Manfaat Delima Hitam Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Delima Hitam – Sebelumnya kita telah membahas seputar manfaat delima putih. Kali ini kita akan membahas saudaranya yaitu delima hitam.

Sebenarnya ada tiga jenis delima yang tersebar di indonesia, delima dikelompokkan berdasarkan warna buahnya. Jenis-jenis buah delima yaitu delima putih, delima merah, dan delima hitam. dari ketiga jenis itu, yang terkenal yaitu delima merah. Delima merah kerapkali ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias, sekaligus untuk dimakan buahnya. Sayangnya delima merah memiliki rasa yang sepat dan kurang manis.

manfaat delima hitam

Delima hitam ketika masih kecil buahnya berwarna hitam mirip sudah busuk. Namun apabila sudah besar, warnanya hitam kemerah-merahan. Meski demikian, delima hitam tersebut memiliki rasa yang tidak kalah dengan delima lainnya. Ia juga memiliki rasa manis.


Delima ini memiliki warna merah muda pada bagian daging buahnya, pada tengahnya ada bercak merah. Namun ia memiliki rasa yang lebih manis dibanding dengan delima biasa. Bentuk buahnya sendiri tidak berbeda dengan delima lainnya. begitu pula dengan pohonnya.

Delima biasa ditanam untuk pengisi pekarangan. Namun hingga saat ini belum ada orang yang mau mengebunkannya secara khusus di indonesia.

Delima dilindungi oleh kulitnya yang tebal. Ini bertujuan untuk menyimpan isinya dengan mutu yang baik. Manfaat buah delima hitam  yaitu bisa untukkesehatan kulit dan obat herbal alami. Ia merupakan obat herbal dari tanaman obat terbaik, ia mampu menyembuhkan sakit kronis dengan obat herbal alami, menjadi obat terapi serta pengobatan tradisional. Delima hitam ini juga mampu membantu memelihara daya tahan tubuh, mencegah sakit kanker, memelihara kesehatan kardiovaskuler, menurunkan kolesterol dalam darah.

Delima hitam kini menjadi tanaman langka yang tidak dikenal secara luas. padahal, menurut ahli, delima hitam memilki lebih baik khasiatnya dibandingkan dengan delima putih.

Delima sebenarnya merupakan tumbuhan asli persia dan kawasan himalaya di india selatan. DAn menurut ceritera, pharaoh tuthmosis membawanya ke mesir pada tahun 1500 SM. Dari sinilah, delima menyebar ke afrika, asia, eropa dan amerika. Dan tanaman ini masuk ke indonesia karena dibawa para pedagang dari persia pada tahun 1416.

Sekian artikel mengenai manfaat buah delima hitam. Salam sehat!

Leave a Reply