Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Anda Dan Kita Semua

Posted on
Manfaat Susu Kambing Etawa – Susu merupakan produk olahan yang terbuat dari protein hewani. Susu ini biasanya berasal dari ternak sapi. Susu saat ini menjadi produk komersil yang sangat mudah ditemukan. Susu juga identik dengan hasil perahan sapi. Namun untuk saat ini dan sekarang, olahan susu belum tentu berasal dari sapi. Kini sudah banyak susu yang diperoleh dari sumber protein lain, seperti susu kedelai yang mengandung protein nabati. Selain itu, ada juga susu kambing etawa.
Susu mengandung banyak zat-zat yang dibutuhkan oleh kita. Manfaat susu terutama untuk tulang. Susu biasanya memiliku warna putih kental dengan rasa manis. Susu juga banyak disukai oleh masyarakat umum. Susu kini juga sudah mulai berkembang dalam pemanfaatannya. Olahan susu sekarang juga sudah bervariasi dan tidak hanya itu-itu saja. Susu pada umumnya dikonsumsi pada pagi hari. Ini berguna untuk memberikan energi untuk beraktifitas selama seharian. Susu saat ini juga sudah mulai dipadukan dengan bahan makanan ataupun minuman lain. Ini adalah salah satu cara membuat orang bisa mengkonsumsi susu. Terkadang banyak orang yang tidak bisa mengkonsumsi susu secara langsung.
susu kambing etawa

Susu kambing etawa memang belum terkenal dan populer dibanding dengan susu sapi. Namun susu kambing etawa ini lebih aman bagi yang alergi dengan susu sapi. Bahkan di budaya timur tengah sana, susu kambing sudah dikenal sejak dari 10 abad yang lalu. Journal of American Medicine, mengyebutkan bahwa susu kambing merupakan makanan yang paling lengkap. SUsu kambing diketahui memiliki kandungan vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh Anda.

Susu kambing etawa dapat dicerna oleh tubuh dalam waktu 20 menit saja, ini berbeda dengan susu sapi yang dapat dicerna tubuh dalam waktu 2 sampai 3 jam. Ini dikarenakan perbedaan struktur kandungan yang ada pada susu kambing dan susu sapi. Lemak yang ada pada susu kambing berukuran 2 mikrometer, sedangkan untuk lemak susu sapi berukuran 2,5 – 3,5 mikrometer. Inilah yang membuat susu kambing etawa lebih cepat diuraikan oleh tubuh.

Susu kambing juga merupakan susu yang paling mirip dengan kandungan atau komposisi susu ibu dari. Inilah yang membuat susu kambing jadi makanan ideal untuk menyapih anak. kandungan eter gliserol pada susu kambing lebih tinggi dibandingkan dengan eter gliserol pada susu sapi. Sehingga banyak dokter yang merekomendasikan susu kambing etawa ini untuk anak bayi yang baru saja lahir. Selain itu kandungan flourine yang ada pada susu kambung etawa juga dapat bermanfaat untuk antiseptik. Apalagi flourine di dalam susu kambing etawa lebih besar dari pada susu sapi, yaitu 10 kali sampai 100 kali susu sapi. 

Susu kambing etawa juga bermanfaat untuk menetralisir asam dalam lambung. Ia juga bisa menyembuhkan berbagai alergi pada kulit serta saluran nafas dan juga pencernaan. Manfaat-manfaat tersebut sudah dibuktikan oleh seorang ahli nutrisi dari Amerika yang bernama Dr Bernard Jensen PhD. Dari pentelitian tersebut, susu kambing etawa diketahui memiliki sedikit lemak susu, namun tinggi dengan nutrisi lainnya. Nutrisi-nutrisi tersebut yaitu diantaranya vitamin D, vitamin B12, vitamin C, vitamin A, sodium, potasium, selenium, kalsium, asam folat dan juga zat besi.

Manfaat Susu Kambing Etawa

Bertindak sebagai anti-inflamasi alami


Susu kambing etawa dihomogenisasi dengan cara alami. Gelembung lemak yang ada pada susu kambing etawa dapat memecahkan diri membentuk bagian yang lebih kecil dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini membuat susu kambing etawa lebih mudah dicerna dalam proses metabolisme tubuh. Susu kambing etawa ini bermanfaat bagi penderita masalah usus dan pencernaan yang disebabkan oleh inflamasi. Sifat probiotik yang ada pada susu kambing etawa akan mendorong pengembangan sistem pencernaan yang lebih sehat.

Mengandung asam lemak esensial

Sekitar 35 persen dari kandungan susu kambing etawa yaitu berupa asam lemak. Ini lebih tinggi daripada susu sapi. Jika itu susu kambing, kandungan dari susu sapi yaitu sebesar 17 persen saja. Efek atau khasiat susu kambing etawa lebih berasa apabila masih dalam kondisi mentah. Susu kambing etwa ini juga baik bagi prang yang tidak toleransi terhadap kandungan laktosa. Selain itu, susu jenis ini juga bermanfaat untuk menurunkan kandungan kolesterol. Salah satu kandungan yang baik bagi pencernaan yaitu asam kaprat dan kaprilat. 

Membantu menjaga dan memperbaiki sistem pencernaan

Selain kandungan asam kaprat dan kalpirat yang bagus bagi pencernaan, susu kambing etawa juga mampu membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Selain itu, susu kambing etawa juga bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Susu kambing ini juga lebih tidak beresiko terhadap alergi daripada susu sapi, ini karena di dalam susu kambing etawa ini tidak mengandung kandungan senyawa protein kompleks. 

Susu kambing etawa tidak menyebabkan alergi

Susu sapi juga dapat menyebabkan alergi pernapasan, ini sesuai dengan keluhan beberapa masyarakat umum. Namun berebeda dengan susu kambing etawa, susu ini dijamin malah ampuh untuk mengatasi maslah alergi pada pernafasan. Susu sapi juga mengandung lemak yang lebih tinggi daripada susu etawa. Lemak dalam susu sapi ini dapat mengakibatkan penumpukan lendir yang dapat menimbulkan alergi. Lemak yang ada di dalam susu kambing etawa 9 kali lebih kecil dari yang ada pada susu sapi. 

Bertindak sebagai agen metabolik

Dalam sebuah penelitian, susu kambuing etawa disebutkan mampu meningkatkan kemampuan dalam menyerap besi dan tembaga. Ini tentu akan baik untuk  sistem pencernaan yang terganggu.

Susu kambing etawa kaya kalsium

Karena mengandung kalsium. Susu kambing etawa ini juga baik untuk tulang. Sehingga tulang akan terhindar dari pemnyakit osteoporosis.Selain itu susu kambing juga kaya akan amino triptofan. Sehingga ANda patut untuk mencoba susu ini. 

Mengandung nutrisi yang baik dan alami

Untuk orang yang suka dengan susu kambing, orang tersebut berkhasiat untuk meningkatkan semangat, fleksibilitas dan vitalitas. Sodium bio-organik adalah bagian yang mampu menjaga persendian tetap lentur dan sehat. Susu kambing etawa juga mampu bermanfaat untuk obat untuk memelihara dan regenerasi sistem saraf.

Dapat mengobati penyakit TBC dan Asma

Susu kambing juga baik untuk pernapasan. Ia mampu menyembuhkan penyakit TBC dan Asma. Susu ini mengandung kandungan flourin dan betakasein. 

Susu kambing etawa untuk ibu hamil dan menyusui

Karena susu kambing etawa menyehatkan, susu kambing juga baik untuk bumil atau ibu hamil. Selain ituk ibunya, susu kambing etawa juga baik untuk janin. Susu kambing juga baik untuk mambuat ASI menjadi lancar.

Berkhasiat baik bagi kulit

Selain kopi, alpukat, dan telur, ternyata susu kambing etawa dapat juga digunakan sebagai masker dan lulur. Susu kambing etawa dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini dapat membuat kulit menjadi terbebas dari masalah kulit seperti jerawat misalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *