Makan Buah Sri Kaya Buat Ibu Hamil, Bahayakah?

Posted on

Manfaat Buah Srikaya Untuk Ibu Hamil – Wanita hamil apabila ingin makan buah srikaya mungkin akan mendengar dari orang lain atau membaca di majalah tentang “Hati-hati makan srikaya bagi wanita hamil”, itu mungkin bisa Anda alami ketika Anda hamil. Apalagi buah srikaya ini cukup banyak peminatnya karena rasanya yang enak, dan juga karena harganya yang murah. Belum lagi karena efek aroma wangi yang dikeluarkan oleh buah srikaya asli Indonesia ini, Anda mungkin tidak tahan untuk tidak memakannya banyak-banyak, alhasil Anda-pun akhirnya memakan buah srikaya lebih dari satu ketika sedang hamil. Jika ini yang terjadi, Anda mungkin akan berpikir apakah mengkonsumsi srikaya tersebut baik ataukah memiliki efek buruk untuk kehamilan Anda? Mari baca selengkapnya.

manfaat srikaya

Wanita hamil adalah suatu saat dimana wanita akan lebih ingin dimanja an diperhatikan. Pada saat hamil inilah, ibu hamil akan meminta sesuatu, orang indonesia biasa menyebutnya mengidam. Lalu sekarang, apakah ibu hamil baik mengidam buah srikaya. Pertanyaannya, apakah manfaat buah srikaya bagi ibu hamil? Berikut adalah ulasannya.


Buah srikaya merupakan buah asli indonesia yang memiliki aroma yang menggugah selera. Buah ini salah satu buah berdaging putih. Rasa yang dimilikinya manis. Pada bagian dagingnya terdapat juga biji. Bentuk srikaya yaitu mempunyai bentuk yang mirip dengan buah sirsak. Perbedannya, buah srikaya ini tidak memiliki duri lunak.
Buah srikaya termasuk dalam genus Annona. Genus Annona merupakan genus dari tanaman yang berasal dari daerah tropis. Umumnya buah srikaya memiliki bentuk kerucut atau bundar. Ia memiliki diameter dati 6 hingga 10 cm. Ia memiliki karakteristik kulit bersisik ada benjolannya.
Buah srikaya telah dikenal dengan banyaknya manfaat yang dimilikinya. Namun ada beberapa bagian dari tanaman srikaya yang bersifat beracun. Bagian yang beracun adalah rebusan biji, akar pohon srikaya serta kulit pohon srikaya.
Oleh karena itu, jika ibu sedang hamil maupun tidak hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi rebusan dari bagian-bagian tersebut. Jika kita tetapmengkonsumsinya, ini bisa beresiko bagi kesehatan kita dan bayi yang sedang dikandung.

Ibu hamil boleh mengkonsumsi buah srikaya. Sesuai pengalaman para ibu hamil. Ketrika mereka mengkonsumsi buah srikaya setiap pagi harinya, mereka mengatakan tidak ada masalah kesehatan yang mereka alamai. Bahkan bayinya juga tidak kenapa-kenapa.

Jadi, buah srikaya tidak berbahaya bagi ibu hamil. Bahkan buah ini bisa bermanfaat untuk kesehatan bayi dan ibu si jabang bayi.
Yang perlu diperhatikan saat hamil mengkonsumsi buah srikaya yaitu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Bagian lain selain buahnya juga bisa dimakan. Namun apabila kita mengkonsumsi bagian itu, ini bisa akan mengakibatkan resiko. Perlu teknik pengolahan yang benar agar bagian tersebut menjadi tidak beresiko bagi kesehatan. Jadi, jika kita tidak tahu bagaimana cara mengolahnya, sebaiknya kita hindari saja.
Biji srikaya sudah umum dimanfaatkan untuk memacu enzim pada pencernaan, anthelmintik, abortivum, dan serta sebagai pembunuh serangga.
Fungsi pembunuh serangga inilah yang membuat kita harus berhati-hati. Jangan mengkonsumsi rebusa bijinya, karena dari biji inilah yang mengandung zat pembunuh serangga. Untuk daging buahnya tidak apa-apa jika dikonsumsi baik bagi ibu hamil maupun untuk kita semua.

Leave a Reply