Manfaat Bawang Merah Terhadap Kesehatan

Posted on

Manfaat Bawang Merah – Tentunya kalian sudah tahu dong, apa itu bawang merah, tentunya untuk kalian para wanita yang senang masak di dapur. Yap, bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib harus ada di setiap masakan. Ia akan memberikan efek perih saat kita kupas atau kita iris. Membuat nangis pokoknya deh.

Namun tahukah anda mengenai manfaat bawang merah tersebut? Ternyata bawang merah juga memilki banyak khasiat dan manfaat. Berikut ulasannya.

 

Bawang merah mampu menyembuhkan saat kita sembelit. Rempah ini berkhasiat untuk atasi sembelit karena ia juga mengandung cukup serat. Serat yang terkandung didalamnya memiliki kegunaan untuk melancarkan sistem pencernaan. Di dalam usus kita, bawang merah juga berguna dalam melawan racun-racun.

Bawang juga berguna dalam mengatasi kolesterol. Rempah-rempah ini mengandung zat yang berguna untuk menjaga kadar kolesterol. Sehingga tetap dalam jumlah yang normal. Sehingga, secara langsung tubuh kita akan terhindar dari penyakit jantung.


Selain untuk itu semua, sakit tenggorokan juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi bawang merah ini. Kemampuan bawang merah dalam atasi rasa sakit tenggorokan memang sudah terkenal. Ia mengandung zat untuk atasi radang di tenggorokan, seperti batuk pilek. Untuk membuah obat tradisionalnya yaitu dengan menghaluskan bawang merah yang masih mentah. Selanjutnya kita mencampurkannya dengan jahe dan madu. Cara konsumsinya yaitu dengan diminum. Dosisnya sebanyak satu sendok 2 kali sehari.

Yang selanjutnya yaitu, bawang juga memiliki manfaat untuk menurunkan resiko terhadap diabetes. Dengan mengonsumsi bawang merah mentah, khalayak umum percaya bahwa ia mampu menurunkan resiko diabetes. Untuk itulah, bagi kalian yang tidak ingin terkena diabetes, rajin-rajin dalam mengkonsumsi bawang merah mentah.

Folat juga ditemukan dalam bawang. Kandungan ini dapat membantu depresi dengan cara mencegah kelebihan homosistein. Homostein ini dapat mencegah darah dan nutrisi lain sehingga tidak mencapai otak. Homosistein juga berpengaruh terhadap produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati dan nafsu tidur serta nafsu makan.

Bawang merah juga diketahui mampu mengatasi pertumbuhan sel pada kanker. Hal ini disebabkan karena bawang merah mengandung sulfur. Sulfur inilah yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *