Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Susu Kedelai – Saat ini banyak jenis susu yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu jenis susu yaitu susu kedelai. Kedelai ini memiliki kandungan protein nabati. Selain itu, kedelai ini juga sedikit mengandung lemak.

Manfaat susu kedelai juga sangat baik untuk tubuh kita. Ini karena kacang kedelai memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya. Jadi susu kedelai ini dapat berguna untuk menggantikan susu sapi. Selain itu, susu kedelai ini juga baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

manfaat susu kedelai


Susu kedelai diyakini sudah ada di zaman Cina Kuno. Tepatnya yaitu semenjak 19 abad tahun yang lalu. Liu An seseorng dari dinasti Han. Ia membuat susu yang berbahan dari kacang kedelai untuk ibunya yang sedang sakit. Dan akhirnya ibunya tersebut semakin hari emakin membaik kesehatannya. Saat ini, susu kedelai dapat dirasakan manfaatnya oleh orang banyak. Bahkan di negara China, susu kedelai menjadi minuman yang umum di kebudayaannya dan dapat diminum sepanjang tahun.

Cara Membuat Susu Kedelai 

Berikut ini adalah cara bagaimana untuk membuat susu kedelai. Cara membuatnya terbilang mudah. Pertama rendam kacang kedelai denga air bersih. Selanjutya rendaman kacang kedelai digiling. Ini berfugsi untuk mengambil sari patinya. Ditambahkan gula juga untuk menambah rasa manis. Jika tidak suka manis jangan ditambahkan gula. Sebagai catatan bahwa kacang kedelai ini tidak mengandung laktosa didalamnya.


Kandungan Susu Kacang Kedelai

Susu kedelai memiliki beberapa komponen dalam kandungannya. Komponen-komponen tersebut yaitu seperti karbohidrat, serat/fiber, vitamin E dan K, asam lemak essensial. Selain itu, lisin juga merupakan jenis asam amino yang ada banyak terdapat di dalam susu kedelai.

Susu kedelai juga adalah sumber protein yang lengkap dan sangat dibutuhkan tubuh. Tersapat sembilan asam amino esensial dalam kandungan kedelai ini. Tubuh kita dapat mengubah asam amino menjadi protein bentuk baru, ini termasuk antibodi yang berguna dan berfungsi untuk sistem kekebalan tubuh, protein struktural yang memegang peranan pada jaringan, serta enzim yang menghasilkan energi.

 
Dalam satu cangkir susu kedelai tanpa kandungan gula di dalamnya, setidaknya terdapat sebanyak 7 gram protein. Susu kedelai juga kaya akan vitamin serta mineral. Kandungan vitamin dan mineral tersebut yaitu zat besi, kalsium, zat besi, riboflavin dan vitamin B12.



Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui
 
Kedelai juga bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil. Berikut adalah manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

1. Zat protein yang terkandung dalam susu kedelai mengandung lisin, arginin, leusin, glisin, isoleunin, niasin, treonin, dan fenilalanin. Semua protein tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk optimalkan pertumbuhan dari janin serta memelihara fungsi organ tubuh ibu hamil. Selain itu susu jenis ini juga bisa perbaiki jaringan yang sudah rusak serta memperkuat sistem kekebalan tubuh itu sendiri.

2. Khasiat lemak nabati juga bermanfaat untuk ibu hamil. Ia berfungsi sebagai cadangan lemak untuk janin dan ibu hamil.

3. Asam folat yang terkandung didalamnya, ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan sel saraf terutama pada saat ditrimester yang pertama.

4. Susu kedelai juga bermanfaat sebagai sumber energi serta melancarkan sistem pencernaan untuk ibu yang sedang hamil.

5. Vitamin yang terdapat didalamnya sangat membuat tubuh bugar dan segar.

6. Susu kedelai dapat membantu dan mengoptimalkan pertumbuhan pada janin. Ini karena dalam susu kedelai telah mengandung asam amino penting. Kandungan protein susu kedelai juga bermanfaat untuk pertumbuhan sel tubuh, rambut bayi serta kulit bayi.



Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet


Protein dalam susu kedelai sangat tinggi, sehingga bisa mencukupi kebutuhan protein harian. Menariknya, protein dalam kedelai ini memiliki kandungan lemak yang rendah. Sehingga ksusu kedelai ini sangat cocok untuk diet dan tidak meningkatkan berat badan.
 
Asam lemak tak jenuh yang dikandung susu kedelai bisa menghambat penyerapan lemak di usus. Jadi susu kedelai ini juga bisa mendukung program diet.
 
Susu kedelai mengandung karbohidrat dengan jenis polisakaridan dan oligosakarida. Kedua jenis karbohidrat ini tidak larut dalam air dan tidak dicerna tubuh. 
 
Kadar gula yang ada di susu kedelai ini juga lebih rendah dari susu sapi. Dalam 200 ml, kadar gula dalam susu kedelai yaitu 7 gram, dan untuk susu sapi yaitu sebesar 12 gram. Seratnya juga banyak, sehingga mampu melancarkan metabolisme tubuh dan mampu membuat perut tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama.
 
Manfaat Susu Kedelai Untuk Bayi dan Balita
 
Saat di bayi di usia dua tahun, maka ASI bisa digantikan dengan susu sapi. Namun tak semua bayi atau anak akan cocok dengan susu sapi, ada juga yang alergi terhadap susu sapi. Susu kedelai ini adalah alternatifnya. Dan menariknya, manfaat susu kedelai ini juga tak kalah dengan susu dari induk sapi.

Susu kedelai ramah terhadap lambung. Ini terbukti melalui uji klinis, hasilnya yaitu  3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat. Sehingga susu kedelai ini mudah di cerna oleh lambung. Susu kedelai memiliki  berjuta-juta manfaat yang baik untuk semua orang termasuk anak-anak.

Berikut adalah beberapa manfaat susu kedelai untuk bayi dan anak-anak.

1. Dapat mengurangi kadar lemak jahat

Berbeda halnya dengan susu sapi yang memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang tergolong tinggi, susu kedelai ini mengandung lemak tak jenuh. Dan jika anak-anak mengkonsusi susu ini secara rutin, maka dapat mengurangi kadar LDL (lemak jahat) serta menaikan HDL(lemak baik) dalam darah dengan signifikan.

2. Sebagai antioksidan
Susu kedelai mengandung senyawa isoflavon. Senyawa ini memiliki manfaat meningkatkan kesehatan serta memperbaiki dan mencegah kerusakan pada sel tubuh. Kerusakan sel inhi bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, misalnya yaitu polusi, sinar ultraviolet, dan sebagainya.


3. Dapat mengurangi risiko diare
Susu kedelai juga dapat memenuhi kebutuhan gizi pada anak. Selain itu, susu kedelai ini juga bisa menurunkan risiko diare akibat intoleran laktosa maupun alergi protein pada susu sapi.

4. Membantu pertumbuhan anak
Susu kedelai juag mengandung asam amino yang lengkap. ASam amino ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan serta perkembangan pada anak.

5. Memperbaiki saluran pencernaan
Susu jenis ini mengandung serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, seratnya mampu mengurangi lemak maupun kolesterol yang terserap tubuh. Selain itu, susu kedelai ini juga dapat menjadi sumber serat yang baik untuk anak yang sulit untuk makan sayur serta buah-buahan.


Manfaat Susu Kedelai Untuk Kecantikan


Manfaat susu kedelai tak hanya untuk bidang kesehatan saja. Kini susu kedelai juga dapat digunakan untuk bidang kecantikan. Ini karena, susu kedelai memiliki kandungan protein dan vitamin B.

Semakin tahun , semakin banya inovasi yang dilakukan. Misalnya saja untuk saat ini susu kedelai sudah memiliki varian rasa. Susu kedelai hadir dengan varian rasa seperti asa coklat, vanila dan sebagainya.

Di bidang kecantikan, kedelai mampu membantu proses pembentukan kolagen pada kulit. Sehingga kulit akan lebih sehat, kuat dan kencang. Caranya yaitu cukup simpel, yaitu dengan minum susu kedelai secara rutin.

Sekarang pertanyaannya yaitu mengapa susu kedelai kok bisa bermanfaat untuk kulit?

Susu kedelai memiliki kandungan isoflavon. Zat inilah yang akan membantu proses pembentukan kolagen pada kulit. Selain itu, baik juga untuk tulang kita.

Dalam setiap 100 gram kacang kedelai, terdapat isoflavon hingga 12-153 miligram. Ini tentunya lebih besar dibanding dengan kacang tanah yang mengandung 0,2 mg per 100 gram.



Susu kedelai juga bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini. Ia, selain mengandung protein, ia juga mengandung banyak senyawa Anti Aging dan vitamin E. Jadi, mengonsumsi susu kedelai ini akan terlihat awet muda.
 
