Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Posted on

Manfaat Biji Mahoni – Mahoni, siapa yang tidak tahu dengan tanaman yang ini. Buahnya ini memang tidak bisa dikonsumsi secara eksklusif, tapi bagi anak kecil sangat mengenal buah yang satu ini. Buah yang satu ini bukan untuk dikonsumsi melainkan untuk permainan baling-baling. Cukup hanya lemparkan mahoni ke atas maka ia akan berputar-putar.

Ada beberapa kegunaan manfaat mahoni yang bisa kita dapatkan, beberapa diantaranya merupakan untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tingi, gangguan gula darah, kurang semangat makan, mencegah tersumbatnya saluran darah, mengurangi kadar kolesterol dan kadar lemak pada dinding pembuluh darah, membantu mengurangi rasa penyakit, pendarahan dan lebam.

Oleh sebab itu, mahoni tak salah bila malaysia menyebut mahoni sebagai sky fruit. Ini disebabkan karena ia merupakan buah yang memiliki khasiat manfaat yang benar-benar luar biasa. Sampai-sampai membuat negeri tetangga ini bayak menjadikan mahoni sebagai bahan dasar dari produksi obat.

Berbeda dengan negeri sendiri. Begitu banyaknya pohon mahoni tapi malah dibiarkan berguguran di jalan. Tak ayal bila mahoni yang sangat berkegunaan hanya dikegunaankan ala kadarnya oleh penduduk pribumi. Terkadang anak yang berumur lebih dari dua tahun masih saja ingin asi pada ibunya. Padahal ini sudah tidak boleh diberikan.

Alasannya merupakan anak yang mengonsumsi asi pada ibunya bukan mengonsumsi melainkan mengonsumsi darah. Hal ini dialasannya merupakankan oleh ketangguhan anak yang semakin tangguh. Dan akan semakin banyak penyakit yang disedot oleh anak. Oleh alasannya merupakan itu biji mahoni sangat berkegunaan untuk menyelesaikan duduk perkara ini.

Dengan cukup mengoleskan biji mahoni pada payudara, maka anak akan jera sendiri dan tak akan mau minta asi. Biji mahoni ternyata bukan hanya berkegunaan bagi kehidupan insan. Tetapi juga sangat memiliki kegunaan bagi hewan ternak.

Dengan memadukan biji ini dalam minuman ternak maka semangat makan ternak akan meningkat. Selain itu biji mahoni juga bisa bekerja sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Dengan adanya mahoni kulit anda akan selalu tetap terjaga dari sengatan liar matahari.

Mahoni bersifat anti-jamur dan anti-piretik (menurunkan panas). Buah pahit ini juga berguna untuk menurunkan hipertensi, mengembalikan selera makan, menyembuhkan demam, dan meningkatkan immunitas. Manfaat paling besar dari biji mahoni ialah sebagai obat malaria dan diabetes. Sedangkan efek samping penggunaan biji mahoni dalam dosis berlebihan mampu memicu terbentuknya batu empedu.


1. Menjadikan jantung lebih sehat
Kandungan flavonoid yang terdapat dalam biji mahoni berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah. Sedangkan saponin sangat berguna untuk kesehatan jantung. Kombinasi dari 2 senyawa tersebut menjadi sempurna dan memiliki manfaat untuk jantung kita supaya lebih sehat.

2. Menjaga kondisi gula darah
Kandungan saponin bermanfaat untuk mengalirkan gula darah secara lancar. Sehingga kadar gula darah tetap dalam kondisi normal.

3. Berfungsi sebagai obat serangga yang alami
Biji mahoni yang sudah dihaluskan jadi bubuk, memiliki manfaat untuk suplemen kekebalan tubuh agar terlindungi dari bahaya gigitan serangga. Hal ini, karena salah satu kegunaan saponin yaitu mencegah serangga.

4. Untuk memperlancar buang air besar
Membantu dalam kelancaran proses metabolisme. Sehingga ia mampu melancarkan buang air besar. Caranya yaitu dengan menghaluskan biji mahoni terus disedu dengan air hangat. Kemudian diminum.

5. Memperpanjang usia
Penyakit alzheimer merupakan penyakit yang ganas serta tidak regeneratif. Tapi dengan meminum secangkir susu dengan perpaduan tambahan bubuk biji mahoni, ia akan membantu tubuh menjadi lebih sehat dan bertambah umurnya.

6. Meminimalisir rasa sakit ketika haid
Ketika wanita mengalami haid, biasanya rasa sakit dan nyeri pasti terasa. Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri ialah memakan biji mahoni.

7. Dapat meningkatkan kesuburan hormon pria dan wanita.
Agar hubungan suami istri menjadi lebih harmonis, jaga selalu vitalitas supaya selalu fit diperlukan suplemen. Salah satu suplemen alami ialah buah mahoni.

Cara konsumsi biji mahoni

1.  Cara pertama, Anda bisa langsung makan biji mahoni setelah kulit luarnya sudah dikupas. Ini bisa dilakukan kalau Anda tahan rasa pahitnya.

2. Cara kedua yaitu, seduh bubuk yang dibuat dari biji mahoni yang telah ditumbuk halus ke dalam air panas.

3. Selain itu, ada juga berbagai ekstrak biji mahoni kini dibuat. Ada yang dikemas dengan bentuk serbuk, kapsul, minyak esensial, serbuk instan, dll. Pilih sesuai selera yang anda suka.

Untuk membuat serbuk, keringkan biji mahoni selanjutnya giling sampai halus.

Efek samping penggunaan mahoni

Konsumsi biji mahoni secara berlebihan mampu memicu timbulnya kolesterol di dalam cairan empedu. Ia mampu menyebabkan batu empedu. Hal ini karena adanya kandungan saponin dan flavonoid dalam mahoni. Jadi, dosis paling banyak per hari yaitu 200 mg.

Flavonoid yang terkandung di dalam mahoni memang efektif untuk menurunkan hipertensi. Namun apabila penggunaannya secara berlebih, ia mampu menyebabkan efek tidak baik bagi tubuh. Jadi, anda harus baik dan bijak dalam memakan biji ini. Menurut para ahli herbal, dosis yang sempurna dalam memakan biji mahoni yaitu 1 biji per harinya. Ini jikalau biji tersebut dimakan sebagai obat alami. Sedangkan dalam bentuk ekstrak, anda mampu menyesuaikan dosisnya.

Leave a Reply