Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Posted on
Jengkol, jika mendengar kata jengkol, pasti ada yang menyambut gembira dan ada yang menyambutnya dengan kata anti. Rasa jengkol memang enak, namun setelah selesai kita memakannya, bau yang tak sedap akan menghampiri mulut dan kencing kita. Itulah dilema ketika kita mau makan jengkol ini.
manfaat jengkol

Namun tahukah anda mengenai manfaat jengkol? Jengkol diam-diam memiliki beribu manfaat. Jengkol memiliki tekstur yang empuk. Apalagi dimasak dengan cara disemur.

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Membantu proses pembentukan jaringan tubuh
Jengkol memiliki kandungan protein, ia berfungi untuk membentuk sel baru dan menggantikan sel tubuh yang telah rusak. Kacang hijau dan kedelai juga memiliki protein, namun protein yang ada di dalam jengkol lebih banyak dari kedua makanan tersebut.

Mencegah reisko terkena anemia
Selain protein, jengkol juga memiliki kandungan zat besi. Zat besi berfungsi dalam mengatasi serta mencegah terjadinya anemia. Ini karena zat besi berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Dan apabila tubuh kekurangan zat besi, maka tubuh berkurang dalam memproduksi sel darah merah. Kekurangan sel darah merah dapat membuat suplai oksigen tergangu. Ini dikarenakan oksigen yang ada diudara diangkut dan diikat oleh hemoglobin yang ada dalam sel darah merah. Lebih jauh lagi, kekurangan oksigen akan membuat tubuh akan mengalami penurunan kinerja dari sel. Sehingga akan merasa lelah dan lunglai.

Memperkuat tulang dan gigi
Kalsium merupakan salah satu zat yang berfungi dalam membantu memperkuat gigi dan tulan. Dan kandungan ini juga ada dalam jengkol. Selain itu adapula fosfor. Jadi jika ingin tulang yang tidak terkena osteoporosis dan gigi yang kuat, sering-seringlah mengkonsumsi jengkol ini.

Mengatasi radikal bebas
Jengkol juga mengandung berbagai zat antioksidan. Zat-zat tersebut yaitu vitaminA, B1, B2 dan C. Ketiga vitamin tersebut dapat menangkis makhluk organisme mikroskopis yang dapat merusak sel dalam tubuh. Antioksidan juga berguna dalam mengaasi dan mencegah kanker.


Mengatasi jantung koroner
Jengkol juga adalah makanan yang bersifat diuretic. Artinya pembuangan urine akan menjadi lancar. Air seni yang dibuang secara lancar adalah sangat baik bagi penderita jantung koroner.

Mampu membuat perut ramping
Ingin perut ramping? Dengan mengkosnumsi jengkol Anda akan mendapatkan perut yang lebih ramping. Ini karena jengkol mampu melancarkan proses buang air besar. Proses BAB yang bermasalah, ini akan membuat perut yang menjadi buncit.

Membantu dalam mencegah diabetes
Jengkol juga bisa digunakan untuk mencegah terjangkitnya penyakit diabetes. Ini karena di dalam jengkol terdapat asam jengkolat. Asam jengkolat merupakan kristal-kristal yang tidak bisa larut dalam air. Ini merupakan sifat diuretik yang tidak disarankan untuk orang dengan penyakit ginjal. Katrena dapat menyebabkan tidak dapat berhenti buang air.

Mengatasi masalah penyempitan pada pembuluh darah
Pasien dengan penyakit jantung akan mengalami penyempitan pada pembuluh darah. Hal ini dapat mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Namub dengan kandungan mineral yang ada pada jengkol ini akan memabntu mengatasi masalah ini.

Mengatasi sembelit untuk ibu hamil
Ibu hamil sering mengalami konstipasi atau yang biasa disebut sembelit. Ini terjadi karena dalam saluran pencernaan kekurangan serta. Nah pada jengkol ini terdapat kandungan serat. Sehingga ia akan melancarakan proses BAB.

Jengkol baik untuk menstabilkan organ-organ penting di dalam tubuh
Jengkol juga mengandung vitamin B6 dan asam folat. Zat-zat tersebut berfungsi untuk menstabilkan organ-organ penting.

Mampu membantu dalam mengontrol kadar gula darah
Jengkol juga berguna dalam mengontrol gula dalam darah. Sehingga ia juga bagus untuk penderita diabetes. Gula dalam jengkol merupakan, gula sederhana yang mudah diurai oleh tubuh.

Bermanfaat menjaga kesehatan jantung
Karena jengkol memiliki antioksidan di dalamnya, maka jengkol juga baik untuk jantung. Dengan adanya antioksidan, toksin jadi sulit masuk ke jantung.

Yang perlu diingat saat kita mau makan jengkol yaitu jangan berlebihan. Bagi Anda yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan ginjal disarankan jangan memakan jengkol. Konsumsilah jengkol sebanyak 3 sampai 10 gram saja untuk per harinya.

Leave a Reply