Manfaat Delima Putih dari Daun Hingga Akarnya

Posted on

Manfaat Delima PutihDalam dunia pengobatan turun-temurun di bali, delima putih (punica granatum l) memiliki perhatian penting, alasannya yaitu karena ia merupakan buah yang memiliki kegunaan yang istimewa. Oleh karena itu, orang acap kali  secara khusus berkeinginan untuk menanam tanaman delima putih.

Buah delima putih disebutkan memiliki kegunaan sejuk (tis). Buah ini mampu dipergunakan untuk obat penyakit perut dan tekanan darah rendah, badan terasa letih atau lesu serta kelelahan. Cara meraciknya, buah delima putih itu dihancurkan dengan cara ditumbuk, selanjutnbya diisi dengan kuning telur ayam hitam, madu, temu tis tiga iris. Ramuan inilah yang setelah itu diminum sebagai obat jamu.

 Manfaat Delima putih

Delima putih juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit cacing pita dan juga impotensi. Untuk menyembuhkan cacing pita, yang dicari merupakan akar delima putih dilengkapi dengan bawang putih. Cara pengolahannya yaitu dengan digerus halus, kemudian ditambah dengan air, setelah itu kemudian disaring. Jadilah ramuan jamu yang selanjutnya bisa diminum. Sementara untuk menyembuhkan impotensi, yang dimanfaatkan merupakan buah delima putih yang sudah masak. Bahan lainnya yaitu buah kelapa belia mulung, ketan gajih, gula menggala (bisa pula menggunakan gula aren), gula sari, gula pasir dan madu. Untuk cara pengolahannya, perasan buah delima, daging kelapa, ketan gajih direndam,  seluruh gula direbus, semuanya diaduk, dan digerus hingga halus. Hasil olahan itu dijadikan jamu.

Akan tetapi, untuk meracik obat-obat mirip disebutkan tadi, tidaklah cukup dengan pengetahuan yang terbatas semacam ini. Bagaimana pun, mirip layaknya di dunia medis, konsultasi kepada orang yang memang memiliki komptensi di bidang pengobatan tradisional wajib dilsayakan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari risiko atau setidaknya kegagalan dalam pengobatan.

Delima putih digolongkan dalam habitus perdu. Ia memiliki batang berkayu dengan lingkaran duri. Daunnya berjumlah tunggal dengan bentuk lanset. Selain itu begitu pula bunganya yaitu tunggal. Delima putih dapat tumbuh dengan baik pada kawasan dataran rendah sampai ketinggian 200 mdpl. Delima putih lebih optimal tumbuh pada tanah yang gembur dan dengan suhu 25-30°c serta kelembaban udara 70-90 persen. Selain delima putih, ada tiga jenis buah delima lainnya yakni delima merah, delima hitam serta delima wanta.

Manfaat delima putih

1. Mengatasi sukar tidur (insomnia)
Untuk mengatasi masalah insomnia kita bisa mengobati dengan meminum ramuan yang terbuat dari tumbukan daun delima sebanyak 3 gr . Kemudian tumbukan kita rebus dengan 200 ml air bersih. Biarkan hingga air terseisa sampai tinggal ¼ nya saja. Minum ramuan tersebut seketika sebelum tidur.

2. Menyembuhkan penyakit perut
Salah satu kegunaan daun delima ialah untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan meminum teh daun delima untuk menyembuhkan penyakit perut.


3. Menyembuhkan disentri
Dengan memakan jus yang dibuat dari daun delima. Namun untuk pembuatan jus ini, daun delima ini dikombinasikan dengan dengan buahnya. Sehingga ia mampu membantu menyembuhkan disentri maupun infeksi pencernaan. Hal ini terjadi  disebabkan oleh sifat anti bakteri dalam komposisi kandungan tanaman ini.

4. Menyembuhkan penyakit kuning
Kegunaan daun delima bubuk yaitu mampu meringankan tanda-tanda penyakit kuning. 

Caranya :
Pertama, siapkan kurang lebih 3 gram bubuk dari tumbukan daun delima
Kemudian rebus daunnya sampai tersisa airnya saja
Minum rebusan sampai dua kali sehari

Penyakit kuning merupakan sejenis penyakit yang terjadi yang karena adanya penumpukan bilirubin di darah maupun jaringan tubuh lainnya.

5. Menyembuhkan eksim
Eksim atau biasa disebut eksema merupakan peradangan yang menyebabkan lepuh pada kulit. Cara alami menyembuhkan gangguan ini ialah dengan menempelkan hasil tumbukan daun delima pada tempat yang melepuh. 

6. Menyembuhkan batuk
Khasiat yang lain dari daun delima ialah untuk menyembuhkan batuk. Caranya yaitu dengan meminum hasil rebusan daun delima yang telah dikeringkan sebelumnya, campur dengan tunas daun serta lada hitam. Setelah kita saring dan air menjadi hangat, segeralah untuk meminumnya.

7. Menyembuhkan rektum prolap
Gangguan rektum mampu diatasi dengan berendam dengan air rebusan daun delima. Daun delima yang telah dicampur dengan sedikit tawas selanjutnya disaring. Atau dapat pula diterapkan dengan cara membasuhkan air rebusan ini, di anus saja.

8. Menyembuhkan sariawan
Sariawan merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada bibir, maupun pengecap. Gejala-gejalanya ialah dengan adanya luka pada tempat tersebut yang terasa sakit serta nyeri ketika tersentuh oleh makanan ataupun organ mulut lainnya. Cara alami untuk mengatasinya ialah dengan rajin berkumur dengan air hasil rebusan daun delima ini.

9. Menyembuhkan gangguan pada indera pendengaran
Cara mengatasi gangguan indera pendengaran dengan daun delima yaitu sebagai berikut

Tumbuk sejumlah lembar daun delima
Sangrai dengan minyak wijen
Setelah ramuan telah jadi, tempelkan pada indera pendengaran

10. Mengatasi keriput kulit keriput merupakan salah satu tanda terjadinya proses penuaan. Kita bisa atau dapat melakukan pencegahan hal tersebut dengan alami dengan daun delima, menariknya ia tanpa efek samping. Sehingga anda tak perlu was-was. Caranya yaitu

Rebus daun delima yang telah ditumbuk sampai menjadi minyak
Saat merebus kita gunakan api dengan level sedang sampai sepenuhnya air menguap
Tempelkan ramuan yang telah kita buat tersebut sebagai minyak pijit pada kulit yang mengalami keriput.

11. Menyembuhkan gangguan mata mirip konjungtivitis
Cara pengobatan gangguan konjungtivitis secara alami ialah dengan menerapkan hasil tumbukan daun delima, yang telah berbentuk pasta ke tempat mata.

12. Menurunkan obesitas
Delima juga bisa menurunkan berat badan. Ekstrak daun delima mampu berguna manfaat untuk mengurangi semangat makan. Hal ini mampu dijadikan ramuan alternatif dalam untuk ritual diet. 

13. Peluruh haid
Caranya ialah dengan meminum ramuan dari daun delima yang telah direbus dengan setengah gelas air panas. Minum selama 5 hari secara kontinyu.

Leave a Reply