Manfaat Buah Mengkudu dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Buah Mengkudu – Mengkudu memiliki beragam nama untuk setia daerahnya. Diantaranya yaitu keumeudee (bahasa aceh), kemudu, kudu (bahasa jawa); cangkudu (bahasa sunda); kodhuk (bahasa madura); tibah (bali) berasal tempat asia tenggara, tergolong dalam famili rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini artinya noni (bahasa hawaii), nono (bahasa tahiti), nonu (bahasa tonga), ungcoikan (bahasa myanmar) dan ach (bahasa hindi). Dan ada pula yang menyebut buah mengkudu ini dengan nama pace.

Manfaat Buah Mengkudu

Tanaman mengkudu dapat tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian hingga 1500 m. Tinggi pohon mengkudu dapat mencapai 3 hingga 8 m,. Ia memiliki bunga bongkol yang berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk. Saat masih muda buah berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol. Namun setelah sudah tua, warnanya berubah jadi putih dengan bintik-bintik hitam.

Secara tradisional, masyarakat di daerah aceh menggunakan buah mengkudu untuk sayur dan rujak. Daunnya digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang acapkali muncul sebagai menu wajib buka puasa. Karena itu, mengkudu acapkali ditanam di dekat rumah di pedesaan di aceh. Selain itu mengkudu juga acapkali digunakan sebagai bahan obat-obatan. Morinda citrifolia atau yang biasa kita kenal dengan buah mengkudu atau pace ini memang telah dipercaya bisa mengatasi berbagai macam sakit. Bahkan buah ini digadang-gadang sebagai “hawai magic plant” atau diartikan ke indonsesianya tumbuhan ajaib dari hawai.

Buah yang dahulunya disebut dengan “noni” ini juga menjadi buah keramat di tahun 1500 sebelum masehi oleh bangsa polinesia. Bangsa tersebut meyakini buah mengkudu memiliki berbagai khasiat dan manfaat bagi penduduk polinesia.

Saat ini kita dihadapkan dengan berbagai kemajuan di bidang ilmu dan teknologi serta yang semakin canggih. Lalu bagaimana, apakah mitos tentang buah mengkudu tersebut benar? Berikut ulasannya.

Kandungan zat buah mengkudu sangat baik bagi tubuh, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Zat terpenoid . Zat ini merupakan kandungan pada mengkudu yang membantu proses sintesis organic yang berkhasiat untuk pemulihan sel-sel tubuh.
  2. Kandungan nutrisi. protein, vitamin dan mineral yang penting dan lengkap ada dalam buah mengkudu. Antioksidan bernama selenium yang ada pada buah mengkudu merupakan satu jenis antioksidan yang bagus.
  3. Zat anti. Diantaranya yaitu aeruginosa, staphylococcus aureus, protens morganii, escherichia coli dan bacillus subtilis. Zat-zat tersebut dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. Manfaat dari buah mengkudu juga memiliki khasiat untuk mengontrol bakteri serta mematikan mirip pathogen. Hal ini membuat buah pace mampu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Berikut adalah daftar bakteri yang bisa dibunuh oleh zat anti yang ada pada buah mengkudu.
    – S. Typhi.
    – Scotmuelleri.
    – Shigella dusenteriae.
    – Staphylococcus aureus.
    – Salmonella.
    – S. Pradysenteriae.
    – Pseudomonas aeruginosa.
    – E coli.
    – Bacillus subtilis.
    – Protens morganii.
  4. Zat anti kanker. Kandungan zat anti kanker dalam buah mengkudu ini sangat efektif dalam mengatasi sel kanker.
  5. Nutrisi. Pace memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Secara umum, pace ialah buah yang menunjukkan nutrisi secara lengkap. Berikut ini aneka macam macam nutrisi yang ada dalam buah mengkudu :
    – Protein.
    – Vitamin.
    – Mineral cukup. Mineral ada di dalam buah dan juga daun pace.
    – Selenium. Selenium merupakan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan tinggi.
    – Senyawa. Di dalam mengkudu juga terbisa aneka macam macam senyawa aktif. Senyawa dalam buah mengkudu ialah senyawa plants sterois, alizarin, lycine, caprylic acid, sosium, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium.
  6. Scolopetin. Scolopetin ialah sejenis senyawa yang bermnafaat untuk mengusir peradangan dan juga alergi.
  7. DLL.

Manfaat Buah Mengkudu dan Khasiatnya


Manfaat buah mengkudu bagus dalam memperbaiki kesehatan. Kandungan dan komposisi zat serta nutrisinya yang banyak membuat buah mengkudu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat memakan mengkudu atau pace.

  1. Mengkudu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah mengkudu memiliki keseimbangan yang tepat dari kandungan vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Dari seluruh nutrisi yang terkandung ini sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menjelaskan bahwa dengan meminum jus mengkudu ternyata dapat membantu serta melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Hal ini disebabkan karena dalam buah mengkudu terdapat banyak kandungan antioksidan alami mirip vitamin e dan koenzim q10 yang dibutuhkan oleh tubuh.
  2. Mengkudu berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang sudah terbukti bisa mencegah terjadinya peradangan. Selain itu, berfungsi juga dalam menurunkan resiko terkena agresi jantung.
  3. Berfungsi sebagai zat analgesik. Buah mengkudu sudah banyak dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk meredam sakit pada kepala. Sejak dulu sudah banyak orang yang menggunakan daun dan buah mengkudu sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi.
  4. Mengkudu dapat membantu dalam melawan kuman. Mengkudu mengandung berbagai senyaw, diantaranya yaitu antrsayainon, skopoletin dan terpana. Kandungan tersebutmemiliki sifat antibakteri, anti jamur serta antiparasit. Sehingga buah mengkudu baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh.
  5. Dapat berfungsi sebagai anti kanker. Sesuai penelitian, penelitian sudah menyatakan akan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone dalam kandungan mengkudu. Senyawa ini berfungsi mencegah kerusakan DNA dan kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.
  6. Mampu mengendalikan tekanan darah. Dengan mengkosumsi buah mengkudu dalam bentuk jus, buah segar atau suplemen, ia bisa mencegah resiko terkena hipertensi. Sehingga, tekanan darah menjadi lebih stabil.
  7. Mengatasi dan mencegah hipertensi. Campurkan dua buah mengkudu yang telah masak di pohon dengan satu sendok makan madu. Caranya, buah mengkudu diperas untuk diambil kadar airnya. Setelah itu, dicampur dengan madu dan disaring. Minum dan diulangi dua hari sekali.
  8. Demam juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah yang satu ini. Buah mengkudu dan rimpang kencur adalah bahannya. Cara membuatnya, kedua bahan direbus dengan dua gelas air hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas, selanjutnya disaring. Sebaiknya dikonsumsi dua kali satu hari.
  9. Menstabilkan tekanan darah. Buah mengkudu ini juga dapat menurunkan darah tinggi.hal tersebut dialasannyakan adanya zat fitonutrien scopoletin yang berfungsi melebarkan pembuluh darah.akibatnya jantung tersebut tidak dapat kerja keras,sehingga dapat menstabilkan tekanan darah.
  10. Mampu mengobati tumor dan kanker. Zat aktif dalam buah mengkudu yang dapat mengadang sel kanker dan tumor. Karena suplai makanan terhambat, maka tumor dan kanker dapat dimatikan.
  11. Mampu melancarkan pencernaan. Dengan konsumsi buah mengkudu secara kontinyu, ia juga dapat melancarkan pencernaan. Ia juga bisa mengatasi masalah perut seperti perut kembung, muntah, luka di usus halus serta radang lambung.
  12. Dapat meredakan batuk.
  13. Menghilangkan sisik yang terdapat pada kaki

Sekian informasi mengenai manfaat buah mengkudu dalam kesehatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply