Manfaat Mandi Pagi Sebelum Subuh

Posted on

Mandi Sebelum pagi ataupun mandi sebelum subuh, nampaknya banyak orang yang tidak suka melakukannya. Namun tahukah anda? Ada manfaat di balik kegiatan mandi sebelum subuh tersebut.

Mandi pagi sebelum waktu subuh membuat badan terasa lebih segar. Sayangnya banyak orang yang malaas ketika mereka harus mandi pagi. Apalagi ini dilakukan sebelum subuh. Ini tentu sangat terasa sekali dinginnya.

Seperti yang sudah kami singgung sedikit, bahwa untuk mereka yang sudah  pernah bahkan sudah biasa melakukannya, mereka akan merasakan manfaat mandi sebelum subuh dan akan sulit meningalkan untuk kebiasaan tersebut.

manfaat mandi pagi sebelum fajar

Manfaat mandi pagi sebelum terbinya fajar, ini dapat membuat tubuh serasa segar. Bahkan rasa pegal yang kita rasakan bisa hilang seketika. Rasa yang biasanya dingin yang sangat dirasakan, bagi yang tidak biasa, justru air dingin bagi yang sudah biasa mandi pada waktu tersebut akan terasa hangat untuk tubuh.

Jika aktifitas mandi ini sering dilakukan dan telah secara rutinini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Kita akan terhindar dari segala penyakit, karena, kebersihan tubuh ini akan terjaga baik. Air yang sejuk sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran dalam darah.

Manfaat Mandi Pagi Sebelumm Subuh

1. Membuat Wajah Menjadi Awet Muda

Aging atau penuaan umumnya terlihat dari perubahan kulit. Misalnya timbul kerutan wajah, kulit yang kusam, lingkaran hitam di bawah bagian mata. Dan apabila kulit kita  tersentuh air yang sejuk, waktu utama menjelang subuh, hal tersebut akan menjadikan kulit halus. Selain itu, kebiasaan ini mampu membuat kulit hingga lebih cerah. Lingkaran hitam atau mata panda juga bisa hilang.


2. Mampu Mencegah Hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah salah satu penyakit yang umu terjadi di khalayak umum. Selain itu, hipertensi juga merupakan salah satu penyakit berbahaya.

Dahulu kebanyakan orang yang terkena penyakit ini adalah orang yang di atas 40 tahunan. Sedangkan untuk saat ini, semua orang baik laki-laki, perempuan, anak-anak, bapak-bapak, semuanya bisa terkena hipertensi.

Salah satu solusi mudahnya yaitu mandi pagi. Awalnya memang sulit. Namun bila dipaksakan pasti bisa.

3. Mampu Meningkatkan Sel Darah Putih

Sel darah putih memilki bagian penting untuk tubuh manusia. Ia berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan mandi di setiap menjelang subuh, ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sel darah putih.

Sebagai catatan, sel darah putih yang berlebih kurang baik untuk kesehatan. Ukuran yang baik dan normal adalah 4.500 s/d 10.000 sel/microliter.

Tubuh manusia di dalamnya terdapat 5 jenis sel darah putih. Diantara sel sel tersebut yaitu eosinofil, linfosit, dan neutrofil. Semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

4. Untuk Melancarkan Peredaran Darah

Apabila peredaran di dalam darah berjalan lancar, ini akan menjadikan tubuh sehat. Sirkulasi darah yang terganggu dapat membuat asupan oksigen dan nutrisi keseluruh jaringan dapat terganggu. Dengan keadaan ini, menjadikan imunitas tubuh melemah. Sehingga berbagai jenis penyakit dapat dengan mudah menyerang tubuh kita.

Dengan membiasakan aktifitas mandi pagi menjelang subuh adalah menjaga peredaran darah, sehingga dapat berjalan lancar.

5. Mampu Mengurangi Stres

Siaapun dapat menderita stress. Stress bisa datang kapanpun. Stres yang berlebih pasti sangat mengganggu. Bahkan ia dapat menjadi pemicu timbul berbagai penyakit. Menariknya, dengan membiasakan mandi setiap pagi menjelang subuh akan membantu dalam mengurangi rasa stres

Leave a Reply