Khasiat Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Posted on
Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan – Daun salam merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam berbagai bumbu pada masakan. Bau yang keluar dari daun salam terasa enak dihidung. Namun, selain itu daun salam juga memiliki khasiat dan manfaat lainnya yang tentunya baik juga bagi kita. Ia dapat menyembuhkan beberapa penyakit secara alami. Dan tentu ia berbeda dengan obat kimiawi yang dapat menimbulkan berbagai macam efek samping. Berikut ini adalah manfaat dan daftar penyakit apa saja yang dapat diatasi dengan daun salam.
Manfaat Daun Salam
Khasiat Manfaat Daun Salam

Daun salam dapat membantu menurunkan dan menyembuhkan kolesterol

Kolesterol mungkin adalah salah satu hal yang dapat membuat semnua orang menjadi takut. Kolesterol ini ketika sudah menyerang tubuh, maka ia juga dapat menyebabkan berbagai masalah lainnya.  Daun salam ini dapat membantu dalam menurunkan kolesterol. Untuk mengkonsumsinya, sebaiknya daun salam direbus terlebih dahulu. Ambil helai daun salam sebanyak 10 sampai 15 lembar. Cara merebus daun salam yaitu menggunakan air sebanyak 3 gelas. Biarkan ia sampai mendidih dan tinggal bersisa 1 gelas saja. Cara meminumnya yaitu 2 kali sehari.

Bermanfaat untuk mencegah kencing manis

Kencing manis merupakan sebuah penyakit yang bisa berujung diabetes. Namun bisa juga, terkena diabetes terlebih dahulu baru terkena kencing manis. Penyakit yang disebabkan oleh kebanyak makan gula ini bisa diatasi dengan daun salam. Caranya mengunakannya yaitu dengan meminum rebusan daun salam secara rutin.

Dapat mengobati sakit mata


Fungsi mata sangat berasa ke kehidupan kita. Makanya banyak orang yang berhati-hati dengan mata. Banyak juiga yang melakukan perawatan tehadap mata. Apabila mata terkena penyakit maka ini dapat mengganggu keseharian kita. Bagi yang telah terkena penyakit sakit mata, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan cara mengusapkan air rebusan daun salam ke mata. Lakukan kegiatan ini sampai mata benar-benar sembuh.

Menurunkan asam urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang menyiksa. Selain itu, asam urat juga menyebabkan rasa nyeri, sehingga ia dapat menganggu pekerjaan dalam keseharian. Asam urat ini dapat disembuhkan dengan daun salam. Caranya, siapkan 10 lembar daun salam. lalu rebus menggunakan 10 gelas air. sisakan air sebanyak 70 % atau sekitar sepertiga bagiannya. Minumlah rebusan daun salam tersebut 2 kali sehari.

Mengurangi rasa sakit pada maag akut

Penyakit maag juga lumayan mengganggu. Maag menganggu kegiatan Anda sehari-hari. Cara ampuh untuk mengurangi rasa sakit saat maag yaitu dengan merebus 15 sampai 20 lembar daun salam. Rebus daun salam tersebut menggunakan setengah liter air. kemudian Anda tambahkan gula aren. Gula aren ini tidak akan mengurangi manfaat dari daun salam. Namun, gula aren ini akan dapat membuat rebusan daun salam menjadi manis.

Mampu menyembuhkan gangguan pada pencernaan

Didalam pencernaan tubuh akan menghasilkan energi untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Biasanya pencernaan terganggu karena makanan yang masuk kedalam perut kita. Beberapa masalah dalam pencernaan diantaranya yaitu sembelit dan diare. Kedua jenis penyakit ini dapat disembuhkan dengan meninum rebusan daun salam. Pertama rebuslah beberapa daun salam. Lalu rebusan daun salam tersebut diberi sedikit garam.

Manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Darah tinggi ata yang biasa disapa hipertensi merupakan salah satu penyakit berbahaya. Hipertensi biasanya disebabkan oleh pola makan, kegiatan, dan emosi. Ternyata, daun salam ini juga dapat digunakan untuk mengatasi hipertensi. Caranya rebus daun salam sebanyak 7 sampai 10 lembar dengan menggunakan 3 gelas air. Biarkan sampai mendidih dan tinggal tersisa 1 gelas. Dosis pemakaiannya yaitu sebanyak setengah gelas dalam sekali minum. Minum rebusan daun salam 2 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *