Manfaat Jambu Monyet Untuk Kesehatan

Posted on

Jambu monyet disebut juga jambu mede. Ia memiliki nama latin yaitu Anacardium occidentale. Jambu ini  merupakan jenis tanaman dari suku Anacardiaceae dan berasal dari negara Brasil. Walaupun pohon ini menghasilkan buah, namun yang paling terkenal darinya yaitu biji mede. Walau namanya menggunakan nama jambu, namun aslinya ia merupakan sejenis dengan mangga.

Jambu mede atau monyet ini memiliki pohon dengan ukuran sedang. Untuk tingginya dapat mencapai 12 m. Ia juga memiliki tajuk melebar dengan jumlah cabang yang banyak. Jambu ini juga memililki daun yang selalu hijau.

Daun-daunnya terletak ada di ujung-ujung ranting. Daunnya memiliki tangkai, berbentuk bundar lonjong, serta melekuk ke dalam.

Jambu monyet memiliki kandungan senyawa di bawah ini.

tanin, anacardic acid dan cardol – mereka bermanfaat untuk antibakteri dan antiseptik.
Kandungan dalam daun jambu monyet
  • vitamin A
  • vitamin C
  • kalori
  • protein
  • lemak
  • hidrat arang
  • kalsium
  • fosfor
  • besi
  • air
Inti tentu membuat si jambu monyet ini memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat.

Dengan mengkonsumsi buah jambu monyet kita akan terhindar dari serangan penyakit jantung. Buah ini memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C ini mampu hilangkan aterosklerosis. merupakan keadaan penebalan  arteri jantung . Penebalan ini mengakibatkan darah mengalir tidak lancar. Inilah penyebab dari serangan jantung yang mematikan itu.


Apa yang anda pikirkan tentang hipertensi atau tekanan darah? Ya, tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit berbahaya. Ia juga bisa menyebabkan kematian secara mendadak. Namun, menariknya, dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin, ia mampu mengurangi penyakit ini serta kerusakan jantung dan ginjal.

Vitamin C yang erkandung dalam buah jambu monyet ini ternyata juga bisa mengatasi asma. Penelitian yang dilakaukan baru-baru ini menyatakan bahwa penderitas asma memiliki jumlah vitamin C yang kurang. Dengan konsumsi buah ini tiap hari, ini dapat mengurangi sesak napas.

Vitamin C ini ternyata juga bisa melawan kanker, dan tentu dalam beberapa tahap. Selain itu, dengan vit c di dalamnya, dia juga dapat mengurangi efek kemoterapi (mual).

Selain mengandung vitamin C, jambu monyet juga memiliki vitamin A di dalamnya. Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin ini dapat bermanfaat untuk kesehatan mata. Rutin memakan jambu monyet dapat membantu dalam menyehatkan penglihatan mata.

Vitamin A juga merupakan salah satu vitamin dengan aktivitas antioksidan. Sehingga buah ini mampu mengatasi radikal bebas. Radikal bebas ini biasanya berasal dari reaksi oksidasi dalam tubuh maupun polusi udara dilingkungan.

Jambu monyet atau jambu mede ini juga mengandung zat besi. Zat besi ini sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Jika konsumsi secara rutin, ia mampu mengatasi anemia. Zat besi juga berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru menuju jaringan. Selain itu, ia juga berfungsi mengangkut elektron dalam proses pembentukan energi di sel.

Leave a Reply