Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on
Manfaat Biji Selasih – Anda tentu tidak sudah asing lagi dengan biji warna hitam kecil dan dikelilingi warna putih bening di bagian luarnya. Biji tersebut merupakan selasih yang besarnya seukuran wijen. Selasih sudah biasa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk campuran berbagai minuman dingin sebagai pelengkap.
Jika ingin membuat biji selasih sendiri, selasih mampu dibuat dengan bunga daun kemangi yang telah kering.
Saat bunga kemangi sudah kering, ia akan mengeluarkan biji-biji yang berukuran kecil dengan warna hitam. Untuk mendapatkan biji selasih, biji tersebut harus direndam dengan air, sehingga nantinya akan muncul seperti selaput putih bening dipinggiranya.
Manfaat Biji Selasih

Selasih merupakan tumbuhan terna yang paling banyak dikhasiatkan pada bagian buah, daun serta bijinya. Dengan mempunyai nama ilmiah ocimum, selasih termasuk dalam kelompok pembagian terstruktur tentang tumbuhan yang berkerajaan plantae. Mempunyai khasiat rempah dan mempunyai rasa yang langu, manis, harum dan menyegarkan. Salah satu dari jenis selasih ada juga yang membuat insan mabuk, namun tidak sepenuhnya begitu, salah satunya yaitu kemangi. Selasih diduga berasal dari asia tenggara, namun ada juga yang beranggapan bahwa berasal dari negara india. Basilikum atau ocimum merupakan golongan tanaman yang diambil manfaat daunnya, bunga dan bijinya bermanfaat sebagai rempah-rempah dan juga sebagai penyegar (tonikum).

Yang paling umum untuk dipergunakan oleh kalangan masyarakat di indonesia merupakan bijinya yang digunakan campuran es. Dan dari bergam aneka olahan tersebut, ia memiliki fungsi serta khasiat yang bisa did apat, sangat tidak dipungkiri bahwa biji selasih atau biji kemangi ini memiliki beragam kandungan yang baik didalamnya.

Kandungan dalam biji selasih diantaranya merupakan : eugenol, tymol, dan metal eugenol. Selain daun kemangi berguna sangat baik jika kita konsumsi sebagai lalapan, namun biji selasih juga berkhasiat untuk kesehatan. Berikut adalah ulasan dan  penjelasan mengenai khasiat dan manfaat biji selasih untuk kesehatan dan kecantikan kulit serta wajah.

 

Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

1. Mampu mengurangi efek buruk nikotin

Selasih juga turut berperan penting dalam meminimalisir efek negatif dari nikotin yang telah dihirup dihirup bersama rokok. Bagian dari tanaman yang dapat digunakan terutama yaitu daunnya.

2. Mampu menguatkan imunitas dalam tubuh


Selasih juga efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan oleh kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada didalamnya.

3. Dapat menyembuhkan sembelit dan juga perut kembung

Biji selasih memiliki juga memiliki efek karminatif. Efek ini yaitu yang membantu menyembuhkan banyak sekali problem pencernaan yaitu seperti perut kembung, kram perut, berak tidak teratur serta  sembelit.

Dan untuk penyembuhan radang lambung, kita memerlukan 5gr biji selasih. Kemudian, rebus bersama 200cc air, masukkan 1sdm madu. Minum airnya di saat masih hangat. Konsumsi di saat pagi hari dan petang, masing-masing setengahnya.

4. Biji selasih mampu sembuhkan batuk
Biji selasih memiliki antispasmodik yang berguna dalam membantu penyembuhkan batuk rejan. Biji ini tidak jarang dimanfaatkan untuk ekspektoran maupun obat batuk. Caranya yaitu, secangkir teh yang dicampur dengan biji selasih.

5. Mampu meredakan stres
Biji selasih memmiliki efek menenangkan dan bisa memperbaiki suasana hati, ia mampu menyembuhkan kelelahan, syaraf tegang, migrain, dan depresi. Biji bunga kemangi yang satu ini tidak jarang digunakan sebagai bahan aromaterapi.

6. Meredakan gangguan pada pernafasan
Minuman jahe yang telah dicampur dengan biji selasih serta madu, ia bisa digunakan untuk obat alami dalam mengatasi gangguan saluran pernafasan seperti penyakit asma dan bronkitis. Caranya yaitu dengan merebus kedua bahan tersebut bersama segelas air dalam beberapa menit. Setelah dingin, kita saring airnya. Kemudian tambahkan madu secukupnya.

7. Menyembuhkan luka serta infeksi pada kulit
Minyak alami yang terdapat dalam ekstrak biji selasih bisa digunakan dalam membantu proses penyembuhkan infeksi kulit dan luka di tubuh.

8. Menurunkan kadar gula dalam darah
Menurut sutter gould medical foundation, kemampuan biji selasih untuk membantu menormalkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Selain itu, selasih juyga efektif dalam mengontrol gairah makan.

9. Mampu menguatkan tulang
Tanaman yang satu ini memiliki anti inflamasi yang membantu menyembuhkan sakit arthritis. kalsium yang dimiliknya berkegunaan untuk meningkatkan kepistiadatan tulang, serta mencegah tulang keropos (osteoporosis).

Manfaat Biji Selasih untuk Kecantikan

  • Mampu menghaluskan dan melembabkan kulit pada wajah
  • Mampu menghilangkan garis halus
  • Mampu mengatasi kantung pada mata
  • Dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah
  • Dapat mengecilkan perut yang buncit

Jika mengkonsumsi biji selasih, bukan hanya kaum wanita saja, priapun juga sama. Dampak dari mengknsumsi biji selasih yaitu sangat baik untuk kesehatan. Ini artinya, biji selasih bisa jadi salah satu obat alternatif yang mungkin lebih relatif mudah ditemukan.

Leave a Reply