Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami

Posted on

Cara Merawat Rambut Rontok – Siapa yang tak tau kalo rambut merupakan mahkota dari seorang wanita. Wanita tidak hanya memperhatikan penampilan wajah saja, rambut juga meupakan hal yang penting. Yang sering mengubah-ubah style pada rambut adalah wanita. Namun laki-laki juga tak kalah melakukan hal yang sama. Namun tahukah Anda bahwa dengan melakukan hal ini dapat membuat rambut rontok.

Perawatan rambut rontok adalah salah satu hal yang penting. Apalagi bagi kamu yang sering pergi kesalon mengubah gaya-gaya rambut dan mencatok rambut. Ada penelitian, dalam hal ini ia mengungkapkan bahwa kebotakan diawali oleh rambut rontok.
Cara Mengatasi Rambut Rontok

Berikut adalah penyebab rambut rontok :

Siklus pertumbuhan rambut yang tidak seimbang

Rambut bertumbuh kurang lebih hampir 1 inci tiap bulannya. Hal ini dipegaruhi oleh faktor hormonal. Pertumbuhan rambut yaitu sekitar 1 inchi setiap bulannya. Pertumbuhan rambut ini dapat berbeda-beda, tergantung dari hormon seseorang. Dan apabila hormon terganggu, terutama hormo androgen. Aabila pertumbuhan rambut yang tidak normal, maka rambut dapat rontok dalam jumlah yang cukup banyak.

Gangguan pada hormon
Selain adanya gangguan pada hormon androgen, gangguan pada hormon estrogen juga sebab terjadinya kerontokan rambut yang parah. Hal ini bisa terjadi saat tiroid bekerja lebih aktif atau malah tidak aktif. Inilah sebab kerontokan rambut yang nisa sangat parah.

Kehamilan dan persalinan
Wanita yang sedang hamil atau melahirkan juga bisa mengalami kerontokan pada rambut.
Dan kabar kurang sedapnya, kerontokan rambut bisa banyak. Rambut bisa rontoh hingga parah. Ini akan terlihat ketika sudah jeda 3 bulan setelah 3 bulanan. Dan beberapa bulan kedepannya rambut akan pulih dan tidak akan rontok lagi. Jikapun masih rontok, ini hanya akan terjadi dalam jumlah yang sedikit.

Rambut rontok karena obat-obatan
Faktor lain yang bisa membuat rambut rontok yaitu obat-obatan. Walau memang tidak semua obat dapat menyebabkan hal ini dan hanya beberapa obat saja. Lalu obat apa saja yang dapat membuat rambut rontok? Obat-obat tersebut yaitu obat yang memiliki kandungan vitamin A yang lebih. Obat lainnya yang juga bisa menyebabkan rambut rontok yaitu obat asam urat, pengencer darah, obat antidepresan, kontrasepsi dan kemoterapi.

Terjadi infeksi kulit kepala
Infeksi pada kulit kepala juga bisa menyebabkan rambut rontok. Infeksi ini biasanya terjadi karena ada jamur. Kita bisa mengatasinya dengan anti jamur. Sehingga rambut dapat kembali seperti sedia kala.

Rambut rontok karena terkena penyakit
Selain obat dan hormon, penyakit juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Penyakit-penyakit tersebut yaitu seperti lupus dan diabetes. Penyakit tersebut memang dapat membuat rambut rontok hingga banyak.

Kurang gizi dan vitamin
Diet yang berlebihan juga bisa mengakibatkan kurangnya nutrisi dan vitamin. Sehingga, dampak diet juga dapat membuat rambut rontok. Memang tidak semua program diet dapat mengakibatkan rambut rontok. Sebenarnya bukan dietnya, namun penyebabnya yaitu kekurangan nutrisi dan vitamin yang mendukung proses pertumbuhan rambut.

Sedang memiliki gangguan emosional

Stres sering terjadi pada semua orang. Gangguan emosional ini juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Kita juga harus menjaga kondisi emosi.

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami


Setelah mengetahui penyebabnya. Selanjutnya kita akan membahas cara merawat rambut secara alami. Untuk menggunakan obat herbal alami, kita bisa gunakan obat terpercaya yang sudah jadi, atau bisa juga membuat obat tradisional yang alami sendiri. Sejumlah bahan yang tersedia di alam bisa kita gunakan dalam mengatasi rambut rontok.  Berikut rangkumannya.

Merawat rambut dengan putih telur
Tahukah Anda mengenai manfaat putih telur untuk merawat rambut. Cara menggunakan putih telur yaitu pertama kita pisahkan putih telur dari kuningnya. Selanjutnya kita kocok sampai putih telur menjadi pasta.

Bawang merah merawat rambut rontok
Jika Anda tahunya kalo bawang merah hanya bisa sebagai bumbu, berarti Anda sudah salah. Karena sebenarnya masih banyak manfaat yang kita ambil. Termasuk merawat rambut rontok. Ini karena dia memiliki manfaat untuk memperlancar sirkulasi darah di bagian kulit kepala. Selain itu, ia juga memiliki anti-bakteri sehingga dapat membunuh kuman. Inilah yang membuat rambut sehat dan terhindar dari kerontokan. Cara menggunakannya yaitu dengan membuatnya menjadi jus bawang merah. Selanjutnya dioleskan ke kulit kepala sambil dipijit-pijit. Setelah selesai, bersihkan dengan air hangat.

Tomat, minyak zaitun dan lidah buaya
Perpaduan antara tomat, minyak zaitun dan lidah buaya bisa kita jadikan bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. Caranya, pertama siapkan 1buah tomat, kita hancurkan terlebih dahulu. Selanjutnya tambahkan dengan 1 sendok minyak zaitun. Panaskan campuran kedua bahan tersebut. Campuran kedua bahan tersebut selanjutnya oleskan pada kulit kepala. Diamkan ia meresap selama setengah jam. Lidah buaya disini adalah baan tambahan, ini jika kita menginginkannya.

Menggunakan santan
Jangan salah, santan juga membantu mengatasi rambut rontok. Santan bisa Anda buat dengan mudah dengan cara merebus parutan kelapa. Rebus hingga mendidih dengan tambahan air. Lalu saring air santan supaya terpisah dari parutannya. Kemudian santan didinginkan sampai suhunya normal. Santan kemudian digunakan untuk membasahi kulit kepala. Diamkan selama plus minus 30 menit. Setelah selesai bersihkan menggunakan air.

Merawat rambut dengan jahe
Ketika dengar kata jahe, pasti jadi inget wedang jahe di angkringan. Benar kan? Namun jangan salah, ternyata jahe juga dapat membantu merawat rambut supaya tidak rontok lagi. Caranya, pertama kita parut rimpang jahe lalu campurkan dengan minyak wijen. Selanjutnya, campuran kedua bahan tersebut kita oleskan pada kulit kepala. Diamkan untuk selang waktu beberapa menit. Terakhir kita bersihkan.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein
Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Cara yang mengenyangkan untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan protein dalam makanan dapat pertumbuhan rambut menjadi meningkat dan rambut menjadi tidak mudah rontok. Ia juga bisa mempertebal rambut.

Makan makanan yang mengandung vitamin B12
Cara merawat rambut rontok – Selain asupan protein, cara lain untuk mengatasi rambut rontok yaitu fengan mengkonsumsi vitamin B12. Banyak manfaat dari vitamin B12 ini beberapa diantaranya mampu menjaga sel-sel pada rambut dan juga membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Vitamin B12 dapat membantu tubuh dalam membentuk sel darah merah sehingga membantu dalam menyediakan oksigen dalam tubuh. Diantara sumber makanan yang memiliki vitamin B12 diantaranya daging, telur, susu, unggas dan jenis makanan lainnya.

Minyak lavender mampu mengatasi
Minyak lavender sudah dipercaya dalam membantu mengatasi masalah rambut rontok dan juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak lavender ke kepala kemudian dipijat kurang lebih limabelas menit. Cara ini bisa dilakukan selama sekali dalam dua minggu.

Merawat rambut rontok dengan teh hijau
Teh hijau lebih dikenal sebagai menu untuk melangsingkan tubuh. Namun tahukah anda bahwa teh hijau juga bisa untuk merawat rambut rontok. Ini karena di dalam teh hijau juga terkandung antioksidan. Selain merawat rambut rontok, teh hijau juga memiliki manfaat untuk kesegaran kulit kepala. Penggunaan teh hijau ini yaitu dengan cara dengan menyeduh teh hijau lalu biarkan selama semalam. Setelah selama semalam, kemudian air teh tersebut kita gunakan untuk mencuci rambut dan kulit kepala. Setelah selesai bilas dengan air bersih.

Hindari menyisir rambut ketika masih basah
Saat masih dalam keadaan basah, rambut memiliki resiko patah lebih tinggi. Jadi kita dianjurkan untuk tidak menyisir saat masih basah. Apalagi dengan sisir yang memiliki gigi rapat. Ini akan membuat rambut rontok menjadi lebih banyak. Namun jika Anda tetap ngotot untuk menyisir rambut, maka gunakan sisir dengan gigi jarang.

Merawat rambut dengan lidah buaya dan madu
Cara menyuburkan dan merawat rambut rontok yaitu dengan madu dan lidah buaya. Cara membuatnya yaitu pertama ambil daging daun lidah buaya, lalu campurkan dengan madu. Selanjutnya terapkan ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama selang waktu sepertiga jam. Lalu selanjutnya anda bersihkan dengan shampoo.

Leave a Reply