Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Menyusui

Posted on
Manfaat Susu Kedelai – Susu kacang kedelai atau biasa disingkat susu kedelai sebenarnya sudah ada di Tiongkok selama ribuan tahun lalu. Awalnya susu kedelai dikonsumsi oleh ratu di tionghoa sedang sakit dan tidak bisa mengunyah makanan keras. Kemudian pada saat itu kacang kedelai kemudian digiling dan menjadi cairan. Setelah mengkonsumsi susu kedelai, sang ibu menjadi sehat dan pulih. Karena hal tersebut, rakyat di tionghoa juga mengkonsumsi susu tersebut.

manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui

Minuman ini disebut susu karena warnanya lebih mirip seperti susu, yaitu putih. Susu kedelai sudah lama dikenal indonesia. Ia juga sudah lazim dikonsumsi ketika sarapan. Untuk kandungan susu kedelai yaitu protein, lemak san karbohidrat.

Menyusui adalah sebuah hal yang sangat mulia. Selain merasa sangat bahagia, kita juga bangga, karena kita memiliki seorang anak. Melahirkan seorang anaka adalah hal terberat bagi seorang ibu.  Namun tahukah anda bahwa susu kedelai juga memilki peran untuk ibu yang sedang menyusui. Selain bermanfaat dalam membuat air susu ibu menjadi lebih berkualitas, susu kedelai juga memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan. Apabila ASI seorang ibu berkualitas, maka kesehatan anak juga akan lebih baik. Sehingga membuat bayi tumbuh sehat. Selain itu, susu jenis ini juga dapat membuat kulit menjadi halus dan awet muda.


Kualitas air susu ibu pada saat menyusui dipengaruhi oleh faktor makanan maupun minuman yang dikonsumsi ibu menyusui. Manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui bisa meningkatkan kandungan protein pada ASI. Ini karena memang kedelai merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kadar protein tinggi. Protein ini memiliki peran penting untuk pertumbuhan otak bayi. Apalagi, kecerdasan otak seorang bayi ini dipengaruhi oleh kualitas air susu ibu. Susu kedelai juga memiliki kandungan zat besi. Zat besi ini adalah salah satu mineral yang baik bagi tubuh. Alangkah baiknya selain mengkonsumsi susu kedelai, ibu menyusui juga mengkonsumsi sayur dan buah. Ini supaya nutrisi yang ada pada ASI menjadi lebih lengkap.

Sayangnya khasiat dan manfaat susu kedelai bagi ibu menyusui belum banyak diketahui oleh masyarakat. Susu kedelai juga bermanfaat dalam membantu pertumbuhan otak sampai tulang. Susu kedelai juga mengandung kalsium seperti pada susu sapi, kalsium diketahui dapatmembantu dalam pertumbuhan tuluang dan gigi pada bayi. Vitamin E didalam kedelai juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Selain vitamin E, adapula vitamin D di dalamnya. Vitamin ini berfungsi dalam mencegah penyakit kuning.

Untuk mengolah kedelai untuk menjadi susu kedelai cukup simpel. Pertama, bahan yang dibutuhkan yaitu kedelai. Selanjutnya kedelai kita rendam dengan air kapur selama semalam. Setelah itu rendaman kedelai dicuci menggunakan air bersih. Selanjutnya diblender hingga halus dengan tambahan air 1,5 liter. Saring airnya, lalu rebus hingga matang. Anda juga bisa menambahkan gula kalau anda mau.

Sekian artikel tentang manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply