Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan dan Kulit

Posted on

Manfaat Buah Ceri – Buah ceri kerap kali tumbuh liar di pinggiran jalan. Ini karena ceri memang tidak butuh perawatan yang khusus. Ia bisa tumbuh dengan mudahnya di sembarang tempat. Buah ceri merupakan salah satu buah yang berasal dari tanaman bergenus prunus. Banyak aneka ragam dari tanaman ceri diantaranya yaitu p. Cerasus, p. Avium, p. Emarginata, dan lainnya. Di benua Eropa, buah ceri bisa dipanen saat bulan juni, sedangkan di australia buah ceri bisa dipanen pada saat hari natal.

manfaatbuahceri

Buah ceri merupakan salah satu buah yang dapat dikonsumsi, selain itu manfaat buah ceri juga cukup melimpah. Ia juga sering disajikan bersama olahan lain seperti kue dan minuman.

Tanaman ceri memiliki unik dan banyak ditanam menjadi tanaman hias. Daunya berbentuk mirip payung dan sangat bagus jika diletakkan di taman.

Kandungan Buah Ceri

Buah ceri memiliki kaya manfaat bagi kesehatan. Saat buah ceri diproduksi hingga mencapai 3 juta ton. Ia memiliki kandungan anthocyanin sebagai pigmen warna merah yang juga merupakan antioksidan dan memilki kegunaan untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan, anthocyanin adalah salah satu pencegah rasa sakit yang memiliki efek lebih baik daripada aspirin.

Bagi penderita maag maupun sensitif dengan asam, lebih baik menghindaqri makan buah ceri. Ini karena buah ini mengandung zat asam yang cukup tinggi. Buah ceri juga tidak boleh diolah dengan suhu tinggi. Penyebabnya yaiu ia bisa menghilangkan kandungan berupa anthocyanin.

Manfaat Buah Ceri

1. Mengatasi rasa nyeri
Manfaat buah ceri dapat mengatasi asam urat, ini disebabkan oleh adanya kandungan kimia yang berupa anthocyanin yang ampuh mengurangi peradangan. Jadi, nbuah ini bisa digunakan dalam  mengurangi nyeri sendi, efek dari osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.


Penelitian yang dilakukan oleh Human Nutrition Research Center di University of California mengatakan bahwa perempuan yang mengonsumsi 280 gram tart berbahan ceri, ini bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah sebanyak 15 % dengan waktu semalam.

2. Dapat memulihkan otot
Buah yang satu ini mengandung zat anti inflamasi. Ia berfungsi dalam membantu mengurangi nyeri otot. berdasarkan studi yang dilakukan oleh Oregon Health and Science University di Amerika menjelaskan bahwa atlet yang mengkonsumsi jus ceri sebelum lari jauh. Ia memiliki lebih sedikit mengalami nyeri otot setelah lomba dibandingkan dengan yang tidak minum jus ceri.

3. Ceri dapat membantu tidur nyenyak.
Kandungan dari melatonin di dalam ceri mampu membantu otak untuk mengatur tidur. Ia juga mampu atasi jet lag dan mampu mencegah hilangnya memori serta menunda proses penuaan.

4. Dapat meningkatkan libido
Untuk pasutri, buah ceri juga sangat bermanfaat dalam kehidupan percintaan Anda. Ini dikarenakan ceri juga mengandung zat vitamin A dan C yang dipercaya  bisa meningkatkan libido pada pria dan wanita.

5. Duretik menjadi lebih baik
Kalium yang wajar serta tidak adanya natrium dapat membuat buah ceri menjadi diuretik yang sangat efektif.

6. Buah ceri bermanfaat untuk menghaluskan kulit
Seorang ilmuwan dari michigan state university di amerika serikat meyebutkan dengan kita meminum jus ceri setiap hari bisa dapat memperlambat proses penuaan. Ini karena ceri mengandung hingga 17 jenis anti oksidan di dalamnya. Ia juga mampu menyembuhkan dan mengatasi jerawat, rosacea dan juga vulgaris.

7. Ceri sebagai penyokong nutrisi
Buah ceri memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Ini tentu sangat bermanfaat dalam masalah kesehatan tubuh kita. Kandungan kalori yang rendah ini juga membuatnya aman dikonsumsi oleh siapapun. Sehinffa, ceri aman untuk program diet.

8. Membantu dalam pengeluaran racun
Buah ceri ini juga membantu dalam mendetoksifikasi racun. Sehingga detoksifikasi menjadi maksimal.Manfaat detox alami ini berlangsung dengan aman terkendali. Ini tentu tidak akan menimbulkan efek samping.

9. Mengatasi masalah gigi
Buah ceri bermanfaat juga layaknya sikat gigi alami, ini karena ia ternyata mampu menghambat aktifitas enzim yang menyebabkan pertumbuhan plak pada gigi.

Demikianlah manfaat dari buah ceri. Walau kecil tapi bermanfaat kan?

Leave a Reply