Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Posted on
Manfaat Buah Kiwi – Buah kiwi merupakan salah satu buah-buahan yang berasal dari luar negeri. Biasanya, buah ini di Indonesia di import dari negara Eropa. Buah ini bisa dikatakan buah mewah. Ya, karena harga dari buah ini relatif mahal. Ini sah-sah saja. Namun dibalik semua itu, manfaat buah kiwi amatlah banyak bagi kesehatan. Jadi buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi siapapun. Bahkan untuk ibu hamil.

manfaat buah kiwi untuk kesehatan

Manfaat buah kiwi tak lepas dari apa yang ada didalamnya. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Ini sesuai penelitian dari Zespri Health Scinece Research. Bahkan, kandungan vitamin C yang dimiliki oleh buah kiwi lebih banyak apabila dibandingakn dengan buah jeruk. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang penting dalam tubuh. Ia berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Vitamin C juga mampu merawat kesehatan kulit dan membantu dalam mencegah kerusakan sel.

Kiwi memiliki tampilan yang menarik dengan rasa yang enak dan lezat. Ini yang membuat anak-anak tertaik untuk mengkonsumsinya. Apalagi di dalam buah kiwi juga terkandung gizi yang baik untuk kesehatan. Sehingga ini mampu meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh.

Walau harga buah kiwi relatif mahal, namun khasiat manfaat yang ada didalamnya mampu menghipnotis orang untuk membeli buah yang satu ini. Mau tahu apa saja manfaat buah kiwi? Berikut uraiannya.

Buah kiwi bermanfaat untuk pencernaan
Buah kiwi yang masih mentah memiliki kadungan actinidain, ia merupakan enzim protein-larut dan berfungsi dalam membantu mencerna makanan, ia seperti papain dalam pepaya atau bromelain dalam kandungan nanas.

Manfaat buah kiwi untuk tekanan darah
Buah Kiwi memiliki kalium yang tinggi. Kalium memiliki fungsi dalam membantu menjaga elektrolit. Cara kerjanya ayitu dengan menangkal efek natrium.

Kiwi untuk melindungi Kerusakan DNA
Kerusakan DNA dapat membuat berbagai masalah. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Collins, Horska dan Hotten, mereka menunjukkan bahwa kombinasi khusus dari antioksidan dalam buah Kiwi mampu membantu melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif. Banyak ahli juga menyimpulkan bahwa buah kiwi mampu membantu mencegah kanker.

Mampu meningkatkan kekebalan tubuh
Seperti yang sudah dikatakan, buah kiwi memiliki vitamin C tinggi. Ia berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga buah kiwi mampu memberikan kekebalan tubuh yang lebih baik.

Mengatasi masalah berat badan
Buah Kiwi juga memilki Indeks glikemik yang rendah  dan kandungan  serat tinggi. Sehingga, ini berarti tubuh tidak terburu-buru dalam membuat insulin yang kuat seperti buah lain yang memiliki kandungan gula tinggi. Hal ini juga mengakibatkan langsung menyimpan lemak.

Meningkatkan kesehatan metabolisme dan pencernaan
Karena kiwi juga mengandung serat, pasti ia juga bagus untuk metabolisme. Karena serat bermanfaat untuk melanarkan pencernaan. Ia juga bermanfaat untuk menghindari sakit sembelit atau konstipasi.


Manfaat kiwi untuk antitoksin
Buah kiwi juga dapat bermanfaat dalam mengikat dan memindahkan racun yang ada dalam saluran pencernaan. Ini karena dalam buah kiwi terdapat serat fuzzy.

Membantu mengatasi penyakit jantung
Dengan mengkonsumsi buah kiwi sebajak 2 sampai 2 buah dapat mengurangi potensi pembekuan darah sekitar 18% dan mengurangi trigliserida sekitar 15%. Sayangnya saat ini masyarakat sering menggunakan aspirin untuk mengurangi pembekuan darah. Hal ini tentu memilki efek samping termasuk peradangan dan pendarahan usus. Namun dengan makan buah kiwi ini, kita akan terhindar dari efek samping tersebut.

Bermanfaat baik untuk penderita diabetes
Bagi Anda yang terserang diabetes, buah kiwi juga sangat bermanfaat. Ini karena buah kiwi memiliki indeks glikemik rendah. Sehingga gula dalam darah tidak meningkat dengan cepat. Jadi buah ini aman untuk pasien dengan penyakit diabetes.

Melindungi dari degenerasi makula
Degenerasi makula meruakan penyebab utama seseorang untuk kehilangan penglihatan. Namun ada sebuah penelitian dengan  sampel lebih dari 110 ribu pria dan wanita menunjukkan bahwa makan 3 porsi buah per hari. Hasilnya, orang tersebut akan mengalami penurunan degenerasi makula sebesar 36%. Ini dikarenakan dalam buah kiwi memiliki lutein dan zeaxanthin yang tinggi. Dimana keduanya merupakan bahan alami yang ada di mata manusia.

Untuk menjaga keseimbangan alkaline
Kiwi termasuk kedalam kategori buah paling basa. Ini artinya, kiwi mempunyai pasokan kaya mineral yang dapat menggantikan kelebihan asam. Dengan seimbangnya pH dalam tubuh dapat bermanfaat juga untuk : mendapatkan kulit muda, tidur yang lebih nyenyak, energi fisik yang lebih berlimpah, mencegah dari penyakit flu, dapat mengurangi resiko arthritis, dan mengurangi resiko osteoporosis.

Untuk kesehatan kulit
Kiwi adalah salah satu buah yang berperan sebagai sumber vitamin E dan C. Ia merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari degenerasi.

manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Sebagai catatan saja, buah kiwi juga memiliki zat oksalat, ia merupakan sebuah zat yang terjadi secara alami di banyak tanaman dan juga hewan. Apabila oksalat menjadi terlalu terkonsentrasi di cairan tubuh, maka ia dapat mengkristal dan menimbulkan masalah kesehatan. Bagi orang yang memiliki masalah penyakit ginjal dan kandung empedu harus menghindari buah kiwi ini.

Buah kiwi juga bermanfaat untuk Anda para ibu hamil. Ia mampu menjaga kesehatan saat anda sedang hamil. Kandungan nutrisi dan gizinya sangat baik. Ia tak salah menjadi makanan sehari-hari para ibu hamil. Denganbuah kiwi, ibu hamil dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bagi bayi. Ini harus dilakukan sejak masih dalam kandungan. Untuk anda yang ingi bayinya lahir dengan sempurna, konsumsilah buah kiwi. Buah kiwi juga tidak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan saraf otak janin, namun ia juga memiliki manfaat untuk membantu mencegah terjadinya cacat saraf mata. Dari kebutaan, katarak, mata minus hingga penyakit mata yang lainnya.

Leave a Reply