Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on
Manfaat Buah Jeruk – Buah jeruk merupakan buah yang sering dijumpai. Jeruk ini adalah salah satu buah yang merakyat. Buah ini menjadi primadona karena warna yang menarik dan rasa manisnya. Selain itu, buah jeruk juga identik dengan vitamin C. Namun sebenarnya tidak hanya vitamin C saja yang ada di dalamnya. Masih banyak kandungan nutrisi yang lainnya.
Manfaat Buah Jeruk

 

Buah jeruk bisa dikonsumsi secara langsung. Namun selain itu, kita juga bisa mengubahnya menjadi jus yang menyegarkan. Jeruk juga banyak jenisnya ada jeruk nipis, jeruk bali, lemon dan lainya. Nutrisi yang sehat yang ada dalam buah jeruk diantaranya yaitu protein, kalori, dan serat, serta masih ada lainnya.

Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan 

Mencegah resiko kanker dan kerusakan DNA
Jeruk sudah lama diketahui sebagai sumber vitamin C yang baik. Vitamin C merupakan jenis antioksidan. Vitamin C ini dapat digunakan dalam mencegah penyakit kanker dan juga mencegah kerusakan DNA.

Manfaat jeruk dalam menangkal flu
Vitamin C juga berguna dalam menangkal radikal bebas. Ia juga berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga dengan memakan jeruk, kita bisa menghindari terkena flu.

Menjaga kesehatan darah dan menurunkan kolesterol
Jeruk juga mengandung vitamin B6. Ia berfungsi dalam membantu dalam produksi hemoglobin pada sel darah merah. Ia juga membantu dalam menjaga tekanan darah. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti asal Kanada dan Amerika Serikat, di dalam kulit jeruk mengandung Polymethoxylated flavon. Zat inilah yang berfungsi dalam menurunkan kolesterol.

Mengandung beta-cryptoxanthin
Zat beta-cryptoxanthin adalah sutu zat yang berfungsi dalam menurunkan resiko terkena serangan kanker dan paru-paru.  Beta-cryptoxanthin, merupakan zat karotenoid yang berwarna orange-merah. Zat tersebut bisa ditemukan pada buah atau sayur yagn berwarna kuning kemerahan seperti jeruk, jagung, dan labu.


Membantu dalam mencegah resiko diabetes
Serast dalam buah jeruk berfungsi dalam membuat kadar gula darah tetap seimbang. Jadi, hal ini dapat dimanfaatkan bagi para penderita penyakit diabetes. Gula yang terkandung dalam jeruk yaitu gula sederhana, seperti fruktosa. Namun perlu diingat, konsumsi jeruk secukupnya dan jangan berlebihan. Karna sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik.

Memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit
Antioksidan yang terdapt dalam jeruk dapat membantu dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Radikal bebas dapat membuat kulit memiliki tanda-tanda penuaan. Dengan memakan satu buah jeruk saja dalam sehari, ini bisa membantu dalam mempertahankan keremajaan kulit meski usia sudah di angka 50 tahun.

Manfaat Jeruk Untuk Kecantikan
Antioksidan sudah kita ketahui mampu melawan dampak negatif dari serangan radikal bebas. Radikal bebas tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Berikut adalah manfaat jeruk bagi kecantikan.

Membantu mengecilkan pori-pori kulit yang terbuka
Pori-pori yang terbuka dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Selain itu pori-pori kulit terbuka juga mengakibatkan kulit menjadi terinfeksi. Untuk mengatasinya kita perlu menutup pori-pori kulit yang terbuka tersebut dengan membasuh kulit wajah dengan jus jeruk. Diamkan selama seperempat jam. Setelah selesai bilas dengan air dingin. Sebaiknya, kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan.

Membantu dalam mencegah dan mengurangi jerawat
Kandungan asam sitrat dalam jeruk memiliki fungsi untuk membantu masalah kulit wajah yang berminyak. Jeruk juga bisa digunakan dalam mengeringkan jerawat serta mengatasi bekas luka akibat dari jerawat. Karena manfaat inilah, jeruk sering digunakan dalam produk kecantikan.

Membantu membuat kulit putih
Kulit jeruk ternyata juga memiliki kandungan yang dapat membantu dalam membuat kulit putih. Ia juga dapat digunakan dalam mengurangi binti-bintik dan belang di kulit. Caranya yaitu peras dan gosok kulit jeruk yang segar pada kulit secara teratur. Kulit wajah sambil dipijat selama 15 menit. Setelah selesai bilas dengan air dingin.

Manfaat jeruk untuk rambut mengkilap
Jeruk jga dapat digunakan sebagai kondisioner yang alami. Untuk membuatnya yaitu campurkan jus jeruk dengan madu. Campuran kedua bahan tersebut lalu dioleskan pada rambut. Setelah merata lalu rambut dipijat secara perlahan dan diamkan sebentar. Setelah selesai bilas dengan air besih.

Membantu dalam mengelupas kulit
Sebaiknya ketika kita sedang makan buah jeruk, sebaiknya kulitnya juga dimanfaatkan agar tidak terbuang sia-sia. Kulit jeruk ini bisa dimanfaatkan untuk membantu dalam mengelupas kulit atau sebagai scrub yang alami. Caranya, pertama, keringkan kulit jeruk dengan cara menjemurnya. Tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan kulit jeruk dengan oatmeal, gula dan madu.

Bermanfaat untuk toner
Kulit jeruk juga digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit lebih bersinar. Kita bisa menggunakannya sebagai toner. Caranya rebus kulit jeruk dengan air. Setelah mendidih biarkan selama satu malam. Saring untuk mendapatkan airnya saja. Selanjutnya kita simpan ke dalam lemari pendingin. Selanjutnya bisa digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *