Khasiat Jambu Biji Atasi Demam Berdarah

Posted on

Manfaat Jambu Biji – Virus dengue adalah penyebab dari penyakit demam berdarah. Virus tersebut menyerang dan merusak sel trombosit yang ada pada tubuh kita. Untuk mengatasi penyakit demam berdarah kita membutuhkan suplai antioksidan.

Antioksidan memiliki peran untuk atasi demam berdarah. Anti oksidan berguna untuk menyuplai ion H untuk sel yang sudah kehilangan ion H yang tak berpasangan. Atom yang semula reaktif merusak sel lain menjadi tidak reaktif karena adanya anti-oksidan ini. Dan selanjutnya ia mengembalikan fungsi trombosit seperti semula.

manfaat jambu biji untuk demam berdarah

Jambu biji adalah salah satu buah yang memilikikandungan antioksidan. Walau bijinya sering membuat kesal, karena ada sensasi yang nggak enak ketita menggigit bijinya. Namun, manfaat jambu biji amatlah luar biasa.

Buah yang memiliki nama latin psidium guajava ini memiliki banyak kandungan vitamin A, C, Mineral serta zat lainnya yang diperlukan.

Semua bagian dari tanaman jambu biji terbukti meiliki kandungan tannin. Pada bagian daun, tanaman jambu biji memiliki kandungan asam ursolat, kratogolat, oleonolat, psidiolat, dan guajaverin.

Jambu biji juga memiliki kandungan yang bernama fiber. Fiber ini bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan. Vitamin C yang ada di dalamnya, ini berguna untuk mengatasi penyakit ulit seperti sariawan.


Lalu Bagaimana Hubungan Antara Jambu Biji dan Penyakit Demam Berdarah?

Jambu biji sudah dikenal sebagai tanaman obat herbal tradisional. Saat ini, pengetahuan mengenai jambu biji sudah bertambah, ia kini dikenal sebagai buah yang mampu atasi penyakit demam berdarah.

Beberapa penelitian mengenai khasiat jambu biji ini yaitu oleh Fakultas Farmasi UNAIR Surabaya, FK-UI, serta BPOM. Mereka melaporkan, bahwa ekstrak daun jambu biji bisa menghambat virus Dengue yang menjadi penyebab penyakit DBD.

Melalui uji pre klinik, jambu biji dilaporkan mampu tingkatkan jumlah trombosit hingga mencapai 100 ribu milimeter/kubik. Dan ajaibnya, ia tak memiliki efek samping tentunya.

Ini merupakan berita yang membahagiakan. Ini karena selama ini, DBD belum ada obatnya, dan hanya sebatas pendukung saja. Kita berharap, ekstrak daun jambu bisa menjadi anti virus bagi dengue.

Cara Membuat Obat Herbal Jambu Biji Untuk DBD

Pertama, kita cuci 3 buah jambu biji matang dan mengkal. jambu yang sudah matang bisa di blender hingga halus. Selanjutnya hasilblender kita saring dan diperoleh jus jambu biji. Untuk pemakaiannya, minum jus 3 x sehari hingga DBD sembuh.

Untuk buah yang belum matang dan masih mengkal. Ia dapat dimakan langsung dengan kulit-kulitnya. Sebagai catatan, bijinya usahakan jangan ikut dimakan, karena ia bisa menimbulkan usus buntu.

Cara Membuat Obat Tradisional Daun Jambu Biji 

Siapkan daun jambu biji seberat 1 kilogram. Cuci hingga bersih. Selanjutnya dipotong kecil-kecil. Daun tersebut kemudian kita blender hingga halus. Saring dan endapkan ektrak daun jambu biji hingga terpisah dari airnya. Selanjutnya ekstrak kita oven supaya lebih tahan lama. Untuk mengkonsumsi daun ekstrak ini yaitu menggunakan kapsul. Minum dengan dosis 2 kali sehari.

Leave a Reply