Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Buah Kurma – Buah kurma banyak berasal dari daerah timur tengah seperti mesir misalnya. Buah ini sudah terkenal akan manfaat dan kegunaannya. Buah kurma dalah umat islam disunahkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Ini karena kandungan gulanya mampu memberi suplai energi. Kurma memiliki manfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan misalnya masalah konstipasi atau sulit buang air besar, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker pada abdomen.

Manfaat Kurma

Kandungan dari kurma yaitu vitamin, mineral, dan serat. Buah kurma yang lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium. Menurut beberapa pakar, mengkonsumsi buah kurma secara kontinyu dapat menjadikan pola makan yang seimbang dan sempurna.

Berikut adalah manfaat buah kurma untuk kesehatan.

Mengatasi konstipasi
Kurma seringkali digunakan sebagai makan pencuci perut. Penderita konstipasi dianjurkan untuk memakan kurma karena ia akan memperlancar saat buang air besar. Apalagi serat yang terkandungnya lumayan tinggi.

Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang
Kurma memiliki kegunaan dalam mengatasi osteoporosis. Ini karena kurma memiliki kandungan
kandungan mineral yang sangat tiggi pada buah kurma menjadikannya makanan super untuk selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Zat-zat tersebut memiliki kegunaan untuk memperkuat tulang.


Mengatasi gangguan usus
Dengan memakan buah kurma secara kontinyu, ia dapat membantu menghambat pertumbuhan makhluk mikroorganisme yang bersifat patologis dan membantu menstimulasi bakteri baik bagi usus. Kurma juga memiliki kandungan serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang berguna dalam menstimulasi pencernaan makanan serta membuat pencernaan lebih efektif dan efisien.

Mengatasi penyakit anemia
Kurma mengandungan mineral tinggi. Mineral yang terkandung yaitu zat besi. Zat besi memberi manfaat positif untuk pasien anemia. Ia dapat meningkatkan energi dan tenaga, dan juga mengatasi rasa lelah lesu.

Dapat mengatasi alergi
Buah kurma juga mengandung sulfur organik. kandungan sulfur organik ini memiliki kegunaan dalam mengatasi reaksi alergi dan alergi musiman.

Mampu menaikan berat badan
Kurma setidaknya mengandung gula, protein, dan vitamin yang esensial bagi tubuh. Kurma dapat menjaga berat badan simbang jika dikonsumsi dengan adonan mentimun. Dalam 1 kilogam kurma mengandung kurang lebih 3000 kalori.

Kurma dapat menjadi penyuplai energi
Kurma mengandung berbagai jenis gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Sehingga, kurma dapat menjadi cemilan yang sangat enak dan baik.

Meningkatkan kesehatan sistem syaraf
Kandungan vitamin kurma menjadikan kurma sangat cocok dalam meningkatkan kesehatan dan fungsi dari sistem syaraf. Potassium merupakan zat utama dalam menjadikan sistem syaraf sehat dan responsif. Ia juga mampu meningkatkan kecepatan serta kesiagaan otak.

Menjaga kesehatan jantung
Kurma sangat membantu dalam menjaga jantung. Potasium dalam kurma juga dapat membuat jantung lebih sehat. Ia dapat menghindarkan kita dari penyakit stroke dan jantung lemah.

Leave a Reply