Manfaat Kemiri Untuk Rambut Dan Juga Kesehatan

Posted on

Manfaat Kemiri Untuk Rambut dan Kesehatan – Kemiri memiliki nama latin Aleurites moluccana. Kemiri merupakan tumbuhan yang bijinya bisa dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan juga rempah-rempah. Tumbuhan kemiri masih sekerabat dengan tanaman singkong dan termasuk juga ke dalam suku Euphorbiaceae. Minyak ekstrak biji kemiri bermanfaat untuk industri yaitu digunakan sebagai bahan campuran untuk cat. Selain itu minyak kemiri untuk rambut juga sangat bermanfaat lho.

manfaat kemiri

Asal-usul kemiri tidak tahu dari mana datangnya. Namun, tanaman kemiri menyebar luas dari India dan Cina, Asia Tenggara dan termasuk Nusantara, hingga Polinesia serta Selandia Baru.

Kemiri memiliki pohon yang besar; dengan tinggi hingga 40 m dan gemang hingga 1,5 m. Pepagan berwarna abu-abu, dan sedikit kasar berlentisel. Daun muda, ranting, dan karangan bunganya terdapat rambut bintang yang berbentuk rapat, pendek, serta berwarna perak seperti mentega.

Minyak Kemiri Untuk Atasi Rambut Rontok

Menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok secara alami sebenarnya bukan hal yang baru, karena sejak dahulu nenek moyang bangsa Indonesia telah menggunakannya, tentunya dengan diolah secara alami. Hingga saat ini, kita masih sering menemui, terutama masyarakat di pedesaan yang telah berusia lanjut tetapi masih memiliki mahkota yang indah dan subur. Alleurites Mollucana atau kemiri memang bijinya mengandung 60 hingga 66% minyak yang diekstrak untuk dibuat minyak kemiri.

Khasiat Minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok

Minyak yang terkandung oleh kemiri dapat bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Minyak ini digunakan untuk perawatan tradisional mengatasi rambut rontok. Namun sebenarnya, manfaat kemiri juga ada yang lainnya. kemiri bermanfaat untuk menumbuhkan rambut yang kian menipis yang diakibatkan oleh efek kemoterapi, kemiri juga mampu untuk menghitamkan rambut dan mencegah uban, membuat rambut terlihat berkilau, memanjangkan rambut, serta  menghilangkan kepala dari ketombe.

Cara Menggunakan Kemiri Untuk Merawat Rambut

Kita cukup oleskan minyak kemiri di kulit kepala serta rambut dengan merata sebelum kita mencuci rambut. Sebaiknya diamkan sejenak hingga kira-kira setengah jam saja sebelum keramas. Kita juga bisa oleskan minyak kemiri ini untuk rambut sebelum akan tidur dan dibilas keesokan harinya dengan air hangat.

Khasiat minyak kemiri yang lain yaitu seperti menebalkan alis, jambang, kumis secara cepat. Caranya yaitu mudah, kita cukup mengoleskan dibagian tersebut secara teratur.


Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan

manfaat minyak kemiri
Kemiri Mampu Mengobati Diare
Khasiat kemiri juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit diare. Caranya cukup simpel yaitu gunakan 20 gram kulit batang kemiri segar, kemudian kita bersihkan. Tumbuk batang kemiri segar hingga halus. Selanjutnya, kita rebus dengan air sebanyak 600 cc. Tunggu hingga air berkurang menjadi 300 cc. Saring airnya, kemudian kita bisa meminumnya dua kali sehari (sekali minum 150 cc).

Kemiri Mampu Mengatasi Infeksi Jamur
Jamur bisa berkembang dimanapun, bisa di kulit tubuh anda bagian mana. Jamur memang tidak sangat berbahaya, namun jamur menyebabkan penderitanya tidak nyaman bahkan minder. Untuk mengatasinya, kita bisa mengguanakan minyak kemiri. Caranya yaitu cukup oleskan ke bagian yang terkena jamur.

Kemiri Mampu Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)
Minyak kemiri ini juga bisa membantu kita untuk melawan insomnia, sehingga kita bisa tidur lebih nyenyak. Kandungan melatonin di dalamnya mampu membuat kita rileks dan juga cepat tertidur.

Kemiri Mampu Mengobati Sariawan
Getah pohon kemiri bermanfaat juga untuk mengatasi sariawan di mulut. Untuk mendapatkan getah tersebut kita hanya perlu merobek kulit pohon kemiri dengan pisau. Selanjutnya kita tunggu hingga getahnya keluar. Sesudah getahnya kelar, kemudian kita ambil dengan kapas. Tambahkan sedikit santan kelapa (jika ada). Oleskan ke bagian mulut yang terkena sariawan.

Kemiri Mampu Mengobati Sakit Gigi
Sakit gigi bisa diobati dengan getah yang dihasilkan oleh pohon kemiri. Caranya yaitu, getah pohon kemiri campur dengan menggunakan kapas. Selanjutnya, tempelkan pada gigi yang terasa sakit. Biarkan hingga 10 menit, lalu buang dan ganti dengan yang baru.

Kemiri Mampu Atasi Susah buang air besar (sembelit) 
Untuk atasi susah buang air, kita gunakan 1 biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh adas.  Bahan-bahan tersebut kemudian kita haluskan bersama-sama. Rebus menggunakan air biasa sebanyak 800 cc. Dan nantinya kita sisakan 400 cc saja. Saring airnya, kita meminummnya 2 kali sehari (200 cc air per minum).

Kemiri Mampu Atasi Digigit Serangga
Manfaat kemiri yang lainnya yaitu sebagai obat atasi gigitan serangga. Caranya, ambilah 2 buah kemiri dan kunyit (seukuran jari kelingking). Kemudian dua bahan tersebut kita panggang, selanjutnya yaitu kita tumbuk sampai halus. Oleskan hasil tumbukan tersebut ke keseluruhan bagian tubuh yang gatal karena tergigit serangga.

Kemiri Mampu Mengatasi BAB Berdarah
Yang digunakan untuk obati BAB yang berdarah. Caranya yaitu sediakan 20gram kulit batang kemiri. Cuci hingga bersih. kemudian rebus kulit kemiri ke dalam 400 cc air. Rebus hingga air kira-kira tinggal setengah bagiannya (200 cc air). Selanjutnya bisa diminum selagi masih hangat.

Kemiri Bisa Digunakan Untuk Obat Gosok
Minyak kemiri juga bisa digunakan sebagai minyak gosok. Gunanya yaitu untuk menghilangkan rasa pegal dan juga masuk angin.

Kemiri Bisa Digunakan Untuk Obat Demam pada AnakCaranya yaitu, rebus 15 gram akar pulutan dan tambahkan pula beberapa tetes minya kemiri. Selanjutnya, air disaring kemudian bisa langsung diminum selagi hangat.

Leave a Reply