Manfaat Minyak Zaitun Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang aman untuk dikonsumsi. Nama lain dari minyak zaitun yaitu olive oil. Minyak ini dihasilkan oleh pohon tradisional dari daerah basin Mediterania. Buah dari pohon zaitun menghasilkan minyak yang dapat dipakai untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan bisa juga untuk bahan bakar untuk lampu minyak.

Ada 3 jenis minyak zaitun yang tersedia di toko atau pasaran. Pertama yaitu minyak zaitun biasa, virgin san extra virgin. Ketiga jenis minyak zaitun tersebut bedanya yaitu pada kualitas buah zaitun dan cara mengolahnya.

Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung beberapa unsur yang sangat bernmanfaat di dalamnya. Jenis vitamin yang terkandung diantaranya yaitu vitamin A, C, D, E, K. Zat yang lainnya yaitu asam palmitat, asam stearate, asam lemak tak jenuh, asam maristat, polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, kalsium, asam arachidat dan lignoserat.

Manfaat minyak zaitun untuk menjaga kesehatan jantung
Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Ia memiliki fungsi dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila jantung bermasalah, maka kesehatan juga akan mengalami gangguan. Nah untuk menjaga kesehatan jantung kita bisa menggunakan minyak zaitun ini.

Manfaat minyak zaitun untuk menangkal radikal bebas
Salah satu kandungan dari minyak zaitun yaitu antioksidan berupa zat polifenol. Zat ini memiliki fungsi untuk membantu tubuh dalam detoksifitkasi molekul tak seimbang. Sehingga tubuh mampu menangkal serangan radikal bebas.

Manfaat minyak zaitun untuk mencegah pikun
Lupa-lupa ingat adalah masalah yang sering terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Lupa-lupa ingat atau pikun sering membuat kita lelah. Karena jika kelupaan sesuatu, pastinya kita jadi susah mengingatnya. Pikun terjadi karena terjadi kekurangan asam lemak tak jenuh. Dan kebetulan, pada minyak zaitun ini mengandung unsur tersebut.

Manfaat minyak zaitun untuk mencegah kanker
Akhir-akhir ini banyak tanaman herbal yang disebutkan dapat mengobati penyakit berbahaya, termasuk kanker ini. Dan kabar bahagianya, ternyata minyak zaitun ini juga memiliki manfaat untuk mengatasi kanker tersebut. Ini karena minyak jenis ini mengandung senyawa hodroksitirosol yang berperan sebagai antioksidan. Ia memiliki manfaat dalam membantu menyeimbangkan kadar gula sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.


Manfaat minyak zaitun untuk membuat usus sehat
Minyak zaitun juga mengandung Oleuropein aglycone, kandungan ini dapat menjaga persediaan darah ke bagian usus. Sehingga ia dapat mengurangi terjadinya resiko rusaknya jaringan usus yang diakibatkan karena kurangnya aliran darah dalam sel.

Manfaat minyak zaitun untuk mencegah diabetes
Manfaatnya masih banyak, manfaat selanjutnya yaitu untuk mencegah diabetes. Kenapa? Minyak zaitun ini mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Manfaatnya mampu atasi noda-noda dan jerawat di wajah
Minyak zaitun juga bermanfaat dan bagus untuk wajah. Jika keluar ruangan, Minyak zaitun bisa diperlukan untuk perlindungan. Cara penggunaannya yaitu pertama basuh air hangat ke wajah. BIsa juga dengan uap air. Setelah itu oleskan minyak zaitun ke wajah, lalu tunggu hingga 5 menit. Basuh kembali dengan air dingin. Ini gunanya untuk menutup kembali pori.

Manfaat minyak zaitun untuk mengatasi wajah berminyak
Wajah berminyak juga sering menjadi masalah yang besar, apalagi untuk para wanita pada khususnya. Cara mengatasinya yaitu dengan mencampurkan bubuk cendana dengan minyak zaitun. Selanjutnya oleskan pada wajah dan biarkan hingga 15 menit. Setelah selesai, cuci dengan aor bersih.

Manfaat minyak zaitun untuk mampu menjaga kesehatan kulit
Karena minyak zaitun juga mengandung antioksidan, maka jenis minyak ini juga berguna untuk melindungi dan mencegah kerusaka pada sel. Selain itu, ia juga mmpu melindungi kita dari penuaan dini. Sehingga kulit akan lebih kencang dan tidak keriput.

Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan artritis
Artritis merupakan salah satupenyakit peradangan pada persendian. Artritis ini disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak. Minyak zaitun memiliki kandungan prostaglandin. Kandungan ini berfungsi dalam membantu mengatasi rasa nyeri sendi serta pengeroposan pada tulang.

Manfaat minyak zaitun untuk melembabkan kulit dengan alami
Kkulit kering merupakan masalah kebanyakan orang. Untuk mengatasi ini, kulit membutuhkan makanan alami untuk memberikan kelembaban. Kandungan vitamin E yang ada pada minyak zaitun baik dalam memberikan kadar minyak alami. Cara menggunakan minyak ini yaitu dengan membersihkan wajah dengan air terlebih dahulu. Selanjutnya oleskan minyak zaitun pada kulit kering Anda, lakukan ini sewaktu ingin tidur.

Manfaat minyak zaitun untuk melembabkan bibir
Ingin bibir menjadi lembab? Kita juga bisa menggunakan minyak zaitun ini. Caranya yaitu dengan mencampurkan minyak zaitun dengan beeswax. Beeswax merupakan lapisan lilin alami yang daimbil dari sarang lebah.

Manfaat minyak zaitun untuk memanjangkan rambut
Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kulit, minyak zaitun ini juga bermanfaat untuk memanjangkan rambut. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan biji lemon dan lada. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut ke wajah. Pasang sebagai masker selama 20 menit. Terakhir lanjutkan dengan memakai shampo.

Manfaat minyak zaitun untuk mengatasi rambut rusak
Untuk mendapatkan manfaat ini, pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mencampurkan kelopak bunga mawar ke dalam minyak zaitun. Simpan selama 1 hari. Sesudah itu, minyak zaitun ke rambut yang sebelumnya sudah dicuci dengan air hangat. Pijat-pijat rambut untuk beberapa saat.

Manfaat minyak zaitun untuk membuat rambut tebal
Cara pengguanaannya yaitu kocok 2 telur dan campurkan dengan minyak zaitun. Kocok sampai kedua bahan sampai lembut. Oleskan kocokan tersebut secara merata ke rambut. Biarkan minyak meresap ke rambut dan terakhir bilas dengan air bersih.

Leave a Reply