Manfaat Daun Teh Yang Harus Kita Ketahui

Posted on
Manfaat Daun Teh – Teh merupakan minuman yang di dalamnya terdapat kafein, sebuah infusi yang dihasilkan dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh terbagi jadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Kata-kata “teh” juga dipakai untuk minuman lain yang dibuat bisa dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, contohnya, teh rosehip, camomile, krisan dan jiaogulan.

manfaat daun teh

Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh kalau diminum terasa sedikit pahit. Ini adalah kenikmatan tersendiri dari teh.

Teh Bunga
Teh bunga merupakan perpaduan kuncup bunga melati. Ia disebut pula dengan teh melati atau teh wangi melati merupakan jenis teh yang paling terkenal di indonesia. Konsumsi teh di indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun indonesia merupakan negara pembuat teh terbesar nomor lima di dunia.

Teh putih
Teh ini tidak mengalami proses oksidasi. Proses pengeringan dan penguapan juga dilsayakan dengan sangat singkat. Dibandingkan jenis lain, teh ini dipembuatan dalam jumlah yang sedikit sesampai harganya tergolong mahal. Teh ini jarang ditemui diluar cina. Terkenal dengan kualitasnya alasannya merupakan membisubil dari pucuk teh terbaik.

Teh hitam
Teh hitam dibuat dengan mengalami fermentasi yang paling lama jika dibanding teh lainnya. Waktunya yaitu antara 2 minggu sampai 1 bulan. Inilah yang membuat warnanya sangat pekat dan aromanya begitu tangguh. Teh ini paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia, terutama inggris.

Teh hijau

Teh hijau tidak mengalami peroses oksidasi, namun melewati pengeringan dan penguapan yang lebih lama dibanding teh putih. Biasanya, mulai diolah setelah dipanen satu atau dua hari selanjutnya.
Teh kuning
Proses pengolahannya tidak jauh berbeda dengan teh hijau dan nilai sebagai teh yang bermutu tinggi.

Teh oolong
Teh ini tidak menjalani proses oksidasi sampai tuntas alasannya merupakan segera dihentikan dipertengahan jalan.

Kandungan zat dalam daun teh:

Teh di dalamnya terdapat banyak sekali zat yang berkhasiat bagi orang yang mengonsumsinya. Berikut ini zat-zat yang terkandung didalam teh.


Vitamin k
Dalam proses pembuatan teh, vitamin c dan e banyak hilang. Namun, teh ternyata memiliki vitamin k yang tinggi.

Mineral
Di dalam teh terdapat sejumlah mineral yang menyehatkan bagi tubuh insan.
Polifenol
Merupakan salah satu jenis antioksidan yang lebih efektif 100 kali lipat dibanding vitamin c.
Essential oil
Teh di dalamnya terdapat protein yang berperan dalam membentuk aroma serta berkhasiat untuk melarutkan lemak.

Kafein
Jumlah kafein di dalam teh tidak sebanyak kopi dan berkhasiat mempelancar aliran darah ke otak.

Fluorinspirasi
Fluorinspirasi merupakan zat yang berperan untuk mempertangguh tulang dan gigi.

Glutamic acid
Zat yang terkandung didalam teh dan dapat memberi efek menenangkan setelah diminum.

Khasiat dan manfaat dari dan teh : 
Berikut adalah beberapa manfaat dari daun teh yang telah kami rangkum.

1. Manfaat daun teh menghindari resiko kebotakan
kebotakan pada umumnya di alasannya merupakankan oleh kerontokan rambut secara terus menerus yang di karenakan akar atau batang rambut kurang sehat. di sini peran teh hijau dalam menghindari resiko kebotakan merupakan karena zat yang terdapat pada teh hijau dapat membuat rambut kita terus tumbuh, dan berregenerasi.
2. Manfaat daun teh menjaga kesehatan kulit
teh hijau dapat berfungsi menjaga kesehatan kulit secara alami. hal tersebut di karenakan teh hijau dapat melindung kulit kita dari sengatan sinar ultraviolet sesampai secara tidak eksklusif dengan tak jarang memakan teh hijau dapat membuat kita terhindar dari sakit kanker kulit. selain dapat mencegah sakit kanker kulit, teh hijau juga terbukti bisa membuat kulit kita tidak cepat keriput
3. Manfaat daun teh menghilangkan jerawat pada wajah
jerawat pada umumnya di alasannya merupakankan oleh kotoran atau minyak yang menempel pada kulit sesampai membuat pori-pori kulit tertutup. kotoran, dan minyak yang menempel pada pori-pori tersebut dapat di bersihkan dengan memakan teh hijau secara teratur, karena pada teh hijau terdapat zat antioksidan.
4. Manfaat daun teh mencegah sakit diabetes
teh hijau memiliki kebisaan untuk mengatur komposisi kadar gula dalam darah. bagi para penderita diabetes sangat di sarankan untuk tak jarang-tak jarang memakan teh hijau.
5. Manfaat daun teh sebagai minuman penurun berat badan (untuk diet)
teh hijau sudah terbukti mampu untuk mengurangi penyerapamn lemak dalam tubuh sesampai secara otomatis jumlah lebak pada tubuh akan berkurang. selain itu pada teh hijau juga terdapat ketekin polifenol yang menyebabkan intensitas pembakaran lemak.

Sekian artikel manfaat daun teh kali ini. Salam seputar manfaat! stay tune.

Leave a Reply