Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Posted on
Manfaat Beras Merah – Apa Anda tahu beram merah itu apa? Atau mungkin Anda bahkan belum pernah mencicipinya. Padahal kalau manfaat beras merah, pasti banyak orang yang berduyun-duyun untuk mencari untuk mengkonsumsinya. Bahkan beras merah ini memiliki manfaat untuk menunjang program diet. Beras merah juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Baik pula kalau dijadikan sebagai bubur bagi bayi.

Manfaat beras merah jika dipadukan dengan mengkonsumsi buah-buahan atau makanan sehat lainnya maka ia dapat melindungi tubuh dari penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Ia bagus dijadikan menu diet karena beras merah ini mampu mengontrol berat badan supaya ideal.

manfaat beras merah untuk kesehatan

Kenapa beras merah dapat bermanfaat bagi tubuh? Ini karena di dalam beras merah mengandung nutrisi yang menyehatkan. Nutrisi-nutrisi tersebut diantaranya yaitu karbohidrat, serat, vitamin B dan asam amino. Tentu kandungan ini akan tetap terjaga apabila cara pemasakan beras merah baik dan benar.

Sejatinya, untuk menghasilkan beras yang bagus, padi atau gabah lebih baik ditumbuk secara tradisional daripada digiling menggunakan mesing penggiling padi.  Ini bertujuan untuk menjada beras tidak mengalami remuk. Ini dapat mengakibatkan beras nantinya mengalami kehilangan nutrisi atau kandungan.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Manfaat beras merah untuk mengurangi resiko terkena kanker usus
Kandungan selenium dan polifenol yang tinggi dalam beras merah sering dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar. Beras merah sudah diketahui memang memiliki kandungan fenol yang lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Selain itu, serat yang ada pada beras merah juga sangat baik untuk usus. Serat dapat membantu dalam melancarkan proses BAB. Selain itu, serat dan juga antioksidan berfungsi membantu menghindari berbagai jenis kanker karena radikal bebas.


Manfaat beras merah dalam membantu mencegah penyakit jantung
Karena beras merah mengandung serat, jadi ia cocok untuk diet. Sehingga ini akan menurunkan produksi lemak. Sehingga cocok untuk mengatasi dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Manfaat beras merah untuk kadar gula darah
Dengan mengkonsumsi beras merah, membuat gula darah memiliki waktu lebih lama untuk masuk ke aliran darah. Ini karena kandungan seratnya lebih tinggi. Selain itu, ia juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Faktor-faktor tersebut dapat membuat darah menjadi stabil dan dapat mengurangi diabetes dengan tipe 2.

Manfaat beras merah untuk sistem saraf 
Mangan yang ada pada beras merah memiliki fungsi untuk memproduksi asam lemak sera hormon yang diperlukan untuk kesehatan saraf. 

Manfaat beras merah untuk mencegah batu empedu
Dala sebuah penelitian menunjukan bahwa diet menggunakan beras merah yang aya akan serat dapat menurunkan resiko terkena batu empedu untuk wanita.

Membantu menjaga kesehatan tulang
Beras merah mengandung magnesium di dalamnya. Magnesium merupakan suatu  nutrisi yang diperlukan dalam membangun tulang serta mencegah kekurangan kalsium. Kalsium ini penting bagi tulang untuk menghindari terkena penyakit osteoporosis. 

Manfaat beras merah untuk menurunkan kolesterol jahat
Kandungan minyak esesnsial yang ada dalam beras merah diyakini bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Ia juga membantu dalam menurunkan LDL. Ini tentu akan bagus untuk tubuh sehat kita. 

Manfaat beras merah untuk berat badan ideal
Beras merah juga mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan serat pada beras putih. Sehingga ia akan menjaga perut dalam kondisi kenyang lebih lama dibanding dengan beras putih. Selain itu, kandungan gula atau gikemiknya juga lebih rendah. 

Manfaat beras merah untuk mencegah sembelit
Serat yang ada dalam beras merah sangat baik untuk pencernaan. Ia mampu memperlancar pencernaan sehingga mengurangi resiko terkena sembelit dan membuat pencernaan lebih sehat. 

Leave a Reply