Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan

Posted on
Alang-alang adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki daun tajam. Ia juga kerap disebut dengan ilalang. Kehadirannya sering menjadi rumput gulma di sawah. Nama ilmiahnya yaitu Imperata cylindrica.

Walau kehadiran alang-alang sering berperan sebagai pengganggu tanaman lain, tetapi tanaman alang-alang juga memiliki baerbagai manfaat dan kegunaannya. Alang-alang sering dijadikan resep dalam ramuan obat tradisional. Beberapa jenis penyakit yang dapat diatasi oleh tanaman ini, diantaranya yaitu kencing batu, keputihan, melancarkan air seni, mimisan, hepatitis, prostat, radang paru-paru, asma, diare, dan hipertensi akibat sakit ginjal.

manfaat akar alang-alang

Alang-alang merupakan jenis rerumputan yang  memanjang dan tumbuh merumcing ke atas, di ujungnya ada bunganya. Alang-alang umumnya terdapat di sekitaran tanaman dengan tanah yang langsung terkena cahaya matahari. Walau petani sudah membakar rumbut alang-alang, namun ia masih bisa tumbuh. Hal ini dikarenakan akarnya tidak ikut terbakar dan mampu menumbuhkan bagian lain dari tanaman ini.

Kandungan di dalam alang-alang ini menghasilkan rasa sejuk. Di dalam alang-alang terdapat antipiretik yang berfungsi dalam menurunkan panas. Ia juga memiliko sifat diuretic yang mampu membantu dalam meluruhkan kemih serta menghilangkan rasa haus. Karena kandungannya yang mampu menyejukan, alang-alang ini sering dijadikan ramuan dalam pembuatan minuman obat panas dalam.

Cara mengolah akar alang-alang yaitu dengan cara merebusnya. Pertama 200 gram akar alang alang dipotong kecil-kecil. Selanjutnya rebus menggunakan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga mendidih dan bersisa setengah bagiannya. Selanjutnya air rebusan disaring. Minum airnya dalam kondisi hangat sebanyak dua kali sehari. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengobati kencing berdarah.

Menurut hasil penelitian di Jepang, dalam akar alang-alang mengandung imperanene yang berfungsi menghambat sel pembeku darah. Kandungan lainnya ialah Cylendrene yang berfungsi dalam menghambat kontraksi pembuluh darah pada otot polos, dan menyebabkan sirkulasi darah tetap lancar dan Graminone B yang berfungsi dalam menghambat penyempitan pembuluh darah pada aorta. Akar alang-alang juga mengandung senyawa saponin dan tanin, sedangkan pada daunnya mengandung kandungan polifenol.

Alang-alang untuk meredakan panas dalam
Ternyata alang-alang dapat digunakan dalam mengobati panas dalam. Cara menggunakannya yaitu, pertama kita cuci akar alang-alang, selanjutnya dikeringkan. Tahap berikutnya yaitu dioven untuk mengurangi kadar airnya. Bila akar ilalang sudah kering, selanjutnya ditumbuk hingga halus. Untuk mengkonsumsinya yaitu cukup diseduh dengan air panas dengan tambahan madu secukupnya.


Cara menggunakan alang-alang untuk sakit ginjal
Caranya yaitu siapkan akar alang-alang sebesar 120 gram. Cuci hingga bersih lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Didihkan air tersebut hingga tersisa 1 gelas. Cara mengkonsumsinya yaitu sebanayak 2 kali sehari .

Alang-alang dapat mengobati mimisan
Kita lebih sering menggunakan daun sirih untuk mengobati mimisan.  Namun tahukah Anda mengenai manfaat akar alang-alang juga bisa digunakan untuk mengobati mimisan. pertama siapkan akar alang-alang yang telah dicuci. Ambil secukupnya lalu ditumbuk hingga halus. Lalu peras airnya, peras air alang-alang tersebut hingga 100 ml. Selanjutnya perasan bisa diminum secara langsung.

Untuk mengobati muntah darah
Akar lawang juga bisa digunakan dalam mengobati muntah darah. Caranya yaitu timbang 60 gram akar alang-alang. Cuci akar tersebut lalu potong kecil-kecil. Selanjutnya rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga mendidih dan bersisa tinggal satu gelas saja. Saring air rebusan dan diamkan hingga dingin. Ramuan tersebut bisa diminum.

Menggunakan akar ilalang untuk melancarkan air seni
Caranya ayitu dengan mengambil akar alang-alang sebanyak 250 gram. Cuci hingga bersih. Kemudian rebus bersama air putih sebanyak 3 gelas. Tunggu hingga 10 menit sampai air mendidih. Minum ramuan tersebut 1 gelas 3 kali sehari.

Mengobati kencing batu dengan akar ilalang
Cara menggunakan akar alang-alang untuk mengobati kencing batu yaitu dengan cara merebusnya. Pertama timbang akar alang-alang sebanyak 100 gram. Ada bahan lainnya juga yang digunakan, diantaranya yaitu setengah genggam daun kumis kucing dan setengah genggam lagi daun meniran. semuanya dicuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan 5 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan airnya bersisa sebanyak 2,5 gelas. minum sebanyak 1 gelas air 3 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *