Cara Merawat Rambut Rontok Kusam dan Kering

Posted on
Cara Merawat Rambut Rontok Kusam dan Kering – Rambut merupakan salah satu faktor penting dari sebuah penampilan. Ia merupakan salah satu sumber kecantikan. Jadi rambut harus kita rawat dan kita jaga kesehatan dan kecantikannya. Walaupun rambut mungkin tertutup, bagi seseorang yang menggunakan hijab, rambut tertutup juga harus dijaga kebersihan dan kecantikannya. Rambut bermasalah tentunya dapat mengganggu aktivitas keseharian, bukan? Masalah rambut yang umum dialami, diantaranya yaitu rambut kering, kusam dan rontok. Kami akan berikan beberapa tips dan cara untuk mengatasi malah rambut tersebut.

Bagi yang hobi banget mengganti model gaya rambut, ata bagi yang sudah sering dan akrab dengan pewarnaan, pelurusan atau catok, pemakaian hair spray untuk mempertahankan style rambut, bahkan menggunakan hair extension untuk menambah panjang rambut dengancara yang instan. Ada waktunya rambut mengalami kondisi lelah dengan macam-macam perawatan secara kimiawi tersebut. Inilah saatnya merawat rambut dengan cara alami.

Cara Merawat Rambut Rontok Kusam dan Kering

Minyak zaitun nampaknya sudah sangat melekat akrab di telinga kita. Minyak zaitun memang sudah ahlinya tentang masalah-masalah rambut dan kulit. Hal tersebut tentu tidak lepas dari zat yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A, E, C yang mampu mensupport nutrisi untuk kulit rambut dan  rambut rusak.

Penyebab Rambut Rontok

Faktor dari makanan yang dikonsumsi

Makanan yang memiliki sensasi pedas dan mengandung minyak, ia dapat memberikan rasa yang lebih lezat. Namun perlu diketahui bahwa makanan yang pedas dan berminyak tersebut merupakan awal dari munculnya penyakit di dalam tubuh. Salah satu efek samping yang ditimbulkan yaitu seperti kulit kepala akan kelebihan minyak, serta ia dapat membuat rambut menjadi rontok dan mungkin akan bertambah masalah lain seperti ketombe.

Penggunaan berbagao alat perawatan rambut

Alat-alat perawatan untuk rambut seperti hairdryer, sisir, mewarnai, dan ikat rambut ternyata juga dapat membuat rambut rusak. Mereka memang dapat membuat sesorang terlihat cantik. Namun apabila menggunakan secara bijak tidak terlalu membuat efek samping ke rambut.

Penggunaan obat-obatan

Obat-obatan kimia memang memiliki efek samping. Efek dari berbagai obat tersebut, ada juga obat yang membuat rambut menjadi rontok. Namun, apabila obat tersebut sudah selesai pemakaiannya, kerontokan pada rambut juga akan berhenti.

Rambut rontok karena sedang hamil

Penampilan wanita yang sedang hamil biasanya tidak sebaik ketika tidak hamil. Hal ini bisa disebabkan oleh telogen effluvium yang dapat membuat rambut rontok. Masalah ini umumnya muncul setelah 3 bulan sehabis melahirkan.

Cara Merawat Rambut Rontok Kusam dan Kering

Minyak Zaitun

Dengan memakai minyak zaitun untuk masker wajah setiap hari, rambut yang tadinya rusak, rontok, kering serta bercabang akan sehat kembali. Cara menggunakannya hampir sama dengan masker rambut lainya, setelah melakukan keramas, usap rambut dengan secara perlahan dengan menggunakan handuk sampai lumayan kering, kemudian oleskan minyak zaitun ke kulit kepala. Selain pijat secara perlahan sampai merata. Lakukan pijatan selama 5 sampai 10 menit dan selanjutnya oleskan minyak zaitun ke rambut secara sempurna agar nutrisi mampu diserap kulit kepala dan helai rambut. Lalu selanjutnya rambut didiamkan hingga 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya


cara merawat rambut rusak, bercabang dapat menggunakan lidah buaya. Lidah buaya meruapakan salah satu cara alami yang dapat digunakan dalam perawatan rambut rusak. Hal ini dikarenakan ia mengandung getah yang dapat menghitamkan rambut dan juga membuat rambut menjadi lurus dan sehat. Caranya memanfaatkan lidah buaya, pertama ambil lidah buaya memiliki ukuran besar. Lidah buaya yang berukuran besar tentu mengandung vitamin E yang lebih banyak. Kemudian daun lidah buaya yang masih berukuran besar kemudian dipotong sampai menjadi beberapa bagian, oleskan getah lidah buaya ke kulit kepala. Selain itu lakukan pemijatan. Sebelum Anda melakukan ini, sebaiknya rambut sudah dibilas terlebih dahulu dengan air hangat dan biarkan sampai setengah kering. Lakukan penggunaan lidah buaya ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Bawang Putih

Bawang putih bermanfaat dalam mengurangi serta mengatasi masalah rambut rontok. Caranya yaitu hanya butuh menghaluskan bawang putih dengan diblender. Prosesnya mirip seperti membuat jus pada umumnya. Selanjutnya bawang yang sudah diblender tersebut kemudian dioleskan ke bagian rambut yang rontok. Lakukan kegiatan ini sebelum menuju beristirahat dan tidur. Esok paginya, rambut dibilas menggunakan air, bisa juga melakukan keramas dengan menggunakan shampoo penumbuh rambut.

Menggunakan Jahe

Jika hanya tahu manfaat jahe untuk menghangatkan badan, nampaknya masih ada yang belum Anda ketahui. Jahe ternyata mampu mengatasi rambut rontok, cara membuatnya hampir sama seperti bawang putih. Anda bisa mengkombinasikan jahe dan bawang putih untuk diblender. Ketika sudah halus, lalu dioleskan ke rambut anda. Sebaiknya lakukan ini dengan keramas.

Teh Hijau

Anda sering menggunakan teh hijau untuk program diet bukan? Teh hijau berkhasiat juga dalam mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Bisa juga untuk meningkatkan pertumbuhan pada rambut. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan yang ada pada teh hijau tergolong tinggi. Cara menggunakannya juag gampang yaitu seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Lalu balurkan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala. Diamkan satu jam, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat familiar dengan obat sakit tenggorakan. Namun jeruk nipis ini ternyata juga dapat mengatasi rambut rontok. Siapkan beberapa jeruk nipis dan Anda dapat melakukan perawatan rambut rontok dengan alami. Caranya pembuatan dan penggunaannya mudah, iris buah jeruk nipis jadi  beberapa irisan, lalu usapkan ke kulit kepala. Apabila kepala juga terdapat ketombe, maka cara ini efektif juga untuk menghilangkan ketombe dengan cepat. Setelah digunakan secara merata, diamkan jeruk nipis sampai 15 menit, selanjutnya bilas dan keramas sampai bersih.

Minyak Kemiri

Minyak kemiri biasa digunakan dalam membantu menumbuhkan kumis dan jenggot. Minyak kemiri sudah dipakai dari orang jaman dahulu dan hasilnya sudah terpercaya sampai saat ini. Saat ini sudah tersedia dipasaran, sehingga Anda tak perlu lagi repot-repot membuatnya.

Buah Alpukat

Alpukat ini sangat baik untuk kesehatan, baik juga untuk kesehatan rambut. Ia terkenal mengandung banyak protein. Protein ini sangat baik bagi pertumbuhan rambut, jadi sudah tidak heran lagi dengan alpukat yang bisa dipakai untuk bahan utama untuk creambat maupun untuk perawatan wajah. Cara membuat dan menggunakannya yaitu, pertama haluskan buah alpukat lalu aduk sampai kental. Setelah itu, selanjutnya usapkan alpukat ke rambut dari ujung hingga akar rambut. Biarkan alpukat menempel selama 20 menit. Terakhir, bersihkan rambut dengan keramas.

Yoghurt

Yoghurt bermanfaat juga untuk mengatasi rambut rontok. Caranya hanya butuh mengoleskan yoghurt ke rambut seperti creambat pada biasanya. Selanjutnya  didiamkan selama beberapa menit, lalu bilas lagi menggunakan air. Selain bagus untuk rambut, yogurt ternyata bagus juga untuk digunakan sebagai masker wajah.

Sekian artikel cara merawat rambut rontok kusam dan kering. Tunggu artikel kami yang selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *