Manfaat Bunga Sepatu Untuk Rambut Hitam Sehat Berkilau

Posted on

Hibiscus rosa-sinensis L. biasa kita sebut dengan bunga sepatu ataupun kembang sepatu. Tanaman bunga ini termasuk kedalam tanaman semak yang berasal dari Asia Timur. Ia banyak ditemukan di wilayah tropis maupun sub tropis. Orang jawa sering menyebut bunga ini dengan nama kebang wora-wari.

Kembang sepatu memiliki bunga berukuran agak besar. Warna bunga bisa putih, kuning, oranye, merah jambu, dan merah tua. Bunganya bisa berupa bunga tunggal maupun bunga ganda. Bunga sepatu memiliki jumlah kelopak sebanyak 5 buah.

Tanaman kembang sepatu dapat mencapai tinggi hingga 2 sampai 5 meter. Daun dari tanaman ini yaitu bulat telur dan lebar. Di wilayah tropis tanaman ini dapat berbunga setiap musim. Sedangkan di daerah sub tropis, ia hanya berbunga di musim panas sampai gugur.

manfaat kembang sepatu

Umumnya kembang sepatu bersifat steril serta tidak memiliki buah. Ia dapat berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

Karena bentuk dan warna bunga yang cantik, ia unmum dipelihara sebagai tanaman hias. Di India bunga ini bisa digunakan untuk menyemir sepatu. Bahkan di tiongkok, bunga sepatu juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan. Dan di negara kita sendiri, Indonesia, bunga ini dijadikan sebagai obat tradisional. Menariknya lagi, bunga ini juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman teh.

Asal tahu saja. Bunga sepatu ini bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut. BUnga sepatu dapat membuat rambut nampak hitam , sehat, dan tampil lebih indah. Selain bermanfaat untuk menghitamkan rambut, kembang sepatu ini bisa mengatasi bermacam masalah rambut.


Bunga sepatu memiliki manfaat untuk mengatasi dan menhilangkan uban. Hal ini karena, hampir semua bagian kembang sepatu memiliki zat yang bernama flavonoid. Flavonoid merupakan zat pigmen alami. Ia diketahui mampu memulihkan gangguan  uban serta membuat rambut lebih berkilau.

Ada juga kandungan lain, yaitu polifenol dan saponin. Polifenol dan saponin selain ada di tanaman ini, ia juga terdapat di tanaman teh. Kedua zat ini juga bermanfaat untuk atasi uban.

Cara Menghilangkan Uban dengan Bunga Sepatu
Menghilangkan uban dengan carai ini tergolong mudah. Apalagi bahannya mudah di cari. Pertama, kita tumbuk bunga sepatu hingga bertekstur halus. Pada saat penumbukan, tambahkan juga dengan air. Saring tumbukan bunga tersebut, lalu kita simpan dalam botol. Untuk menambahkan aroma, tambahkan pula perasan dari jeruk nipis. Untuk penggunaannya, cukupoleskan ke rambut dan diamkan hingga 30 menit. Selanjutnya, rambut di cuci dan biarkang kering dengan sendirinya.

Daun Bunga Sepatu
Selain dari bunganya yang bisa dimanfaatkan. Ternyata daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan. Jadi, kalau tanamannya tidak berbunga. Kita manfaatkan saja daunnya. Daunnya ternyata juga mengandung zat yang sama. Ia juga bisa menumbuhkan rambut hitam dengan perlahan.

Caranya yaitu, pertama, kita siapkan 10 lembar daun bunga sepatu. Selanjutnya daun kita cuci. Daun diremas hingga keluar cairan lendir. Lendir inilah yang kita gunakan untuk menghitamkan rambut. Caranya, basahi dulu kita punya rambut. Oleskan ke rambut secara merata. Lalu diamkan. Yang terakhir yaitu kita bilas dengan menggunakan keramas.

Leave a Reply