Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on
Manfaat Daun Pepaya – Siapa yang tak tahu dengan pepaya. Mungkin hampir semua orang sudah pernah memakannya. Dan bahkan mungkin sudah sering dan suka makan buah pepaya. Namun tidaklah salah. Buah ini dapat memperlancar proses pembuangan sisa metabolisme. Pepaya merupakan suatu tanaman yang dapat hidup di daerah iklim tropis. Mula-lmulanya, ia berasal dari negara Meksiko dan juga Amerika Selatan.
Buah pepaya ini juga mudah ditemui dimanapun. Baik di pasar tradisional, toko buah maupun supermarket. Selain itu harga jual dari pepaya juga relatif murah. Namun tahukah kamu mengenai manfaat daun pepaya? Kali ini kami akan membeberkannya kepada kamu-kamu semua.
Daun pepaya sudah diketahui bahwa ternyata ia mengandung beberapa macam senyawa aktif yang memiliki bermanfaat sangat baik untuk tubuh. Para pakar peneliti mengemukakan bahwa daun pepaya yang berasa pahit, ternyata ia mengandung sejumlah senyawa aktif yang sangat baik bagi tubuh.
Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Kandungan Daun Pepaya

Kandungan daun pepaya tak kalah dengan kandungan daun-daun lainya. Berikut kandungan daun pepaya,

Vitamin B1 0,15 mg
Vitamin A 18250 SI
vitamin C 140 mg
protein 8,0 gram
kalori 79 kal
lemak 2 gram
kalsium 353 mg
hidrat Arang 11,9 gram
besi 0,8 mg
fosfor 63 mg
air 75,4 gram
kautsuk, paparotin, karposit, karpain, enzim Papain dan lain-lain.

MANFAAT DAUN PEPAYA

Namun rasa pahit pada daun pepaya ternyata memiliki bermacam-macam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan ulasan mengenai manfaat daun pepaya untuk kesehatan, berikut silahkan artikelnya.

Daun pepaya untuk atasi masalah jerawat

Daun pepaya merupakan salah satu obat tradisional. Ini karena daun pepaya ini ternyata sudah lama digunakan oleh nenk moyang kita. Ia mampu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Nah, jika Kamu memiliki maslah jerawat muncul di wajah halus yang Kamu miliki, daun pepaya adalah salah satu cara atau metode alternatifnya.

Cara menggunakan daun pepaya untuk mengatasi masalah jerawat yaitu, pertama siapkan 2 atau 3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Kemudian kita jemur sebentar saja dan kemudian tumbuk hingga  halus. Selanjutnya yaitu tambahkan air sebanyaj satu setengah sendok saja. Oleskan ramuan daun pepaya ke bagian wajah yang berjerawat. Caranya ini seperti memakai masker. Terakhir biarkan untuk beberapa saat, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

Bermandaat sebagai obat demam berdarah

Kalau manfaat daun pepaya untuk demam berdarah ini sudah terkenal sejak dulu. Daun pepaya ini baik untuk dikonsumsi bagi orang yang mengalami gejala demam berdarah atau menderita sakit demam berdarah. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki kandungan yang dapat mengobati dan  menetralkan gejala demam berdarah.


Cara membuat ramuan obat herbal daun pepaya untuk mengatasi demam berdarah pun cukup mudah. Untuk membuat ramuan kita membutuhkan beberapa bahan,
yaitu lima lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Campurkan semuanya kemudian rebus hingga masak. Terakhir dinginkan dan saring. kemudian bisa diminum.

Manfaat daun pepaya untuk anti kanker

Batang dan daun pepaya dikatakan memiliki getah yang berwarna putih susu. Getah putih ini dalam bahasa latin disebut sebagai white milky latex. Getah inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai obat antikanker. Menurut situs kesehatan Journal Society of Biology, getah dari pohon pepaya sudah langsung kita peroleh jika kita makan daun pepayanya saja. Kita dapat mengkonsumsi daun pepaya dalam bentuk olahan matang dengan beragam olahan.

Manfaat daun pepaya untuk pencernaan

Walau terasa pahit, daun pepaya juga bagus untuk percernaan lho. Namun jika dengan pengolahan yang tepat, rasa pahit pada daun pepaya ini dapat dihilangkan. Kenapa daun pepaya bagus untuk pencernaan? Ini karena di dalam kandungan daun pepaya terdapat suatu zat yang bernama karpain. Zat kapain merupakan sejenis zat kimia yang berguna dalam membantu membasmi mikroorganisme yang mengganggu pencernaan.

Daun pepaya dapat menambah nafsu makan

Selain terkenal untuk atasi penyakit demam berdarah, daun pepaya ini juga dikenal untuk ramuan penambah nafsu makan. Cara membuat ramuan penambah nafsu makan dari pepaya cukup mudah. pertama siapkan beberapa lembar daun pepaya yang masih segar, kemudian siapkan juga sedikit garam dan juga air., Semua bahan tersebut kita campur lalu direbus. Cara lain untuk membuat ramuan ini juga bisa denganc ara diblender. Kemudian saring airnya.

Membantu dalam mengontrol tekanan darah tinggi

Tahukah kamu bahwa ternyata daun pepaya juga bermanfaat dalam mengatasi tekanan darah tinggi? Daripada menggunakan obat kimia, mending pakai ramuan daun pepaya yang alami ini bukan? Ya, daun pepaya ini dapat megnatasi masalah tersebut. Cara menggunakan daun pepaya ini yaitu, pertama ambil daun pepaya sebanyak 5 lembar, lalu rebus dengan 1/2 liter air. Tunggu sampai mendidih dan air tinggal tiga perempat bagiannya saja. Anda bisa menambahkan madu ataupun gula. Tergantung selera Kamu masing-masing.

Sebagai obat mengatasi rasa nyeri saat menstruasi

Rasa nyeri biasanya akan menghinggapi para wanita yang sedang mengalami fae menstruasi atau haid. Tentu tidak ada salahnya jika kamu para wanita untuk mengkonsumsi daun yang satu ini. Cara membuatnya, pertama siapkan daun pepaya pepaya segar, asam jawa dan juga garam secukupnya. Rebus bahan-bahan tersebut dengan segelas air. Tunggu hingga mendidih. Matikan kompor dan selanjutnya tunggu hingga air rebusan dingin.

Cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya

Cara pertama : memakai baking powder dan juga tanah lempung. Kedua bahan tersebut selain dapat membantu menghilangkan rasa pahit, ini juga merupakan cara yang satu membuat daun pepaya gampang matang. Caranya merebus daun pepaya yaitu dengan mencampurkan sedikit lempung dan juga baking powder. Sesudah selesai kita merebusnya, angkat daun pepaya lalu tiriskan, dan kemudian cuci lagi dengan air sampai ia bersih,

Cara kedua : dengan menggunakan garam kasar. Caranya, pertama daun pepaya kita beri garam kasar, lalu remas remas sampai daun menjadi layu. Cuci daun pepaya sampai bersih. setelah daun pepaya di rebus dengan air mendidih. Terakhir angkat dan tiriskan.

Leave a Reply