Manfaat Kina Untuk Mengatasi Malaria Dan Efek Sampingnya

Posted on
Khasiat Manfaat Kina Untuk Kesehatan – Kina merupakan salah satu obat tradisional yang digunakan dalam mengatasi penyakit malaria. Penyakit malaria disebabkan oleh parasit yang bernama Plasmodium falciparum. Penyakit malaria yang disebabkan oleh Plasmodium falciparum merupakan penyakit malaria yang sering di derita oleh orang Indonesia. Dan penyakit tersebut merupakan penyakit malaria yang paling ganas.
Kina bisa digunakan secara sendirian ata tanpa bahan lain, maupun bisa dicampur bahan lain untuk mengobati penyakit malaria. Kina dapat digunakan sebagai pembunuh parasit Plasmodium sp yang masuk ke tubuh melalui gigitan nyamuk.
manfaat kina untuk malaria

Tanaman kina selain dapat digunakan untuk menangani malaria, ia juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan kram kaki yang parah dan muncul pada malam hari. Sebaiknya, Kina ini digunakan saat kram kaki muncul secara rutin dan metode pengobatan yang lain tidak juga efektif.

Tanaman kina memiliki bentuk yang perdu besar ataupun pohon kecil. Ia berasal dari daerah tropis yaitu Amerika Selatan. Tinggi tanaman kina dapat mencapai hingga setinggi 5—15 meter. Sebenarnya, yang dihgunakan untuk obat malaria yaitu kulit pohonnya. Hal ini karena dalam kulit kina berfungsi sebagai sumber dari berbagai jenis alkaloid. Senyawa yang terkenal yang ada pada tanaman kina salah satunya yaitu kuinina. Kuinina merupakan suatu senyawa antipiretik atau penawar demam yang sering digunakan untuk pengobatan malaria. Kulit kayu kina juga dapat dimanfaatkan untuk merangsang sekresi air liur dan juga getah lambung.

Tanaman kina memiliki jumlah spesies sebanyak 38 spesies yang berbeda. Beberapa kina yang banyak dibudidayakan yaitu jenis Cinchona officinalis dan Cinchona pubescens. Kedua spesies tersebut telah dibudidayakan dalam perkebunan. Untuk Cinchona officinalis dipakai hanya bagian batang bawahnya.

Manfaat Kina untuk Malaria

Kulit kayu kina dapat digunakan untuk mengobati malaria. Kulit kayu kina memiliki kandungan Kuinina yang efektif untuk mencegah serta mengendalikan gejala malaria. Kina juga membantu dalam meningkatkan nafsu makan, membantu pengeluaran cairan pencernaan, mengobati kembung, dan masalah perut lainnya.


Tanaman kina juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pembuluh darah termasuk wasir, varises, dan kram kaki. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengatasi influenza ringan, flu babi, flu biasa, malaria, dan demam. Kegunaan lain dari tanman kina yaitu untuk menyembuhkan penyakit kanker, mulut dan tenggorokan, pembesaran limpa, dan kram otot.

Mengonsumsi kina yang baik dan benar

Sebaiknya konsumsilah kina sesuai dengan anjuran dokter. Membaca keterangan pada kemasan prosuk kina juga perlu diperhatikan. Pastikan pada penderita malaria, mengonsumsi semua dosis yang sudah diresepkan oleh dokter walau kondisinya kesehatan sudah terasa membaik. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit malaria menjadi kahmbuh. Penderita malaria disarankan juga untuk menjalani tes darah setelah menyelesaikan masa penyembuhan.

Selama menggunakan produk dari tanaman kina, sebaiknya Anda juga tidak minuman-minuman keras dan juga minuman tonik. Karena pada minuman tonik biasanya sudah mengandung kina, sehingga berkemungkinan memicu overdosis. Sementara apada jenis minuman keras berpotensi memicu efek samping.

Keefektifan tanaman kina dalam mengatasi kram kaki, biasanya baru terasa pada saat penggunaan hingga satu bulan. Penderita kram dianjurkan untuk sedikit bersabar dan juga tetap menjalani pemeriksaan rutin guna memantau perkembangan kondisinya.

Untuk mengatasi penyakit malaria, pastikan ada interval atau jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis selanjutnya. Untuk pasien yang lupa mengonsumsi kina, sebaiknya disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat, ini jika jadwal dosis berikutnya relatif masih lama. Sedangkan untuk penderita kram kaki yang lupa mengonsumsi kina, sebaiknya untuk meminumnya kina pada malam yang berikutnya*.

* Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu selalu aman. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan berkonsultasi dengan apoteker, dokter atau profesional kesehatan sebelum menggunakan.

Efek samping penggunaan kina

Kulit kina sebenarnya akan bermanfaat bagi orang tertentu dan tidak semua orang. Karena jika dikonsumsi tidak benar (overdosis), kina dapat menyebabkan gejala-gejala seperti berikut ini.
– Mual
– Diare
– Sakit kepala
– Telinga berdenging
– Gangguan penglihatan
– pendarahan dan alergi
– gatal-gatal dan demam.

Peringatan penggunaan kina

  • Kina untuk wanita atau ibu hamil dan menyusui, kina tidak aman digunakan selama kehamilan. Namun kina tidak diketahui mengenai keamanan mengkonsumsi kina pada saat menyusui. Banyak dokter yang menyarankan untuk menghindari penggunaan dari kina saat menyusui.
  • Kina untuk borok pada perut atau usus, kina juga dapat meningkatkan risiko untuk mengalami perdarahan.
  • Kina untuk orang yang hanis bedah, kina dapat memperlambat pada pembekuan darah. Sehingga ia dapat meningkatkan risiko untuk perdarahan ekstra pada saat  dan setelah operasi.

Leave a Reply