Manfaat Buah Bengkoang Untuk Ibu Hamil

Posted on
Manfaat bengkoang untuk kulit sudah banyak kita ketahui. Buah bengkoang lebih dikenal sebagai obat alami yang bagus untuk merawat kulit dan juga  memutihkan kulit. Sehingga ia seringkali dijadikan masker wajah ataupun body lotion. Namun tahukah Anda mengenai manfaat bengkuang untuk ibu hamil? Kami akan ulas ini selanjutnya. Buah bengkuang ditemukan pertama kali di daratan Amerika oleh orang Spanyol. Buah bengkuang dibawa ke Indonesia pada abad ke 17. Buah ini dulu jarang dimakan secara langsung, namun biasanya buah ini dijadikan rujak terlebih dahulu.
Manfaat Buah Bengkoang Untuk Ibu Hamil

Buah bengkoang bagus dimakan saat hamil. Tidak hanya rasanya yang segar dimulut namun juga banyak mengandung  mineral dan juga vitamin. Apalagi saat mengalami kehamilan, bumil atau ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang kopmpleks. Dan ada juga yang harus dihindari seperti buah nanas muda. Nanas muda ini dapat menggugurkan kandungan.

Berikut adalah beberapa manfaat buah bengkoang untuk ibu hamil.

Sebagai sumber tenaga
Bengkoang memiliki kandungan gula di dalamnya. Gula yang terdapat dalam bengkoang ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil, apalagi gula tersebut merupakan gula sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui, gula atau glukosa merupakan bahan yang naninya akan diubah menjadi energi pda pada proses katabolisme.

Membantu dalam proses pertumbuhan tulang pada janin
Selain sebagai sumber energi, buah bengkoang juga kaya akan kandungan mineral termasuk kalsium. Kalsium ini berfungsi dalam membantu proses pembentukan tulang dan gigi. Sehingga ini sangat penting bagi janin. Kalsium ini juga penting unruk membantu dalam penyerapam vitamin D.


Membantu proses perkembangan otot pada janin
Kalsium yang dibutuhkan janin cukup besar. Ini berguna dalam membentuk sistem kerangka dan syaraf. Hal ini akan terjadi pada saat janin masuk ke semester satu dan dua. Asupan kalsium dapat diperroleh dengan mengkonsumsi bengkoang. Bengkoang terbilang efektif dalam mendukung pembentukan sistem syaraf, sinyal syaraf, dan otot jantung.

Mengatasi gangguan pada pencernaan
Masalah yang sering terjadi pada sat proses kehamilan yaitu konstipasi atau sembelit. Untuk mencegah terjadinya sembelit, ibu hamil disarangkan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat. Nah selain itu, buah bengkoang juga mampu atasi masalah sembelit. Ini karena bengkoang mengandung serat dengan kandungan zat inulin yang cukup besar. Sebuah penelitian membuktikan bahwa inulin mampu melancarkan fungsi usus, mengatasi sembelit serta melancarkan peredaran darah pada saluran pencernaan.

Menjaga immunitas tubuh
Saat wanita sedang hamil, kebanyakan dari mereka memiliki immunitas yang menurun. Dengan kondisi yang seperti ini, tubuh akan rentan terhadap serangan penyakit. Dan sering juga wanita hamil merasa kelelahan walau tidak menjalani aktifitas apapun. Untuk atasi hal ini, bumil bisa konsumsi buah bengkoang ini. Kandungan di dalam buah bengkoang yang mampu menjaga immunitas yaitu vitamin C dan antioksidan. Bengkoang ternyata juga bisa membantu ibu hamil dalam melawan kolesterol.

Mengatasi nyeri lambung
Ibu hamil terkadang tidak mengkonsumsi makanan. Hal ini dapat menyebabkan lambung menjadi nyeri. Nyeri lambung bisa terjadi karena ada gangguan pada organ lambung. Bisa juga karena asam lambung yang teralu tinggi. Bengkoang juga bermanfaat dalam menetralkan lambung. Sehingga ibu hamil akan terhidar dari mual-mual.

Merupakan sumber vitamin B kompleks
Setiap bumil membutuhkan asupan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks berfungsi dalam kesehatan, ia berguna dalam meningkatkan kesehatan dan memproduksi sel darah merah. Vitamin ini juga untuk membantu perkembangan janin pada neurotransmiter dan sistem syaraf pada otak janin.

Membantu proses pembentukan sistem syaraf
Karena bengkuang mengandung folat, sehingga membuat bengkoang mampu membantu membangun sisten syaraf. Ia juga berfungsi dalam mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat.

Tidak mengandung lemak
Bengkoang merupakan salah satu yang mimilikikandungan air yang lebih banyak. Selain itu, ia juga tidak memiliki kandungan lemak. Jadi untuk Anda yang ingin mengatur berat badan, konsumsilah bengkuang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *