Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Posted on
Sirih merah termasuk kedalam jenis tanaman sirih dengan daun berwarna merah. Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman herbal. Sirih bisa digunakan orang untuk menginang. Manfaat sirih merah ini amatlah banyak. Tidak hanya penyakit ringan saja yang dapat diobati oleh tnaman ini, namun penyakit yang lebih berat juga bisa. Mulai dari mengatasi mimisan hingga mengobati penyakit diabetes. Bagaimana bisa daun sirih merah ini sangat bermanfaat? Baca tulisan selanjutnya.

Manfaat Daun Sirih Merah

Kita kenalan dahulu dengan tanaman yang satu ini. Tanaman sirih merah merupakan salah satu tanaman yang merambat dan bersandar pada inang atau tanaman lainnya. Tak hanya daunnya saja yang bisa dimanfaatkan, tanaman ini juga memiliki buah yang juga bisa dimakan. Daun dan buah dicampur dengan gambir, kapur dan pinang.

Memang orang terdahulu lebih peka dengan alam. Tanpa sebuah riset dan penelitian saja, orang dahulu sudah tau tanaman apa saja yang bermanfaat bagi mereka. Dan kini sudah dibuktikan oleh orang masa kini dengan sebuah penelitian. 
Keraton Yogyakarta pada khususnya memang sudah menggunakan daun sirih merah sejak lama. Ia banyak digunakan dalam mengobatai berbagai penyakit. Daun sirih ini diyakini mampu mengobati penyakit ambeien, keputihan dan obat kumur. Dalam daun sirih merah ini mengandung sebuah zat yang bernama alkaloid, ia berfungsisebgau anti mikroba.
Manfaat daun sirih merah amat banyak. Ini karen dia memang mengandung banyak zat yang berguna. Zat-zat tersebut yaitu diantaranya  seskuiterpen, pati, diastase, minyak terbang (betiephenol), gula , zat samak, kavikol, aktioksidasi,fungisida, anti jamur. Kavikol merupakan zat yang berguna dalam membunuh kuman.


Daun sirih merah juga mengandung minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Kandungannya ini lah yang membuatnya banyak memiliki manfaat dan kegunaan. Salah satu kandungan yang ada pada daun sirih merah yaitu eugenol, eugenol memiliki fungsi untuk mengurangi rasa sakit. Ada juga tanin, ia digunakan untuk menyembuhkan sakit perut.

Sebagai antiseptik, daun sirih merah dapat digunakan untuk mencegah keputihan dan juga menjaga oragan kewanitaan. Caranya kita rebus beberapa lembar daun sirih merah. Kita gunakan air rebusannya untuk membilas organ kewanitaan. Ia berguna juga menghilangkan bau yang tak sedap. Termasuk juga bau yang tak sedap pada mulut.

Seperti yang sudah diketahui, manfaat daun sirih merah ini juga sudah digunakan bertahun-tahun. Tanaman sirih merah ini diyakini dalam mengatasi ambeien, anti bakteri dan ikroba dan obat kumur. Untuk menggunakan manfaat daun sirih merah ini yaitu dengan merebusnya. Kalau bisa minum secara rutin. Daun sirih akan memilikoi warna yang hitam dan memiliki rasa pahit.

Manfaat daun sirih merah yang lainnya yaitu untuk mengatasi diabetes. Ini karena dia mampu menurunkan kadar gula darah. Sehingga menjadi normal. Ahli pengobatan juga banyak menggunakan sirih merah ini. Daun sirih merah ini mengandung alko-koloid dan flavonoid. Kedua senyawa tersebut memiliki aktivitas hipoglikemik. Hipoglinemik yaitu penurun kadar glukosa dalam darah.

Mengobati ketika mimisan
Sirih merah mengandung senyawa fenil popada dan terpen. Kedua zat ini berfungsi membantu menghentikan darah yang keluar saat mimisan. Caranya ambil daun sirih satu embar, kemudian gulung. Sumpalkan pada hidung yang sedang mimisan.

Mengboati sariawan
Daun sirih mengandung vitamin C dan antiseptik. Sudah kita ketahui, zat tersebut merupakan zat yang ampuh untuk mengatasi sakit sariawan. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, kita hanya perlu mengunyah daun sirih merah tersebut. Kita kunyah selama sepuluh menit saja, lalu bisa kita bung. Kita mengunya daun sirih dua kali sehari.

Mengatasi luka bakar
Jika terkena luka bakar, maka kita akan membutuhkan beberapa senyawa seperti vitamin C, antioksidan dan alkaloid.

Leave a Reply