Manfaat Lengkuas di Bidang Kesehatan

Posted on
Lengkuas memiliki nama latin Alpinia officinarum. Lengkuas merupakan tanaman yang dapat hidup di daerah dengan dataran rendah atau dataran tinggi. Saat ini lengkuas diolah dalam skala besar di banyak negara di Asia Tenggara, terutama di China, Malaysia, Thailand dan India.
Di Indonesia umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai  bumbu campuran pada masakan atau untuk pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas sebagai pengobatan tradisional adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum.

Manfaat Lengkuas
Manfaat Lengkuas untuk Kesehtaan

Banyak yang mengira bahwa lengkuas adalah jahe. Tentu karena memang keduanya memiliki bentuk yang hampir mirip. Lengkuas keras dan berkayu, meski bagian tengahnya biasanya sedikit lebih lembut dibanding bagian luasnya yang berkayu. Dari segi rasa, lengkuas memiliki rasa yang berbeda dengan jahe. Meski begitu lengkuas memiliki hubungan erat dengan dan jahe.

Sebenarnya, lengkuas adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe) yang bisa tumbuh setinggi 150 cm. Batang bawahnya berawarna coklat kemerahan, berbentuk silinder dan berdaging gelap (rimpang).

Batang bunga panjang, sempit dengan daun lanceolate(berbentuk pisau) yang mengelilingi batang sebagai selubung. Bunga anggrek itu berwarna putih dengan pembuluh darah merah. Buahnya berry berdaging merah seukuran kacang polong yang biasanya mengandung tiga biji coklat tua dengan rasa agak tidak sedap.

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Batang bawah segar atau kering (rimpang) digunakan dalam pengobatan herbal. Rimpang tersebut dipanen pada akhir musim tanam dari tanaman berumur 4-6 tahun. Ramuan ini sangat aromatik dan memiliki rasa agak pedas.

Rimpang lengkuas mengandung minyak atsiri yaitu methyl cinnamate, eugenol dan volatile diarylheptanoids, yang dikenal sebagai galangol. Tanaman tersebut mengandung gingerol, flavonoid (galangin, galangin-3-metil eter dan Kaempferida), pati, tanin dan resin.


Lengkuas telah digunakan dalam pengobatan Cina dan Ayurvedic sejak zaman kuno dan masih ada. Lengkuas pertama kali dibawa dari Asia ke Inggris dan Eropa utara pada abad ke-13 oleh tentara salib dan segera menjadi bumbu dan obat-obatan yang populer. Ramuan ini sebagai tonik untuk jantung. Oleh karena itu, lengkuas disebut sebagai “bumbu kehidupan”.

Manfaat lengkuas dalam bidang medis dalam banyak hal hampir sama dengan jahe. Lengkuas merupakan ramuan pahit yang digunakan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan merangsang nafsu makan dan produksi cairan pencernaan. Ramuan ini digunakan untuk mengobati anoreksia, gangguan pencernaan (dispepsia), sakit perut dan perut.

Lengkuas juga digunakan secara tradisional untuk cegukan, mual, muntah, gastritis kronis dan borok di saluran pencernaan. Ramuan ini memiliki sifat analgesik (menghilangkan rasa sakit) dan antipiretik (mengurangi demam) dan juga membantu mengurangi infeksi bakteri dan jamur.

Batang bawah lengkuas telah menunjukkan efek penghambatan in vitro pada banyak bakteri patogen seperti anthrax bacillus, streptococcus hemolitik dan berbagai strain staphylococcus. Lengkuas sering direkomendasikan untuk mengatasi mabuk perjalanan dan morning sickness, efek yang terutama disebabkan oleh jahe.

Manfaat lengkuas selanjutnya yaitu untuk pengobatan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti bronkitis kronis dan batuk. Ekstrak akar digunakan sebagai obat kumur dan kumur untuk bisul mulut, peradangan gusi dan radang lain di mulut dan tenggorokan dan sebagai pengobatan untuk bau mulut (halitosis). Sedangkan di Timur Tengah ada tradisi menggunakan ramuan tersebut sebagai obat untuk mengatasi rematik dan artritis.

Dalam obat tradisional Cina, manfaat akar lengkuas yaitu sebagai ramuan yang bisa digunakan untuk sakit perut, muntah, cegukan dan diare. Bila digunakan untuk melawan cegukan, sering dikombinasikan dengan ginseng (Codonopsis pilosula) dan jamur fu-ling (Cina) yang juga sebagai roti India (Wolfiporia extensa).

Lengkuas ini digunakan secara luas dalam masakan Indonesia dan merupakan bumbu dasar masakan nasional nasi goreng, hidangan nasi yang dimasak dengan sayuran, daging, kuah daging, buah dan jamur. Lengkuas digunakan sebagai bumbu di banyak hidangan daging, sayuran dan ikan dan ini juga merupakan unsur penting dalam banyak campuran rempah-rempah yang berasal dari Timur Jauh.

Itulah beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *