Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia

Posted on
Manfaat Hutan Bagi Manusia – Siapa yang tak tahu kalau hutan merupakan paru-paru dunia. Di tempat yang bernama hutan inilah banyak makhluk hidup yang menjalani hidupnya. Disini tidak hanya tumbuhan saja yang ada di hutan. Bahkan banyak juga hewan atau flora yang menikmati kehidupan dengan bebas di hutan. Manfaat hutan bagi kehidupan juga dianggap sudah sebagai kebutuhan pokok dan sungguh tak ternilai harganya.
manfaat hutan bagi manusia

Hutan adalah paru-paru dunia yang memiliki peran penting. Tanpa keberadaan hutan sebagai paru-paru dunia, sudah pasti dunia ini akan merasa kepanasan. Ketersediaan air juga dipengaruhi oleh hutan. Hutan mampu menyimpan air yang banyak. Sehingga air tak langsung lolos menuju ke bawah.

Polusi udara yang terjadi di kota-kota baik itu kota biasa maupun industri juga akan terkurangi. Sehingga dengan berkurangnya polusi udara, maka sejumlah penyakit juga tak akan terjadi. Penyakit-penyakit tersebut pastinya akan berkaitan dengan pernafasan. Dengan produksi oksigen yang dilakukan oleh pepohonan, udara akan menjadi segar.

Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

Hutan bermanfaat sebagai penyerap serta penyimpan karbon

Hutan merupakan tempat hidup pepohonan. Diasana banyak pohon-pohon yang hidup. Pohon inilah yang berfungsi dalam menyerap CO2 atau Karbondioksida lalu memprosesnya dalam siklus fotosintesis. Karbon ini akan diubah menjadi glukosa atau karbohidrat, biasanya kalau tanaman tahunan akan menjadi selulosa. Sehinggadenagn ini,ia juga akan beguna dalam mengatur iklim pada permukaan bumi.

Hutan dapat digunakan untuk mengantungkan hidup


Banyak pekerjaan yang dilakukan. Begitu pula dihutan. Hutan adalah sumber kehidupan. Bahkan seringkali digunakan untuk ladang penghasilan. Diantaranya yaitu degan pemanfaatan kayu yang ada di hutan. Namun perlu diingat, penebangan harus dipilih dan diseleksi. Selain itu, perlu juga adanya penanaman kembali. Ini gunanya agar kelestarian hutan tetap terjaga.

Hutan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia

Benar sekali, hutan menyediakan kayu yang berlimpah. Kayu-kayu tersebut bisa kita manfaatkan untuk membuat berbagai peralatan ataupun furnitur. Selain itu karena ia menjadi tempat tinggal berbagai makhluk hidup. Sehingga hutan juga menyediakan berbagai makanan yang bisa kita makan. Selain itu huan juga menyediakan madu alami yang bisa diburu dan dipanen. Bahkan banyak juga tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan.

Hutan dapat menjadi habitat alami untuk hewan dan makhluk lainnya

Banyak hewan yang tinggal di hutan. Tentu saja ini karena dihutan tersedia banyak makanan yang dapat membuat hewan tetap hidup, bertahan dan tetap lestari. Makanya melestarikan hutan adalah hal yang wajib, selain dapat menyediakan oksigen, ia juga dapat melestarikan apa-apa saja yang ada di dalamnya.

Bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir

Hutan juga berfungsi dalam mencegah banjir. Kenapa? Ini bukan lain karena akar-akar pada tanaman yang ada di hutan. Akar ini mampu membuat tanah kuat dan anti longsor. Sehingga kita harus menjaga kelestariannya. Jangan biarkan masyarakat atau bahkan keliuarga Anda tertimpanya.

Sebagai sumber oksigen

Hutan menyediakan oksigen untuk kita. Oleh karena itulah, ia sering disebut dengan sebutan paru-paru dunia. Hal ini terjadi karena di hutan terdapat banyak tanaman ataupun pepohonan. Meraka akan melakukan fotosintesis setiap harinya. Dalam proses fotosintesis, tanaman akan membutuhkan air, unsur hara mineral dan cahaya yang kemudian akan menghasilkan oksigen dan karbohidrat.

Menyimpan sumber cadangan air

Akar-akar pepohonan selain menjaga tanah dari longsor karena banjir. Ia juga mampu membuat air bertahan di permukaan bumi. Jadi cadangan air terbanyakterdapat di hutan. Masihkah Anda ingin tetap merusak hutan?

Membantu mencegah erosi dan tanah longsor

Akar yang kuat akan merekatkan tanah. Ia juga akan menahan tanah dari longsor dan erosi. Pohon akan menguatkannya secara alami. Jadi jika ada perbukitan dengan kemiringan tertentu, ia harus ditanamai dengan pohon supaya tidak terjadi longsor.

Sebagai tempat wisata keluarga

Hutan merupakan salah satu tempat wisata yang menarik. Pesona alamnya sangat tinggi. Apalagi apabila hutan yang akan dikunjungi merupakan hutan yang sangat terawat.

Menjadi tempat riset dan studi biologi

Hutan juga memiliki beragam jenis satwa. Mereka bisa digunakan dalam studi riset dan juga keperluan studi lainnya. Hutan merupakan sumber studi yang sangat diminati bagi para pakar ekosistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *