Inilah Penyebab Radang Gusi

Posted on

Radang Gusi – Anda pernah mengalami radang gusi? Rasanya sakit bukan. Namun apakah Anda juga tahu apa penyebab dari radang gusi ini. Namun sebelumnya kita akan membahas apasih radang gusi. Radang gusi merupakan sebuah kondisi dimana kita mengalami gangsuan kesehatan di bagian gusi kita. Gusi mengalami pembengkakan, dengan adanya pembengkakan, gusi kita akan mengalami ganguan kenyamanan, kita jadi sulit ketika makan dan minum.

Radang gusi bisa menyebabkan sakit dan nyut-nyutan dalam bahasa jawa. Gusi bengkak bisa mengakibatkan sakit kepala dan kondisi emosionala akan lebih sensitif. Selain itu, radang gusi juga membuat mulut menjadi bau.

Inilah Penyebab Radang Gusi

Berikut adalah penyebab radang gusi dan gusi bengkak :


Plak pada gigi
Plak merupakan penyebab umum dari masalah radang gusi. Plak merupakan lapisan yang tak terlihat pada permukaan gigi. Plak ini terbentuk dari kumpulan atau koloni bakteri yang ada di mulut. Plak terlihat jelas apabila kita tidak menggosok gigi. Kita harus rajin menyikat gigi supaya terhindar dari plak ini. Selain dapat menyebabkan radang pada gusi, plak juga dapat menyebabkan gigi berlubang dan sakit gigi.

Tartar ata karang gigi
Karang gigi atau bisa disebut dengan tartar atau dental kalkulus berada di gigi karena plak mengeras. Plak dapat berubah menjadi karang gigi membutuhkan waktu sekitar 10 hari. Karang gigi biasanya ada di antara gigi. Karang gigi bisa kita bersihkan apabila kita pergi ke dokter.

Terjadi iritasi
Alergi karena bahan seperti pasta gigi, makanan, obat-obatan, maupun kawat gigi. Iritasi akan menyebabkan gusi kemerahan dan mengalami pembengkakan.

Gigi  yang dirawat secara salah
Semakin bertambahnya usia, gigi akan megalami perenggangan. Sehingga ini dapat menyebabkan makanan tersangkut di antara gigi yang telah renggang. Dan proses pembersihan makanan itu yang sulit. Sehingga dapat membuat resiko radang gusi.

Hormon
Hormon juga bisa menyebabkanterjadinya radang pada gusi. BIasanya ini terjadi pada wanita saat mengalami kehamilan.

Obat mengakibatkan radang
Beberapa obat untuk perawatan gigi malah dapat membuat gusi mengalami peradangan. Sehingga kita perlu untuk bertanya kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat.

Leave a Reply