Salah satu aktris Hollywood kawakan, Meryl Streep, Ia juga menggunakan susu kedelai untuk rahasia kecantikannya. Ia tak hanya rajin minum susu kedelai, bahkan ia juga rajin dan suka mengkonsumsi kacang kedelai.Kandungan antioksidan, fatty acids, dan vitamin yang terkandung di dalam kacang kedelai ini mampu mencegah serta mengurangi keriput, noda kulit karena sinar matahari.
 
Manfaat Susu Kedelai Untuk Payudara Wanita


Wanita biasanya akan merasa minder apabila ukuran payudaranya kecil, kurang menarik dan kurang berisi. Nah, susu kedelai juga bisa untuk membesarkan payudara. Dengan bentuk serta ukuran yang menawan, ini tentu dapat membuat wanita lebih tampil PD di depan kaum adam.

Sebaliknya jika bentuk serta ukuran ayudara atau buah dada yang kurang dari standar atau besar,  ini sering membuat kepercayaan diri para hawa akan berkurang. Tentu, ini tidaklah mengherankan untuk kebanyakan wanita yang menempuh bermacam-macam hal yang berbahaya seperti operasi, implantasi payudara dan juga mungkin suntik silikon untuk memperbesar payudara.

Sebnenarnya apa sih yang menyebabkan ukuran payudara itu kecil? Ternyata yaitukurangnya hormo estrogen dalam tubuh wanita. Susu kedelai ini juga bisa menghasilkan hormon estrogen ini.

Kedelai juga merupakan jenis makanan yang bisa merangsang pertumbuhan pada hormon estrogen. Ia mengandung vitamin E di dalamnya. Vitamin E ini dapat melindungi kerusakan sel pada payudara serta mampu meremajakan kulit payudara.

Vitamin E ini adalah antioksidan yang larut dalam lemak dan berfungsi melindungi payudara dari kerusakan sel, membantu pada perkembangan payudara, mampu menyembuhkan jaringan yang rusak, serta memperkuat pembuluh darah dan membawa nutrisi ke dalam jaringan payudara.

 

Hormon tersebut diantaranya adalah estrogen danprolaktin, hormon ini secara langsung dapat memperbesar ukuran payudara dan membentuk jaringan payudara. Sedangkan produk turunannya tahu dan tempe memiliki senyawa seperti genistein dan daidzein yang secara alamiah terdapat dalam kedelai dan kacang-kacangan. Senyawa tersebut adalah bagian dari kelas molekul yang disebut isoflavon, yakni senyawa mirip estrogen yang dapat mempengaruhi hormon-hormon dalam tubuh.

Kandungan protein dalam kedelai juga mampu memperlancar air susu ibu. Ini tentu sangat bermanfaat unutk ibu yang sedang menyusui anaknya.

National Institutes of Health (NIH) menyatakan dan mengakui bahwa penggunaan teoritis kedelai untuk makanan yang dapat memperbesar payudara atau belahan dada pada wanita. Namun, belum ada penelitian secara ilmiah yang pernah membuktikan hal ini. Maka dari itu, penggunaan dan konsumsi kedelai serta turunannya masih ada hanya dalam teori serta tradisi.

Sejauh ini penelitian hanya baru menunjukan adanya senyawa isoflavon uang mempunyai efek bagus untuk membantu kesehatan payudara wanita. Namun kita juga harus ingat, sebaiknya kita mengkonsumsi susu kedelai ini secara wajar serta tidak berlebihan supaya tidak menimbulkan risiko.


Efek Samping Susu Kedelai

 
manfaat susu kedelai

Selain memiliki beragam manfaat, susu kedelai ini juga memiliki efek samping. Tuhan telah menciptakan sesuatu dengan kelebihan dan kekurangan. Efek samping dai kedelai ini yaitu mengandung antinutrients, racun alami. Selain itu kedelai juga memiliki senyawa lainnya yang sedikit mengkhawatirkan yaitu dapat membahayakan kesehatan.

 
Kandungan kedelai yang merugikan :

  • Goitrogens. Senyawa ini mampu menyebabkan fungsi tiroid tertekan.
  • Fitat. Senyawa ini mampu mencegah penyerapan mineral.
  • Phytoestrogen. Senyawa ini kadang-kadang dapat memblokir hormon estrogen serta berefek buruk untuk jaringan tubuh.

Efek samping kedelai untuk manusia :

  • Kanker payudara
  • Kerusakan Otak
  • Kelainan pada bayi

Leave a Reply