Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Kita

Posted on

Manfaat Daun Jambu Biji – Tak sekedar buah jambunya saja yang memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat didalamnya. Didalam daun jambu biji ini juga sangat bermanfaat. Kali ini saya akan bahaskan seputar manfaat daun jambu biji ini untuk kamu sekalian.

Daun jambu biji ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh sekaligus juga untuk kecantikan. Daun jambu biji biasa dijadikan sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat. Sehingga daun ini mampu obati beragam penyakit.

manfaat daun jambu biji

Kebiasaan menggunakan daun jambu biji ini sebagai obat herbal sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang. Dan hingga sampai saat ini, kebiasaan ini masih melekat di masyarakat. Pohon jambu sekarang ini juga sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat indonesia.

Tumbuhan jambu biji hampir selalu ditemukan di mana saja, baik sengaja ditanam oleh pemilik kebun atau tumbuh dengan sendirinya. Karena termasuk dalam kategori tumbuhan yang mudah untuk ditanam dan ditemukan keberadaannya, maka akan sayang sekali jika Anda tidak mengambil khasiat daun jambu biji untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini beberapa manfaat alami dari daun jambu biji yang harus Anda ketahui dan patut untuk Anda pahami:

Kandungan Daun Jambu Biji

Sebelum membahas apa sih manfaat daun jambu biji ini, sebaiknya kita lebih dahulu tahu apa kandungan dari daun jambu biji ini.

Kandungan senyawa kimia pada daun tersebut meliputi alkohol, aldehida, hidrokarbon alifatik, alkohol aromatik, kadalena, kalsium, karbohidrat, beta kariofilena, kasuarinin, klorofil A, klorofil B, sineol, tanin terkondensasi, asam krategolat, asam 2-alfa-3-beta-dihidroksi-olean-12en28-oat, asam 2-alfa-3 beta-dihidroksiurs- 12en28-oat, minyak atsiri, galiotanin, 4-gentiobiosida asam elagat, guajaverin, asam guajavolat, guavin A, guavin B, guavin C, guavin D, tanin yang dapat terhidrolisis, asam 2-alfa-hidroksi ursolat, unsur anorganik, isostriktinin, leukosianidin, limonena, D-limonena, DLlimonena, lutein, asam mastinat, monoterpenoid, neo-beta-karotena U, nerolidol, asam oleanolat, asam oksalat, pedunkulagin, pigmen, kalium, asam psidiolat, kuersetin, sesquiguavaena, sesquiterpenoid, beta-sitosterol, stakiurin, striknin, telimagrandin I, triterpenoid, asam ursolat

Berikut adalah tabel kandungan daun jambu biji.

Komponen gizi
Jumlah
Komponen gizi
Jumlah
Krbohidarat
11.88 g
Vitamin C
183.5 mg
Protein
0.82 g
Vitamin A
792 UI
Serat
5.4 g
Niacin
1.2 mg
Lemak total
0.6 g
Kalium
284 mg
Kalsium
20 mg
Riboflavin
0.05 mg
Magnesium
10 mg
Vitamin E
1.120 mg
Fosfor
25 mg
Asam pantotenat
0.150 mg
Natrium
3 mg
Vitamin B1
0.05 mg
Folat
14 mg


Manfaat Daun Jambu biji


Berikut adalah bebrapa manfaat dari daun jambu biji.

A. Daun Jambu biji untuk obati diare

Seperti yang sudah kebanyakan kita ketahui, daun jambu biji memiliki manfaat untuk atasi sakit diare. Jika kamu tak percaya, silakan lihat di kemasan obat sakit diare,  kamu akan melihat komposisi daun jambu biji pada bahan pada kemasan obat diare.

Cara penggunaan daun jambu biji ini sebagai obat herbal untuk diare secara alami kita perlu menghaluskan beberapa lembar daun jambu biji sambil sesekali diberi sedikit air putih. Yang digunakan dari daun jambu ini yaitu perasannya. Sisihkan sari-sari nya. Perasan air jambu biji ini bisa diminum setiap hari 2 kali sehari sampai diare sudah sembuh.

B. Daun Jambu biji bisa atasi keputihan

Keputihan ini biasanya terjadi pada wanita. Dan semua wanita sebenarnya memiliki resiko yang tinggi. Keputihan sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Namun lama-kelamaan ini dapat berbahaya bagi tubuh. Keputihan juga merupakan salah satu gejala dari kanker pada organ reproduksi.

Untuk mengunakan daun jambu biji ini yaitu cukup dengan merebusnya. Lalu air rebusan daun jambu biji ini digunakan untuk membersihkan alat reproduksi.

C. Daun Jambu biji untuk obati ambeien

Wasir atau yang biasa disebut ambeien merupakan kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Jadi sakit ambeien ini akan sangat mengganggu segala aktifitas kita. Dan jika kita duduk berlama-lama, pada bagian bokong akan terasa sakit. Obat alami untuk mengatasi sakit ambeien ini yaitu  daun jambu biji ini. Caranya yaitu, tumbuk daun jambu biji yang berusia muda dengan pisang batu. Konsumsi air perasan tersebut sampai sembuh.

D. Daun Jambu biji atasi sakit maag

Sakit maag biasa dikenal sebagai dispepsia, penyakit ini adalah salah satu masalah kesehatan yang tidak asing lagi di telinga. Sakit maag berawal ketika radang terjadi di dinding lambung bagian dalam. Radang lambung yang berlangsung terus-menerus membuat lapisan dinding lambung terkikis. Hal ini juga mengakibatkan terbentuknya luka yang disebut dengan nama tukak lambung. Rasa sakit seperti perih atau panas dari leher hingga bagian tengah perut, merupakan gejala umum dari sakit maag.

Jika kamu terkena sakit maag ini, daun jambu biji bisa jadi obat herbalnya. Caranya, kamu cukup rebus beberapa lembar daun jambu biji yang masih segar, lalu rebus hingga ada sisanya setengah bagian air. Minum air rebusan ini setiap 3 kali sehari. Dengan metode ini, ini akan lebih baik dan lebih sehat dibanding mengkonsumsi obat kimia. Kandungan dari daun jambu biji mampu secara alami membantu serta mengatasi sakit maag yang terasa menyiksa.

E. Daun Jambu biji mampu obati luka

Ternyata daun jambu biji ini juga bisa obati luka. Daun jambu ini memiliki kandungan astringent. astringent ini dipercaya mampu membantu tubuh untuk menyembuhkan luka dengan waktu yang lebih cepat.

Dengan memakai daun jambu biji ini, kamu bisa obati luka karena pisau maupun terjatuh. Caranya cukup haluskan daun jambu biji ini lalu tempelkan ke kulit yang terluka. Ini merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para pecinta alam.

Ternyata banyak juga kan, manfaat daun jambu biji ini. Tertarik untuk mencoba mengkonsumsinya? Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *