Manfaat Delima Putih Bagi Ibu Hamil

Posted on

Buah delima untuk ibu hamil dan janinnya memiliki manfaat dan kegunaan yang penting. Seorang wanita harus menjaga kondisi kesehatan saat hamil. Karena kehamila adalah salah satu kabah yang paling membagikan baik bagi sang suami istri maupun keluarga terdekatnya. Pada saat mengalami kehamilan, seorang wanita harus mengkonsumsi makanan yang bergizi. Sehingga janin di dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang cukup. Sehingga janin pada rahim memiliki pertumbuhan dan perkembangan kesehatan yang baik.

Manfaat Delima Putih Bagi Ibu Hamil

Karbohidrat, protein, dan vitamin memang penting. Namun apakah cukup hanya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat tersebut. Ibu hamil juga masih membutuhkan zat-zat penting selain kandungan tersebut pada sebuah makanan. Salah satu makanan yang  baik untuk ibu hamil yaitu buah delima putih. Di dalam delima putih memiliki beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh, diantaranya yaitu flavonoid berupa antosianin, asam sitrat, asam folik, asam malat, gula buah, vitamin C, B6, A dan E, kalsium, fosfor, dan besi.

Manfaat Buah Delima Putih Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengkonsumsi buah delima putih akan memiliki kesehatan yang baik. Tidak hanya ibunya saja, namun juga bayi yang ada di dalam kandungan. Buah delima putih dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit. Ia juga bisa menghindarkan kulit dari jerawat, membuat kulit menjadi halus, nampak cerah dan melembabkan kulit. Manfaat lain untuk ibu yang sedang hamil yaitu seperti menghindarkan berbagai macam penyakit, seperti mencegah terjadinya kanker, dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, menurunkan berat badan, mampu atasi pembengkakan, mencegah anemia, dapat meningkatkan kesehatan mata pada ibu dan janin, dapat melancarkan metabolisme dan masih banyak lainnya.

Delima putih baik bagi perkembangan otak pada janin
Ibu hamil atau bumil memerlukan nutrisi yang banyak untuk menjaga kesehatannya sendiri danjuga janin yang sedang dikandungnya. Asam folat yang terkandung didalamnya dapat bermanfaat untuk mencegah cacat pada tabung syaraf yang dapat mengakibatkan kerusakan pada tulang belakang janin. Delima putih juga bisa mencegah bibir sumbing, kerusakan sel otak, tumor dan kelahiran premature.


Mampu meningkatkan sistem imun si ibu dan bayinya
Vitamin C juga merupakan salah satu zat yang berperan penting dalam tubuh. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga Delima ini dapat berperan dalam melindungi tubuh dan menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga berguna dalam mengoptimalkan penyerapan zat besi.

Membantu pembentukan tulang dan gigi bayi
Mineral dalam delima putih seperti kalsium, dan fosfor dapat membantu dalam proses pembentukan jaringan keras seperti kuku, tulang serta gigi. Zat ini juga penting agar bayi tidak mengalami kelainan tulang dan giginya.

Mengatasi masalah dehidrasi
Dehidrasi bisa disebut juga kehabisan atau kekurangan cairan. Dengan adanya natrium di dalam buah delima, masalah dehidrasi bisa diatasi. Karena ia berperan dalam menyeimbangkan zat asam dalam tubuh kita. Apabila bumil mengalami dehidrasi maka bisa mengakibatkan hal buruk pada kandungan.

Membantu dalam menghindari peradangan
Antioksidan yang tinggi juga dapat berperan dalam mencegah peradangan. Manfaat ini sering dikaitkan sengan anti-inflamasi.

Mengatasi pendarahan pada saat melahirkan
Setiap bumil yang akan melahirkan pasti ada resiko untuk mengalami pendarahan. Pendarahan pada saat melahirkan dapat membuat si ibu atau bayihingga mengalami kematian. Untuk mengatasi hal tersebut bisa juga dengan cara mengkonsumsi buah delima putih ini. Karena di dalamnya juga mengandung zat besi.

Mencegah kram kaki
Karena beratnya kandungan, ibu hamil juga dapat mengalami kram pada kaki. Biasanya kram akan terjadi saat usia kandungan sudah 7 bulanan. Ini tentu akan membuat wanita hamil menjadi tidak nyaman. Konsumsilah buah ini, karena buah ini sangat baik untuk kehamilan. Karena kandungan zat kalium, ia dapat membuat pembengkakan menjadi reda. Sehingga ibu hamil akan lebih leluasa.

Membantu proses penyembuhan luka
Pada saat melahirkan anak, dimungkinkan juga akan terjadi luka. Untuk mempercepat sembuhnya luka, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi delima ini. Dibandingkan dengan tidak mengkonsumsi buah delima ptuih, cara ini lebih cepat dalam proses penyembuhan luka.

Cara Mengolah Delima Putih Untuk Ibu Hamil
Cara mengolah dari buah delima putih sangat mudah. Anda bisa membuatnya menjadi jus buah, bisa juga secara langsung tanpa pengolahan. Konsumsilah buah delima kurang lebih 2 buah per harinya.

Leave a Reply