Manfaat Mahkota Dewa bagi Kesehatan

Posted on
Manfaat Mahkota Dewa – Di Indonesia banya tanaman yang dapat dijadikan obat. Salah satu tanman obat tersebut yaitu Mahkota Dewa. Mahkota Dewa ini dikenal dapat mengobati beragam penyakit yang di derita oleh pasien.
Mahkota dewa memiliki nama lain yaitu simalakama. Kenapa buah mahkota dewa ini disebut simalakama? Ini karena jika kita memakan buanya tersebut, maka kita bisa merasa pusing dan mual. Walau begitu, buah ini justru dapat menyembuhkan. Untuk asalanya, mahkota dewa ini berasal dari tanah papua, irian jaya. Namun tanaman ini kini sudah dapat kita jumpai di daerah lain.
Dahulu, sebelum manfaat tanaman mahkota dewa ini beum dikenal sebagai tanaman obat, tanaman ini biasa digunakan sebagai tanaman hias. Di Jawa, mahkota dewa dijadikan sebagai tanaman peneduh yang ditanam di pekarangan rumah.
apa manfaat mahkota dewa?

Saat ini mahkota dewa sudah dikenal sebagai tanman obat. Beberapa bagian tanaman mahkota dewa yang sering dijadikan obat yaitu buah, daun, dan biji. Mahkota dewa ini berperan sebagai antitumor, antikanker, antibodi, analgetik, antiradang, antipiretik, dan hiperurinesia.

Kandungan Di Dalam Tanaman Mahkota Dewa

Sebelum membahas ke manfaat mahkota dewa sebaikmya kita melihat kandungan apa saja yang terdapat dalam mahkota dewa ini. Inilah beberapa kandungan mahkota dewa yang berwarna merah dan memiliki rasa yang pahit tersebut :

Zat alkaloid
Zat alkaloid dalam mahkota dewa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ffungsinya yaitu untuk membersihkan racun dalam tubuh.

Flavonoid
Mahkota dewa juga memiliki kandungan flavonoid. Sebenarnya, zat ini tidak hanya ada pada tanamna mahkota dewa, zat flavonoid juga terdapat pada tanaman lain.

Polifenol
Kandungan yang selanjutnya yaitu polifenol. Zat ini memiliki anti terhadap alergi.

Antioksidan
Dalam kulit buah mahkota dewa ternyata kaya akan kandungan antioksidan. Salah satu buah yang kulitnya mengandung antioksidan yaitu kulit manggis.

Manfaat Mahkota Dewa
Berikut ini akan kami sajikan beragam manfaat dari tanaman mahkota dewa.

Manfaat Mahkota Dewa untuk Detoksifikasi

Detok merupakan suatu proses pengeluaran racun yang mengendap dalam tubuh. Apabila racun tersebut tidak dikeluarkan, maka ia dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit dalam tubuh. Biasanya racun akan mengendap di usus. Makanya, sering kali orang yang tidak sering melakukan detox maka rawan terkena berbagai penyakit usus. Dan penyakit yang mengerikan yaitu kanker usus. Tanaman mahkota dewa ini juga bermanfaat untuk detox, hal ini karena kandungan alkaloid yang ada di dalamnya. Cara mamanfaatkan mahkota dewa untuk detoksifikasi yaitu dengan merebus buah mahkota dewa. Pertama buah mahkota dewa dihilangkan bijinya, selanjutnya direbus kemudian air rebusannya diminum selama seminggu sekali. Untuk pengeluaran racun, tubuh akan mengeluarkan racun tersebut melalui urin, feses dan keringat.

Manfaat Mahkota Dewa untuk Menangkal Bakteri dan Anti Virus

Manfaat mahkota dewa yang selanjutnya yaitu untuk menangkal bakteri. Ini karena di dalam buah mahkota dewa terdapat senyawa yang bernama alkaloid. Dengan adanya alkaloid ini maka tubuh tidak mudah terkena dan infeksi bakteri. Tidak hanya menangkal saja, namun apabila sudah terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri, maka mahkota dewa pun bisa mengatasinya. Selain sebagai anti bakteri,  kandungan alkaloid ini juga dapat berperan sebagai anti virus.


Bermanfaat untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Salah satu manfaat lain dari tanaman mahkota dewa yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh. Apabila memiliki sistem imun meningkat, maka tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Zat saponini adalah kandungan yang ada pada mahkota dewa yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mahkota Dewa untuk Menjaga dan Meningkatkan Vitalitas
Mungkin salah satu dari ANda adalah orang yang sedang mencari bahan herbal untuk meningkatkan vitalitas, dan mahkota dewa ini mungkin bisa jadi opsinya. Karena manfaat mahkota dewa bagi pria salah satunya adalah untuk menjaga serta meningkatkan vitalitas. Ini adalah berkat kandungan saponin yang ada di dalamnya. Cara menggunkan mahkota dewa untuk vitalitas pri yaitu dengan merebus buah mahkota dewa yang sudah kering. Air rebusan tersenbut nantinya diminum sebelum berhubungan seksual dengan istri. jarak minumnya yaitu 1 jam sebelumnya.

Mahkota Dewa Membantu Menurunkan Gula Darah / Manfaat Mahkota Dewa untuk Mengatasi Diabetes
Siapa yang tidak tahu kalo rasa mahkota dewa itu pahit. Namun dibalik rasa pahitnya tersembunyi beragam manfaat. Oleh karena itu manfaat mahkota dewa ini sangat diburu oleh khalayak. Mahkota dewa ini juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula. Zat saponin dalam mahkota dewa ini lah yang dapat membantu dalam menurunkan kadar gula darah. Cara menggunakan mahkota dewa unutk obat diabetes yaitu dengan cara merebusnya. Cara membuat air rebusan mahkota dea adalah sebagai berikut. Pertama, siapkan 5 buah mahkota dewa, selanjutnya diiris tipis dan juga 5 gelas air. Selanjutnya irisan mahkota dewa direbus bersama 5 gelas air . Tunggu sampai bersisa setengah bagian. Untuk dosis peminumannya yaitu sebanyak 3 kali sehari.

Mahkota Dewa dapat Memperlancar Peredaran Darah
Mahkota dewa juga memiliki manfaat untuk membuat peredaran darah jadi lancar. Zat yang ada dalam mahkota dewa ternyata mampu memperlancar peredaran darah. Zat tersebut yaitu flavonoid. Apabila peredaran darah lancar maka tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

Bermanfaat untuk Meningkatkan Sistem Metabolisme
Metabolisme merupakan satu hal yang penting dari tubuh. Sistem metabolisme yang baik bermanfaat untuk mendapatkan tubuh yang fit. Apabila sistem metabolisme dalam tubuh buruk, maka tubuh akan mengalami gangguan. Metabolisme tubuh yang buruk dapat mengakibatkan penurunan kognitif dalam tubuh. Zat flavonoid adalah senyawa dalam mahkota dewa yang berguna dalam meningkatkan sistem metabolisme.

Mahkota Dewa untuk Anti Peradangan
Zat flavonoid yang terdapat dalam mahkota dewa mampu berperan sebagai anti peradangan. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan mahkota dewa secara rutin. Jika hal tersebut dilakukan maka tubuh dapat terhindar dari beragam penyakit akibat inflamasi.

Mampu Menurunkan Kolesterol
Kolesterol itu bisa bermanfaat atau malah berbahaya. Kolesterol yang bahaya bagi tubuh yaitu kolesterol jahat. Apabila mengidap penyakit kolesterol tinggi maka dapat menyebabkan berbagai macam penyakit komplikasi yang dapat membahayakan tubuh. Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi ini dapat menggunakan mahkota dewa. Karena di dalam mahkota dewa terkandung zat flavonoid. Zat flavonoid ini lah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Mahkota Dewa Membantu dalam Mengobati Tumor
Tumor merupakan penyakit yang ditandai adanya benjolan yang tidak normal yang tumbuh. Dalam pengobatan modern tumor dapat dibunuh dengan cara kemoterapi. Namun efeknya, sel sel tersebut dan sel disekitarnya akan mati. Tumor ini juga dapat dihilangkan dan diobati dengan menggunakan kulit mahkota dewa yang sudah kering dengan cara direbus. Hal ini karena dalam kulit mahkota dewa terdapat kandungan antioksidan yang sama banyaknya dengan kandungan antioksidan di dalam kulit manggis kering.

Sebenarnya masih banyak manfaat mahkota dewa yang lainnya. Kami akan menuliskan manfaat-manfaat lain dari mahkota dewa untuk anda.

Leave a Reply