Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Belimbing – Siapa sih yang nggak tahu buah belimbing? Buah belimbing adlah salah satu buah yang bisa dinyanyikan dalam bahasa jawa. Judul lagunya adalah “Cah Angon.” Jadi salkus mikirin lagu. Walah dalah. Oke fokus ke buah belimbing saja.

Buah belimbing memiliki warna kulit yang hijau sewaktu mentah. Sedangkan pada saat sudah matang yaitu berwarna kuning, orange, dan ada yang agak kemerahan. Tapi yang umum yaitu belimbing dengan warna kulit kuning.

manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh

Rasa belimbing sangat nikmat. Ada asem dan ada kecutnya. Ia bisa dijadikan berbagai olahan makanan. Warnanya yang menggoda membuat semua orang ingin memakannya.

Ada satu jenis dari belimbing yang disebut belimbing wuluh. Belimbing jenis ini sering digunakan untuk bumbu pada masakan. Fungsinya yaitu untuk memberikan rasa asam pada masakan.

Wilayah yang terkenal dengan hasil  belimbing kota Demak, provinsi Jawa Tengah. Belimbing daerah Demak terkenal ukurannya yang besar. Warna kulitnya kuning cerah. Untuk rasanya juga manis.

Belimbing Bermanfaat Untuk Darah Tinggi

Berbicara manfaat belimbing, ia mampu membantu untuk atasi darah tinggi.
Buah belimbing mengandung beberapa mineral dan juga elektrolit. Kandungan kalium, fosfor, seng dan besi juga termasuk ke dalamnya.


Kalium adalah satu zat yang penting untuk sel dan cairan tubuh. Mereka berbua mampu mengendalikan denyut jantung serta tekanan darah. Oleh karena itu, hal inilah yang membuatnya mampu mengurangi pengaruh buruk dari sodium.

Penyembuhan hipertensi dengan menggunakan terapi dengan belimbing, yaitu dengan cara mengkonsumsi buah tersebut secara kontinyu.

Belimbing Untuk Penderita Penderita Diabetes dan Obesitas

Buah belimbing ternyata juga bermanfaat untuk atasi penyakit diabetes dan kegemukan atau yang biasa disebut dengan obesitas. Kedua penyakit ini adalah penyakit yang lumayan umum nanmun kita tak akan pernah menginginkan untuk mengidapnya bukan?

Setiap orang ingin sehat. Nikmat sehat adalah salah satu harta yang tak ternilai. Tapi kalau kata abang roma, harta yang tak ternilai adalah keluarga. Ya, memang keduanya sama-sama benar. Buah belimbing juga bermanfaat untuk atasi diabetes dan obesitas.

Pada belimbing ada sebuah zat yang bernama pektin. Zat pektin memiliki manfaat untuk mengurangi kolesterol pada darah. ia mampu mengikat kolesterol serta mengeluarkan asam empedu pada proses sekresiyang dilakukanya. Ini tentu akan sangat baik bagi para penderita gejala penyakit diabetes.

Buah Belimbing Untuk Kulit

Buah belimbing selain bermanfaat untuk kesehatan. Ia juga memiliki khasiat di bidangwanita dan  kecantikan. Untuk mendapatkan manfaat buah belimbing untuk kulit kita yaitu dengan cara memakainya sebagai masker. Ia mampu secara alami untuk meremajakan kulit. Sehingga kulit kita akan menjadi terlihat muda.

Belimbing juga memiliki vitamin A dan juga vitamin C. Kedua vitamin ini mampu mencegah penuaan dini.  Oleh karena itulah, kita bisa menangkal  kerutan garis halus, flek hitam, wajah kusam, kasar. Kulit yang terlihat segar bisa kita peroleh dengan perawatan kulit dengan belimbing secara intensif.

Leave a Reply