunan kerja organ tubuh. Misalnya seperti, menurunnya daya ingat dan konsentrasi, penurunan kualitas kerja, resiko kecelakaan. Hal ini dikarenakan organ tubuh merasa lelah dan tidak mendapat jatah istirahat.

Kekurangan waktu isitrahat, tentu akan menyebabkan kelebihan hormon kortisol. Hormon ini sebagai hormon stres, ia membantu kita dalam merespon. Bila memiliki kelebihan kortisol, ini akan meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, membuat lemah sistem otot dan kekebalan tubuh, Mengurangi hormon pertumbuhan dan mengurangi testosteron. Efek kelebihan kortisol juga dapat merusak dan menyebabkan diabetes serta penyakit jantung.

Ternyata tidur siang juga bermanfaat kan? Yang penting kita lihat porsi isitrahatnya. Jangan terlalu berlebihan, karena semua yang berlebihan itu tak baik bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *