Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Posted on
Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan – Donor darah merupakan salah satu kegiatan amal dan juga mampu membantu saudara kita yang membutuhkan darah segera. Donor darah dilakukan dengan rasa ikhlas tanpa pamrih. Apalagi kalau kerabat kita sendiri yang membutuhkannya. Apabila kita meminta darah dari PMI namun stok di PMI sedang kosong, maka biasanya akan dicarikan dari keluarga terdekat yang memiliki golongan darah yang sama.
Manfaat Donor Darah

Sebenarnya jika kalau mau meluhat lebih dalam, donor darah tidak hanya dapat menyelamatkan orang lain yang membutuhkan, namun manfaat donor darah juga akan dirasakan oleh pendonor. Hal ini sudah disepakati banyak orang, bahwa dengan melakukan donor darah, kualitas kesehatan pendonor akan meningkat dari yang sebelumnya.
 
Dalam kegiatan donor darah ini. Ada dua sebutan yaitu donor dan resipien. Donorer yaitu orang yang memberikan darah atau melakukan pendonoran darah. Sedangkan untuk resipien yaitu orang yang menerima darah.
 
Donor Darah Bagi Penerima
 
Bagi penerima donor darah tentu dia bisa tertolong hidupnya. Transfusi darah seperti ini dapat dilakukan untuk beberapa kasus, misalnya seperti :
 
Korban kecelakaan yang kehilangan darah berlebihan
penderita demam berdarah
Para penderita talasemia mayor
Pasien yang penderita penyakit yang diwajibkan untuk menjalani operasi besar
Pendarahan besar pada saat ibu hamil mau melahirkan
 
Untuk talasemia mayor merupakan  penyakit yang sebenarnya terbilang cukup langka. Talasemia mayor dapat menyebabkan pasiennya tidak dapat memproduksi haemoglobin di dalam tubuh secara mandiri. Umumnya para pengidap talasemia mayor akan mengidapnya mulai dari lahir. Hal inilah yang menjadikan talasemia mayor sebagai penyakit seumur hidup. Jadi para penderitanya akan memerlukan transfusi darah secara berkala.
 
Dengan Mendonorkan Darah Kita Menyelamatkan Nyawa Orang Lain
 
Dengan mendonorkan  darah Anda, ini akan sangat membantu dalam menyelamatkan nyawa orang lain yang sedang membutuhkan donor darah. Selain bermanfaat bagi resipien, donor darah juga bermanfaat bagi si pendonor. Berikut ini telah kami rangkumkan untuk Anda semuanya.
 
Manfaat Donor Darah Bagi kesehatan


Mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis
Sebelum seorang pendonor mendonorkan darahnya, pendonor akan diperiksa berat badan, tekanan darah, frekuensi nadi, kadar hemoglobin, dan pemeriksaan oleh dokter. Halo ini pasti menguntungkan untuk pendonor bukan? Dengan pemeriksaan ini kesehatan kita akan selalu terpantu. Dan lebih lagi, pemeriksaan ini gratis.
 
Menjadikan jantung lebih sehat
Manfaat yang selanjutnya, dengan melakukan donor darah, pendonor akan memiliki risiko yang lebih kecil terhadap penyakit jantung. Pernyataan ini sudah dibuktikan melalui uji ilmiah oleh American Journal of Epidemiology. Mereka menyatakan bahwa pendonor darah memiliki 88% kemungkinan lebih kecil untuk terkena serangan jantung. Selain itu pendonor darah juga akan memiliki 33% lebih kecil resiko kemungkinan akan menderita jenis penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.
 
Donor darah bermanfaat untuk menurunkan level iron
Seseorang yang mendonorkan darah untuk orang lain dapat menurunkan kadar zat besi dalam tubuh. Dengan turunnya tingkat zat besi dalam tubuh dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan tingginya kadar besi yang dimiliki oleh seseorang dapat menimbulkan potensi terkena penyakit kardiovaskular. Hal ini dikarenakan zat besi mampu mempercepat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh. Ia dapat merusak arteri sehingga mempermudah terjadinya penyakit aterosklerosis.
 
Menurunkan risiko terkena kanker
Donor darah yang dilakukan secara konsisten dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker. Penyakit kanker tersebut diantaranya yaitu kanker hati, paru-paru, usus besar, lambung dan juga kanker tenggorokan. Dengan melakukan donor darah, tingkat risiko menurun akan menurun dengan sering menjadi pendonor darah.
 
Membantu dalam memperbarui sel-sel darah
Dengan seseorang mendonorkan darah untuk orang lain, dalam waktu 48 jam setelah donor tubuh akan membuat sel-sel darah yang baru untuk menggantikan darah yang didonorkan. Dan semua sel darah merah akan benar-benar diganti dalam empat hingga delapan minggu. Dalam proses pembentukan sel-sel darah merah yang baru inilah yang akan membantu tubuh supaya tetap dalam kondisi sehat dan dapat bekerja lebih efisien serta lebih produktif.
 
 
Manfaat donor darah untuk membantu proses pembakaran kalori
menurut University of California, San Diego, seseorang akan membakar sekitar 650 kalori untuk satu kali sumbangan dari satu pint (500ml) darah. Untuk pendonor darah yang rutin melakukan donor darah, ia akan kehilangan berat badan, namun ini bukanlah sebuah cara untuk program penurunan berat badan.
 
Pemeriksaan Analisis Darah Gratis
Pada saat seseorang mendonorkan darahnya, darah tersebut akan diperiksa oleh pihak yang berwenang. Hal-hal yang akan diperiksa di laboratorium yaitu seperti pengujian sifilis, HIV, hepatitis, dan penyakit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *