Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Semut jepang merupakan hewan jenis serangga dan termasuk ke dalam keluarga spesies kelompok serangga berukuran kecil. Ia memiliki anggota marga Tenebrio dan Tribolium dari ordo Coleoptera. Yap, benar saja, semut ini berasal dari negara Jepang.Sesuai dengan namanya, semut ini berasal dari negara Jepang.

Semut Jepang memang bisa disebut serangga ajaib, karena sangat Beragam Manfaat dan Khasiat dari Semut Jepang ini bagi kesehatan tubuh bila kita rutin untuk mengkonsumsi nya.

Semut jenis ini memiliki banyak manfaat. Dan jika kita rutin mengkonsumsinya, ini akan bermanfaat bagi kesehatan kita. Semut ini juga banyak dijadikan sebagai obat alternatif untuk berbagai penyakit. Semut ini juga mudah dalam pembudidayaannya. Ia hanya membutuhkan tempat tinggal berupa toples maupun wadah bekas lainnya.

Kaya apa sih semut jepang itu? Untuk tahu ciri-cirinya, kami telah sajikan sebagai berikut.

  • Memiliki badan yang keras
  • Memiliki 6 kaki dan 2 antena
  • Terdapat 4 fase perubahan fisik dari telur hingga dewasa (Dijelaskan lebih lengkap di artikel ¬†ini)
  • Memiliki sayap namun tidak bisa terbang
  • Hidup berkoloni (berkelompok)
  • Mudah bereproduksi
  • Tidak bersifat agresif
  • Tidak kanibal terhadap sesama

Siklus Hidup Semut Jepang

Proses pertumbuhan semut jepang yaitu saat telur hingga menjadi semut, membutuhkan waktu kurang lebih yaitu 1 bulan. Untuk perkembangbiakannya sendiri, dimulai dari aktivitas mencari pasangan. Semut ini terbilang hewan yang suka kawin.

Ketika semut jepang kawin, ia akan memiliki telur. Sayangnya kita tidak bisa melihat telur mereka. Kita bisa melihatnya ketika telur tersebut menjadi ulat. Fase ini akan terlihat dengan jelas. Berikut adalah fase hidup semut jepang.

1. Fase Telur
Fase pertama dari semut jepang yaitu dalam keadaaan telur.

2. Fase Ulat
Fase ulat terjadi sekitar 20 hari lamanya. Untuk fase ini, ulat akan diberi makan berupa ragi tape. Jika pada tahap ini, kita harus pastikan ragi telah tersedia.
3. Fase Kepompong
Fase yang ketiga yaitu tahap kepompong. Setelah ulat sudah berusia 20 harian, ulat akan berubah jadi kepompong.

4. Fase Semut
Di saat umur sudah mencapai satu bulan, kepompong akan menjadi anakan semut jepang. Ini merupakan bentuk yang sempurna/ Unutk umurnya, semut jenis ini berkisar 6 bulan, dan setelah 6 bulan semut jepang akan mati.

Manfaat Semut Jepang Untuk Kesehatan

Manfaat dari hewan yang berasal dari negara sakura ini amatlah banyak. Inilah yang membuat namanya tenar di masyarakat indonesia kini. Bahkan di negara asalnya, negara Jepang, semut ini dijadikan sebagai oleh-oleh dari sana. Semut jepang memiliki beberapa unsur enzim yang dapat membantu penyembuhan penyakit.

Berikut adalah beberapa khasiat dari semut jepang.


Bermanfaat Menyetabilkan kadar gula darah untuk penderita diabetes
Semut Jepang diyakini mampu membantu untuk mengatur jumlah gula. Ini tentu akan sangat bermanfaat khususnya untuk penderita penyakit diabetes. Semut ini akan hilangkan gula dalam darah berlebih.

Bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol
Kolesterol merupakan salah satu unsur yang dibutuhkan tubuh kita. Namun mengkonsumsi kolesterol secara berlebih, ini tidaklah baik. Semut Jepang bisa mengatur kadar kolesterol bagi penderita kolesterol tinggi.

Membuat asam urat jadi normal
Seiring bertambahnya usia, banyak orang yang rentan dengan terserang oleh berbagai macam penyakit. Salah satunya yaitu penyakit asam urat. Penyebab yang biasanya terjadi yaitu karena pola hidup yang tidak bagus. Untuk obatnya, semut jepang ini juga bisa sebagai alternatif. Sehingga penderitanya akan jarang merasa sakit asam urat pada bagian sendi.

Mengobati Penyakit Hipertensi
Hewan ini juga mampu mengatur tekanan darah. Zat yang terkandungnya akan membantu untuk mengatur tekanan darah tinggi yang mungkin akan menyebar ke penyakit lain sehingga menjadi penyakit kompleks.

Membantu pengobatan penyakit jantung
Semut ini dipercaya dapat obati penyakit pada jantung. Penyakit jantung dapat menyerang siapa pun, dari berbagai usia, tak mengenal perbedaan. Penyakit ini memang menyeramkan. Ini karena penyakit ini dapat membuat seseorang mati secara mendadak.

Semut jepang untuk menambah vitalitas
Bagi kamu yang memiliki aktivitas padat seperti butuhkan energi ekstra dalam kegiatan yang rutin dilakukan, semut jepang bisa jadi vitamin untuk tubuh dalam menambah vitalitas. Ini baik untuk pria maupun untuk wanita. Jadi, Kamu akan akan memiliki stamina dan kekuatan yang bertambah di dalam tubuh.

Mengobati penyakit hati
Penyakit hati atau liver dapat diringankan dengan mengkonsumsi semut jepang. Semut ini  dipercaya mampu meringankan penyakit hati. Semut ini mampu membuat penyakit hati tidak kambuh keseringan.

Untuk Obati Stroke
Semut Jepang bermanfaat dalam membantu mengobati penyakit stroke. Namun ini juga bergantung dengan tingkat keseriusan penyakit itu sendiri. Jika prnyakut stroke sudah memasuki level yang paling tinggi, semut jepang hanya bisa meringankan saja.

Itulah delapan manfaat seputar semut jepang. Lebnih baik lakukan pemeriksaan dahulu pada dokter tentang penyakit dulu. Ini dikarenakan semut jepang yang memang hanya dijual sebagai obat alternatif. Jadi jangan coba-coba.

Seseorang pasti akan mengalami reaksi yang berbeda-beda. Tergantung kecocokan. Semut jepang bisa dikonsumsi secara rutin dari 1 bulan hingga 2 bulan. Lakukan juga pola makan sdan olahraga yang teratur.

Efek Samping Konsumsi Semut Jepang

Tuhan menciptakan sesuatu dengan kelebihan dan kekeurangannya masing-masing. Sama dengan semut jepang ini, Ia juga memiliki manfaat dan efek samping.

Efek samping mengkonsumsi semut jepang memang ada. Namun jika takaran dan dosis untuk semut jepang yang kita makan itu pas maka tak ada efek sampingnya. Namun jika sebaliknya, jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi semut jepang ini, akan ada beberapa efek samping.

Misalnya kita konsumsi semut jepang sebanyak 30 ekor per harinya. Ini adalah hal yang tidak benar. Kalu kita over dosis dalam mengkonsumsinya, kita bisa mual, pusing, panas, dan lain sebagainya.

Leave a Reply