Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Raga

Posted on

Kesehatan adalah salah satu faktor penting untuk hidup kita. Tanpa kesehatan yang baik, kita akan susah melakukan aktifitas. Untuk dapat menikmati kesehatan tersebut, kita harus menjalani pola makan yang sehat. Misalnya seperti makan buah-buahan. Salah satu buah yang menyehatkan yaitu buah nangka.

Buah nangka merupakan salah satu buah yang sudah populer di lidah penggemarnya. Ia memiliki daging buah yang tebal. Warnanya yaitu kekuningan ketika sudah matang. Apabila kita makan, ia akan mengeluarkan rasa manis. Kandungan air di dalamnya juga menyegarkan tubuh.

manfaat sehat buah nangka
Buah Nangka oleh orang jawa biasa disebut dengan buah gori. Asal-usul buah ini dipercaya berasal dari negara India selatan. Kemudian berkembang hinga menyebar Nusantara.

Kandungan dari buah nangkan juga terbilang lumayan. Mulai dari vitamin A, Vitamin C, kalium, kalsium, riboflavin, niasin, zat besi, thiamin, hingga seng. Buah nangka memiliki serat dan rendah kalori. Sehingga buah ini cocok untuk para penderita jantung.

Buah nangka mengandung Zat besi ayng bermanfaat untuk kesehatan darah. Sehingga kita akan terbebas dari penyakit anemia. Selain itu, sirkulasi darah dalam tubuh juga akan meningkat.
Mineral mikro dan tembaga dalam buah nangka ini juga berguna untuk membuat kerja metabolisme tiroid menjadi efektif. Kedua kandungan tersebut membuat tiroid menjadi sehat dan membuat proses produksi hormon dan penyerapan menjadi lebih baik.


Di dalam buah ini juga terkandung kalium. Kalium ini berfungsi untuk mengurangi resiko penyakit jantung secara efekttif dan dapat menurunkan tekanan darah.

Bagi yang menderita asma juga bisa diobati dengan buah nagka ini. Caranya yaitu cukup merebus buahnya. Ini adalah cara yang baik untuk mengobati asma. Selain itu, ia juga dipercaya memiliki khasiat untuk sembuhkan borok di kepala serta mengatasi gangguan pencernaan. Seratnya yang tinggi membuat ia mampu mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus.
Nangka juga diketahui memiliki kandungan gula dengan jenis fruktosa dan sukrosa. Kedua jenis gula sederhana ini memiliki manfaat sebagai sumber energi. Selain itu, baiknya nangka yaitu tidak memiliki kandungan lemak jenuh.
Selain kandungan gula, ia juga memiliki vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin ini berguna bagi kesehatan mata dan kulit. Sehingga membuat mata lebih sehat dan kulit di bibir tidak sering sariawan. Selain itu anti oksidan yang ada apdanya juga berkhasiat untuk memperkuat kekebalan tubuh dengan proteksi dari infeksi bakteri dan virus.

Nangka ini juga baik bagi kesehatan tulang. Ia juga bisa melindungi kita dari penyakit osteoporosis. Oleh karena itu, anak-anak sangat baik jika menkonsumsi buah ini.

Ia juga memiliki khasiat lain seperti melawan sel kanker. Ini karena ia juga mengandung phyto-nutrisi dan vitamin C. Ia berfungsi melawan bahaya sel kanker dan juga melawan penuan dini serta mencegah penyakit degeneratif.

Leave a Reply