Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Posted on
Manfaat Buah Naga – Buah naga saaat ini mejadi buah primaona. Warna kulit merah merona pada kulitnya membuat banyak orang yang tergoda. Apalagi dengan bentuk buah yang unik. Selain tampilannya, nutrisi di dalamnya suja sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tak hanya bagi orang desawa, ia bermanfaat untuk anak-anak dan bahkan ibu yang sedang hamil.
Buah naga sebenarnya masih satu keluarga dengan tanaman kaktus. Marga kaktus buah naga yaitu Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga asalnya dari negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika. Namun sesuai dengan perkembangannya, buah naga saat ini sudah menyebar dan tumbuh diberbagai negara seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan juga begara kita Malaysia. Bahkan buah ini juga dapat ditemui tumbuh di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan.
Manfaat Buah Naga

Saat ini sudah banyak varietas dari buah naga. Mungkin awalnya hanya ada buah naga putih dan buah naga merah. Namun untuk saat ini sudah ada beberapa varietas baru seperti buah naga kuning dan buah naga hitam. 

Untuk kandungannya, buah naga memiliki beragam zat dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan gizi buah naga tersebut yaitu air, protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Kalsium serta zat besi. 

Jenis-jenis zat yang ada di dalam buah naga itu menyehatkan. Misalnya lemak, untuk lemak ini adalah tak jenuh jadi tidak berbahaya untuk kesehatan. Selain itu seratnya juga bagus untuk pencernaan. 

Manfaat Buah Naga

Karena saking banyaknya kandungan di dalam buah naga. Ia juga berkhasiat untuk kesehatan dan mambu mengobati berbagai penyakit.

Membantu program diet dan menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet ataupun menurunkan badan, buah naga mungkin bisa jadi solusinya. Karena buah naga merupakan salah satu buah jenis makanan yang mengandung serat namun sedikit kalori. Jadi dengan mengkonsumsi buah naga dapat mengurangi resiko perut menjadi melar. Selain itu serat ini juga baik bagi pencernaan dan melindungi perut dari sakit karena sembelit. 

Menangkal Radikal Bebas

Buahnaga juga merupakan salah satu buah yang mengandung kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan sudah terkenal merupakan zat yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Jadi ia sudah tentu bermanfaat untuk detoksifikasi atau membantu dalam pengeluaran racun dari tubuh melalui hati. 

Buah naga mencegah penyakit kanker

Buah naga mengandung antioksidan. Penyebab kanker salah satunya yaitu dari radikal bebas. Selain itu buah ini juga mengandung zat lain yang juga membantu menangkal penyebab yang berasal karena racun logam. Zat-zat tersebut yaitu serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2. 


Membantu meningkatkan immunitas

Buah naga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekbalan tubuh atau yang biasa disebut dengan immunitas. Ini tidak lain merupakan efek samping dari kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat. 

Berkhasiat untuk mencegah penyakit diabetes militus

Kadar gula dalam buah naga tergolong sangat kecil sehingga aman bagi penderia diabetees. Selain itu, dalam kandungan di dalamnya juga ada zat yang mampu membantu dalam membunuh sel jahat yang terjadi karena pola hidup yang tak sehat. 

Membantu menambah nafsu makan

Vitamin B1 dan vitamin B2 yang terdapat dalam buah naga dapat membantu dalam menambah nafsu makan seseorang, apalagi bagi anak. 

Mencegah penuaan dini

Polusi udara merupakan salah sat penyebab sari penuaan dini. Ditambah lagi penuaan dini karena polusi udar terbilang relatif cepat dan umum. Penuaan dini ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah naga yang menyehatkan. 

Membantu mengatasi asma dan batuk

Flu dan asma sangat menggangu saat menjalankan kegiatan apapun. Memang buah naga bukanlah obat untuk batuk dan asma. Namun buah naga ini memiliki vitamin C yang bermanfaat untuk menambah sistem kekebalan. Sehingga kita lebih sulit untuk terkena berbagai penyakit. 

Mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Penyumbatan arteri dan juga stress dapat mengakibatkan terjadinya penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan kardiovaskular. Buah naga mampu mengurangi stress, sehingga bagus untuk jantung. 

Membantu tulang untuk lebih sehat

Zat besi yang terkandung dalam buah naga tergolong tinggi. Sehingga ia baik bagi tulang dan darah. Selain itu kalsiumnya juga tinggi.  Tidak diragukan lagi bukan kalau tulang membutuhkan kalsium untuk memiliki kekuatan dan kesehatan tulang lebih. Apalagi kalsium ini juga mampu menghindari terjadinya tulang keropos (osteoporosis). Dan darah membutuhkan zat besi untuk memiliki kondisi sehat. 

Buah naga sebenarnya tanpa diolah pun sudah enak. Namun dengan tahap pengolahan lanjutan tentu akan menambah cita rasa dan juga selera. Berikut adalah beberapa cara mengolah buah naga.
Jus Buah Naga Yang Menyehatkan

Untuk membuat jus buah enak menjadi tambah menarik dan nikmat, buah naga bisa dibuat menjadi jus nbuah naga.  Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu buah naga, susu kental manis, es serut, air dan gula. Pertama buah naga diambil dagingnya, lalu potong dadu. Kemudian selanjutnya diblender dengan ditambahkan susu kental, air dan gula.  Terakhir buah naga dimasukan ke gelas dan ditambahkan dengan serutan es ke atasnya. 

Buah Naga Untuk Bubur Bayi

Kalau Anda memiliki anak yang masih bayi. Buah naga bisa dijadikan asupan yang sehat. Buah naga ini juga bisa dipadukan dengan buah pisang. Yang kita butuhkan untuk membuat bubur buah naga dan pisang yaitu 1 buah pisang ambon, buah naga, dan susu. Pertama buah naga dan pisang direbus hingga matang. Halus buah pisang dan buah naga hingga lembut. Selanjutnya tambahkan susu yang telah diencerkan secukupnya saja. Aduk sampai bubur dan susu bercampur rata. Bubur siap diberikan untuk bayi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *