Manfaat Buah Merah Untuk Kanker Dan Juga Kesehatan Lainnya

Posted on

Manfaat buah merah untuk kanker memang sudahlah terkenal. Namun tahukah Anda mengenai buah ini? Buah merah merupakan jenis buah yang berasal dari tanah papua. Buah ini memiliki nama kuansu, nama ini merupakan sebutan yang diberikan oleh masyarakat Wamena.

Buah merah memiliki pohon seperti buah nanas. Bedanya, kalau tanaman wamena ini tingginya dapat sampai 16 meter. Sangat tinggi bukan? Tanaman ini juga memiliki batang bebas sampai 5-8 meter. Tanaman buah merah memiliki akar jenis tunjang.

Manfaat Buah Merah Untuk Kanker

Buah merah memiliki bentuk buah lonjong. Ia juga ditutupi oleh daun buah. Panjang buah bisa sampai 55 cm dengan diameter 10 sampai 15 cm. Sedangkan untuk beratnyayaitu dapat mencapai antara 2 sampai 3 kilogram. Untuk warnanya yaitu merah marun. Namun, warna yang lainya juga ada seperti coklat dan coklat kekuningan.

Buah merah digunakan untuk pesta adat bakar batu bagi masyarakat Wamena. Buah ini sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk menyebuhkan berbagai penyakit. Ia berguna dalam mengobati dan menyembuhkan penyakit mata, cacingan, kulit, dan meningkatkan stamina.

Buah merah juga dikenal sebagai tanaman untuk kanker. Seperti yang telah kita ketahui, kanker merupakan pembunuh nyawa manusia yang nomor pertama di dunia. Kanker tidak mengenal apa-apa dalam menyerang targetnya. Bisa laki-laki, perempuan, besar kecil.

Dengan buah merah, kanker bisa diatasi. Karena buah merah memiliki sebuah zat yang bernama tokoferol dan betakaroten-nya. Kandungan dari kedua zat tersebut tergolong relatif tinggi. Tokoferol dan betakaroten, kedua merupakam senyawa kimia yang bekerja sebagai antioksidan dan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Selain antioksidan, buah merah juga memiliki kandungan omega 3 di dalamnya. Omega 3 ini memiliki fungsi dalam memperbaiki jaringan sel yang rusak. Kandungan omega 3 ini juga sangat disarankan untuk wanita  yang menderita kanker payudara.

Cara Mengolah Buah Merah


  1. Bagaimana cara mengolah buah merah? Cara mengolahnya sebenarnya cukup rumit. Namun bila tidak mau repot-repot, bisa membeli sari buah merah yang sudah jadi. Namun jika Anda tetap ingin mengetahuinya, berikut adalah proses mengolah  sari buah merah.
  2. Pertama, kita pilih buah merah yang sudah tua dan besar. Untuk jenis yang dipilih yaitu buah merah bargom atau maler. Ini karena jenis tersebut akan menghasilkan minyak buah merah yang lebih banyak dan banyak kandunganya.
  3. Setelah itu, buah merah dipotong, dibuang empulur-nya, kemudian dicuci sampai bersih dengan air bersih.
  4. Buah merah dikukus atau direbus sampai matang. Kurang lebih akan membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam. Tujuannya yaitu untuk memudahkan mengeluarkan minyak sari buah merah.
  5. Setelah selesai, kita perlu memisahkan antara air, biji buah merah, ampas buah merah dan minyak saribuah merah.
  6. Minyak sari buah merah diendapkan sekitar 15 hingga 30 hari.
    Setelah selesai, minyak sari buah merah disimpan ke botol kaca yang steril.
    Manfaat Buah Merah Untuk Kesehatan Lain

Mencegah HIV AIDS
Buah merah juga dipercaya dapat mengobati HIV. Sayangnya kita belum pernah mendengan mengenai penelitiannya. Mengapa dibilang buah ini dapat mengatasi HIV atau AIDS? Mungkin ini dikarenakan dalam kandungan buah merah terdapat kandungan tokoferol dan betakaroten. Yang sudah kita ketahui keduanya merupakan zat antioksidan yang mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Membantu mencegah stroke dan tekanan darah
Kedua penyakit tersebut mulanya disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah serta penggumpalan darah. Kandungan tokoferol juga selain bisa mengatasi AIDS, kandungan ini juga dapat memnatu dalam mengencerkan darah. Ini membuat darah menjadi lancar dan normal.

Membantu melawan penyakit asam urat
Asam urat bisa disebabkan karena terjadi gangguan pada fungsi hati. Gangguan pada fungsi hati dapat menyebabkan produksi asam urat menjadi meningkat. Apabila terjadi kelebihan asam urat, maka ia akan mengendap dan berkumpul pada persendian. Karena kandungan tokoferol ini dapat membantu dalam mengencerkan darahddan memperbaiki kinerja dari hati. Maka ia dapat mengurangi resiko terkena asam urat.

Mencegah penyakit diabetes mellitus
Penyakit diabetes terjadi karena kelenjar pankreas tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang tercukupi . Sehingga ini dapat mengakibatkan gula yang ada dalam darah menjadi meningkat .
Tidak disangka, ternyata kandungan tokoferol juga dapat membantu kerja pankreas.  Dan pastinya fuungsi pankreas akan terjaga dan tubuh akan terhindar dari penyakit diabetes.

Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis disebut juga sebagai tulang keropos. Penyakit ini disebabkan karena tulang kekurangan kalsium. Biasanya hal ini dialami oleh orang yang sudah memiliki usia lanjut. Karena dalam buah merah banyak mengandung kalsium, ia dapat mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Dampaknya yaitu tulang akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

Mencegah terjadinya gangguan mata
Kandungan betakaroten dalam buah merah juga baik bagi kesehatan mata. Penyakit mata biasanya dikarenakan kekurangan vitamin A. Dengan adanya betakaroten ini merupakan suatu senyawa yang nantinya diserap dalam tubuh  dan diubah menjadi vitamin A.

Membantu dalam meningkatkan gairah dan kesuburan
Tokoferol atau vitamin E juga banyak terdapat di daam buah merah ini. Vitamin ini berfungsi dalam meningkatkan kesuburan pria.

Leave a Reply