Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari

Posted on

Manfaat Air Putih – Air adalah sumber kehidupan. Sedangkan tubuh manusia terdiri dari  90% air. Sehingga, jika kita kekurangan air, ini akan mengakibatkan kejadian yang fatal, dan dapat menyebabkan kematian. Jika kita kekurangan cairan air putih dalam jangka waktu yang relatif lama, ini berakitbat buruk. Kita akan merasa haus ketika tubuh membutuhkan cairan dalam waktu segera. Faktanya, hamir seluruh dari organ tubuh kita membutuhkan air putih dalam jumlah yang cukup. Ini agar tubuh dapat menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Waktu yan paling baik untuk minum air putih adalah di pagi hari.

Manfaat Minum Air Putih
Air putih yang kita minum minimal yaitu 1 liter atau 8 gelas setiap hari. Apabila tubuh bekerja semakin berat, makan semakin banyak pula air yang dibutuhkan. Dalam meminum air putih, kita sebaiknya juga melakukannya dari bangun tidur hingga akan tidur lagi. Ini karena dengan minum air putih, ini akan berdaya guna positif untuk tubuh.

Setiap hari kita akan kehilangan air ketika kita mengeluarkan keringat, urine, nafas, dan BAB. Menurut The Institute of Medicine, minum air putih yang baik yaitu untuk laki-laki adalah 3 liter, sedangkan untuk wanita adalah 2,2 liter.

Salah satu manfaat minum air adalah yaitu menghindari dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh memiliki air yang sedikit. Dengan minum air putih, ini juga akan bermanfaat dalam menghilangkan racun serta sampah-sampah metabolisme dari dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi bersih dan terbebas dari masalah-masalah kesehatan. Air juga diperlukan dalam memproses semua nutrisi yang didapat dari makanan, dan membawa nutrisi kepada seluruh sel-sel melalui sistem limfatik. Kekurangan cairan dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti sembelit, asma, alergi, hipertensi, masalah ginjal, migrain, kulit keriput, dan lainnya.


  1. Dengan minum air putih kita akan tampil lebih awet muda. Faktanya, kita memang sudah tua. Hehe. Sekedar bercanda. Minum air putih di pagi hari memang sangat efektif dalam membuang serta membersihkan toksik atau xat racun melalui keringat dan urine. Dengan demikian kita akan lebih sehat dan segar.
  2. Dengan minum air putih tubuh akan melakukan peremajaan otot serta sel-sel dalam darah.
  3. Dengan minum air putih tubuh akan dapat menyeimbangkan sistem getah bening. Sehingga dengan demikian tubuh akan mempunyai daya kekuatan lebih dalam melawan serangan infeksi.
  4. Dengan minum air putih, ini akan memperlancar sewaktu BAB. Jika mengalami sembelit dan susah BAB di pagi hari, sebaiknya kita minum air putih saat bangun tidur. Hal ini bertujuan melancarkan proses buang air besar.
  5. Dapat mengontrol bobot tubuh. Yah semacam diet begitulah. Berat badan yang ideal adalah hal yang diharapkan bagi setiap orang.
  6. Manfaat minum air putih salah satunya yaitu untuk membuat usus besar menjadi sehat. Usus besar adalha organ vital dalam sistem pencernan. Minum air putih di pagi hari ini akan membuat kesehatan usus besar yang lebih baik lagi. Sehingga dalam penyerapan nutrisi dapat dilakukan dengan baik.
  7. Menjaga kesehatan organ ginjal. Dengan mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari kita dapat membuat ginjal bekerja lebih ringan dan sekaligus dapat menjaga kesehatan ginjal itu juga.
  8. Air putih juga memiliki arti penting dalam menjaga kelembaban kulit. serta memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit, mengisi ulang jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas. Hal ini nantinya akan membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus. Dengan demikian, untuk kulit lembut dan lentur, minum cukup air lebih penting daripada menerapkan krim topikal
  9. Air putih juga mampu mengatasi penuaan. Air dapat membuat kulit terhidrasi secara baik. Sehingga ia dapat membantu dalam meningkatkan kecerahan kulit.
  10. Dengan meminum air uang cukup. Ia tentu akan bermanfaat dalam memerangi gangguan kulit seperti psoriasis, dan keriput serta eksim.

Leave a Reply