Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Daun Binahong – Apa sih binahong? Binanhong lebih dikenal dengan sebutan Gondola. Manfaat daun binahong ini amat banyak. Banyak juga yang membuktikannya. Mahu tahu manfaat daun binahong ini? Berikut ulasannya.

Daun binahong memiliki nama lain dalam bahasa latin yaitu Bassela Rubra Linn. Ia memiliki bentuk daun melengkung dan menyerupai hati. Ia bisa hidup di berbagai tempat. Selain itu, di luar negeri sana seperti China, Korea dan madagaskar juga mudah dijumpai. Di berbagai negara, daun ini dimanfaatkan untuk berbagai permasalahan. Di negara Cina, daun binahong digunakan untuk obat. Ia dijadikan olahan teh.

Manfaat Daun Binahong

Manfaat daun binahong sungguh terasa bagi tubuh. Ia tak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Kandungan daun binahong ini diantaranya yaitu protein, anti mikroba, saponis, asam arkobat, dan fenol. Dengan kandungan kandungannya tersebut, tentulah. Daun binahong ini sangat

Manfaat daun binahong untuk kesehatan

Daun binanhong bermanfaat untuk beragam jenis masalah kesehatan. Masalah-masalah kesehatan tersebut contohnya yaitu penyakit lemah syahwat, ambeien berdarah, batuk darah, muntah darah, kencing manis, darah rendah, penyakit paru-paru, luka borok, kencing manis, diabetes, luka borok, patah tulang, gatal-gatal, eksim kulit, radang ginjal, maag, tipes, luka parut, sakit pinggang, kecelakaan, pembengkakan jantung, pegal linu, stress, pembekuan darah, disentri, gegar otak berat dan tingan, menghangatkan tubuh, mimisan, menambah nafsu makan, membuat lancar menstruasi, gusi berdarah, rematik, luka bakar, memar, pembengkakan liver, mencegah stroke dan meningkatkan imunitas tubuh. Karena tidak semua kita jelaskan, setidaknya mari kita bahas satu persatu.


Mampu menyembuhkan gangguan maag
Maag adalah salah satu penyakit yang merepotkan dan mengganggu. Salah satu penyebab penyakit maag yaitu pola makan yang tidak jelas. Apabila terkena maag maka ketika makan akan terasa sakit. Penyakit maag yang sudah parah, ia dapat mengakibatkan si penderitanya mengalami keringat dingin. Sebagai obat alternatifnya, kita bisa menggunakan daun herbal ini. Daun binahong pertama dicuci lalu kita rebus. Kita saring air dan daunnya, kemudian bisa diminum saat sudah agak dingin.

Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh
Kolesterol nampaknya merupakan salah satu hal yang ditakuti oleh banyak orang. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan gangguan pada darah. Perlahan demi perlahan, kolesterol yang menumpuk akan menyebabkan datangnya berbagai penyakit. Untuk menggunakan daun binahong untuk menurunkan kolesterol yaitu dengan cara merebusnya. Rebus beberapa daun binahong dengan air bersih. Setelah mendidih kita pisahkan air dengan daunnya. Setelah dingin kita minum.

Mampu obati luka berdarah
Untuk mendapatkan kegunaan ini. Kita tumbuk daun binahong untuk menghaluskannya. Selanjutnya kita oleskan di bagian tubuh yang bengkak atau terluka. Jangan lupa, oleskan secara merata. Lakukan secara kontinyu selama luka masih dalam kondisi basah.

Manfaat daun binahong untuk kecantikan

Seperti yang sudah dikatakan, manfaat daun binahong tidak hanya untuk kesehatan saja. Namun ia juga berkhasiat untuk kecantikan. Manfaat yang paling diinginkan dari  daun binahong yaitu untuk merawat kesehatan wajah. Ia bisa mengatasi masalah jerawat hingga bekas jerawat.

Daun binahong bisa memuluskan kulit wajah. Caranya yaitu daun binahong kita haluskan, kita jadikan halusan daun binahong menjadi masker wajah. Atau bisa juga kita rebus sepoerti tadi. Rebusan tersebut lalu kita minum. Keunggulannya yaitu kita akan terbebas dari zat kimia yang bisa menjadi perusak.

Tips untuk menjaga kulit wajah supaya sehat bisa dengan cara ini. cukup efektif untuk menghilangkan keriput dan jerawat di wajah. Untuk membuatnya cukup mudah, kita menggunakan daun binahong sebagai masker wajah. Kita tumbuk beberapa daun binahong lalu oleskan di wajah setiap sebelum tidur.

Untuk mengobati jerawat. KIta ambil 5 atau lebih daun binahong. Swlanjutnya tumbuk sampai hancur. Oleskan langsung pada jerawat secara berkelanjutan. Alangkah baiknya, kita oleskan halusan daun binahong tersebut pada malam hari.

Leave a Reply