Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on
Manfaat Buah Pir – Pir adalah tanaman buah yang asalnya dari negara Eropa barat. Walau begitu negara kawasan Asia saat ini juga sudah banyak yang membudidayakan tanaman buah pir. Produksinya ini memenuhi kebutuhan di negeri sendiri. Buah pir yang sudah matang, memiliki warna kuning dan memiliki bintik-bintik kecokelatan yang samar-samar. Rasa buah pir adalah manis keasaman. Rasanya ini menjadikan buah pir memiliki sensasi segar saat dikonsumsi di siang hari.
manfaat buah pir

Kandungan Gizi Buah Pir

Buah pir memiliki kandungan antioksidan, flavonoid dan serat makanan. Kandungan lainnya yaitu lemak, karbohidrat, protein, vitamin C harian, vitamin K, kalium dan kalsium, zat besi, magnesium, riboflavin, vitamin B-6 dan folat.

Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan

Menyehatkan Pencernaan
Sebuah pir memilikin ukuran sedang didalamnya mengandung 5,5 gram serat. Dengan makan makanan yang memiliki banyak serat, maka sistem pencernaan dalam tubuh akan dapat bekerja dengan baik. Serat memiliki peran untuk membantu tubuh dalam menyerap vitamin dan mineral. Serat juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya sembelit. Selain itu serat juga dapat mencegah penyakit wasir, sehingga masalah pencernaan berbahaya misalnya seperti usus besar dapat dihindari.

Mencegah Penyakit Stroke
Satu buah pir dalam setiap hari dapat mencegah terjadinya stroke. Dalam sebuah artikel tahun 2011 dalam American Heart Association melaporkan bahwa dengan mengkonsumsi satu buah pir sehari dapat mengurangi risiko terserang stroke sebanyak 52 %. Buah pir mungkin memotong risiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung. Sebuah artikel 2007 yang diterbitkan dalam “American Journal of Clinical Nutrition” mencatat bahwa flavonoid dalam pir dapat menurunkan risiko penyakit jantung, serta kematian yang terkait dengan penyakit jantung.

Meningkatkan Immunitas
Dalam buah pir memiliki sekitar 11 persen dari kebutuhan harian. Vitamin C membantu da,lam mencegah infeksi serta menjaga sistem kekebalan tubuh agar kuat. Kandungan antioksidan yang dari vitamin C serta tembaga akan membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Mencegah Osteoporosis
Permasalahan pada usia lanjut yaitu osteoporosisi. Sehingga manfaat buah pir untuk orang tua atau lanjut usia juga ada. Sangatlah penting menjaga tulang tetap sehat dan mencegah osteoporosis. Seseorang perlu menjaga pH tubuh dengan diet dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. Kemudian pir kaya boron dapat membantu penyerapan kalsium.

 

Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Pir memiliki kandungan asam folat, menurut Pear Biro Northwest, Dalam satu buah Pir mengandung 12 mikrogram asam folat. Meskipun ini tidak kelihatan banyak, namun wanita hamil harus mendapatkan banyak asupan makanan yang mengandung asam folat. Tidak banyak makanan yang memiliki asam folat, alasn inilah mengapa para dokter menyarankan wanita usia subur untuk mengkonsumsi suplemen yang akan mencukupi kebutuhan asupan asan folat harian.

Asam folat sangat saat posisi sedang hamil, apalagi saat beranjak di usia trimester pertama kehamilan. Asam folat memiliki peran penting unutk pencegahan gangguan tabung saraf. Resiko yang disebabkan karena kekurangan asam folat yaitu keterbelakangan mental.

Vitamin C dalam pir tergolong tinggi. DAlam sebuah pir akan mengandung kurang lebih 7 miligram vitamin C. Jumlah tersebut akan memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 11 persen dari direkomendasikan. Vitamin C memiliki peran dalam membantu melawan infeksi pada tubuh. Makan buah pir dapat membantu tubuh menyerap zat besi. Karena inilah mengkonsumsi vitamin C penting bagi ibu hamil.

Manfaat Buah Pir Untuk Bayi

Manfaat buah pir untuk bayi yaitu saat penyapihan. Menyapih anak, disarankan untuk memberikan pir karena hypoallergenic. Rasa yang rendah asamnya sehingga tidak menimbulkan masalah pada pencernaan. Buah pir dikupas kemudian dipanaskan dan dibuat bubur. Kulitnya dapat dimakan namun berhati-hati, jangan ada tepi yang keras yang bisa menyakiti mulut anak. Buah pir tidak untuk anak yang sedang diare.

Manfaat Buah Pir Untuk Kecantikan

Buah Pir untuk Mengatasi Kulit Berminyak
Kulit berminyak membutuhkan perawatan ekstra, namun pir ini mampu mengatasi kulit berminyak. Caranya hancurkan pir, lalu campuran krim segar dan madu. Gunakan pasta tersebut tiga kali dalam seminggu sebagai masker wajah. Seluruh sekresi kelenjar minyak pada kulit akan berkurang.

Buah Pir Untuk Mengatasi Jerawat
Pir memilikii kadar vitamin, mineral yang penting. Buah pir mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membuat tubuh lebih kuat. Sehingga, kulit mampu melawan jerawat dan semua infeksi kulit.

Buah Pir Untuk Melembabkan Kulit
Pir tidak hanya bermanfaat untuk kulit berminyak, namun baik juga untuk kulit kering dan bersisik. Pir ini mengandung humektan alami, sehingga dapat membantu menyeimbangkan kadari air normal pada kulit. Ekstrak buah telah luas digunakan untuk pembuatan lotion pelembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *